Hadapi Masalah Keuangan saat Liburan? Coba Lakukan Hal Ini

masalah keuangan saat liburan
Waktu baca: 3 menit

Saat memutuskan untuk liburan, sudah pasti kamu harus menyiapkan dana yang cukup. Dana tersebut digunakan untuk kebutuhan saat liburan seperti biaya transportasi, penginapan, konsumsi, hingga keperluan lainnya. Dengan begitu, liburanmu bisa berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Namun, kamu tetap harus berhati-hati karena bisa saja terjadi suatu hal yang bisa membuatmu menghadapi masalah keuangan saat liburan, seperti menjadi korban tindak kriminal atau malah kehabisan uang karena tidak bisa mengatur dengan baik. Saat menghadapi masalah seperti itu, kamu harus bisa menghadapinya dengan kepala dingin dan pikiran yang tenang. Dengan begitu, kamu bisa mencari solusi terbaik agar bisa keluar dari masalah yang sedang dihadapi tersebut.

Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa hadapi masalah keuangan saat liburan.

Jual sebagian barang bawaan yang tidak diperlukan

Jual barang yang tidak terlalu diperlukan.
Jual barang-barang yang tidak terlalu diperlukan. Photo by @stilclassics

Saat dalam kondisi terdesak dan butuh uang ketika sedang liburan, salah satu hal yang kamu lakukan ialah menjual sebagian barang bawaan yang tidak terlalu penting. Kamu bisa meminta saran dari penjaga penginapan atau warga sekitar mengenai tempat terbaik untuk menjual barang.

Adapun saat menjualnya kamu tidak perlu menerapkan harga yang terlalu tinggi. Hal itu dikarenakan yang jadi fokusmu ialah mendapatkan uang. Asalkan bisa mendapatkan uang, masalah finansialmu bisa terselesaikan.

Kerja paruh waktu

Kerja paruh waktu untuk dapat tambahan
Cari kerja paruh waktu untuk mendapatkan biaya tambahan. Photo by @squareinc

Jika kamu tidak bisa mendapatkan sejumlah uang yang dibutuhkan dengan cara di atas, kamu bisa mulai mencari atau melakukan kerja paruh waktu. Hal itu bisa dilakukan dengan mendatangi kafe atau restoran yang ada disekitar penginapanmu dan menawarkan diri melakukan kerja paruh waktu. Bahkan jika memungkinkan kamu juga bisa mengajukan diri kerja part time di tempat penginapanmu.

Selain itu, kamu juga bisa menjual ketrampilan yang kamu miliki. Misalnya, kamu jago nyanyi, untuk sementara bisa menjadi musisi jalanan untuk mengumpulkan sejumlah uang yang dibutuhkan. Atau jika kamu memiliki kemampuan fotografi yang bagus, bisa mulai menjual hasil jepretanmu ke berbagai situs seperti getty images, shutterstock, dan lainnya. Kamu tinggal menunggu uang datang hasil dari royalti foto yang dimuat di situs-situs tersebut.

Baca juga: Cara Cepat Mengumpulkan uang untuk Traveling

Minta bantuan kepada keluarga

menghubungi keluarga saat ada masalah keuangan saat liburan
Hubungi keluarga saat butuh bantuan. Photo by Pixabay

Saat akan liburan, pastikan keluargamu mengetahui rencana itu. Dengan begitu, keluargamu akan siap sedia membantu saat kamu mengalami masalah-masalah yang tidak diinginkan saat liburan. Seperti saat kamu sedang kehabisan uang di tempat wisata, kamu bisa minta bantuan kepada keluarga untuk mengirimkan sejumlah uang yang dibutuhkan.

Minta bantuan kepada warga sekitar

Minta tolong warga sekitar
Minta tolong warga sekitar saat kamu kesulitan. photo by @philcoffman

Saat kamu meminta bantuan kepada warga sekitar, biasanya mereka akan membantu dengan ikhlas. Tapi, hal itu tidak berlaku dalam hal keuangan. Mereka pasti akan sulit mempercayai orang asing. Maka dari itu, saat keadaan sudah mendesak dan butuh uang cepat, cobalah untuk menyampaikan kondisimu saat itu dan mintalah bantuan dengan baik. Bahkan jika perlu, kamu bisa meninggalkan beberapa barang atau identitas diri sebagai jaminan. Apabila hal itu dilakukan, kemungkinan besar mereka akan membantu sesuai dengan kemampuan mereka.

Datang ke pihak berwajib

Minta bantuan kepada pihak berwajib.
Minta bantuan kepada pihak yang berwajib. Photo by Pexels

Saat semua cara sudah dicoba dan tidak berhasil, jalan terbaik yang bisa kamu lakukan ialah datang ke pihak berwajib. Nantinya kamu menjelasan kondisi yang terjadi secara detil dan selalu kooperatif saat menjalani prosedur penyelesaian masalah. Meski rumit, selama bisa mengikuti proses dengan baik maka masalah yang dihadapi bisa diselesaikan.

Nah itulah beberapa hal yang patut dicoba ketika hadapi masalah keuangan saat liburan. Namun alangkah lebih baiknya kamu sudah menyiapkan segala hal untuk kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi saat liburan. Hal itu dilakukan agar kamu tetap tenang saat menghadapi masalah. Selain itu, kamu akan lebih siap sehingga masalah tersebut bisa lebih cepat teratasi.

You may also like...

Leave a Reply