Gelombang 12 Dibuka! Begini Cara Mengajukan Kartu Pra Kerja

Cara mengajukan kartu pra kerja
Cara mengajukan kartu pra kerja. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kartu pra kerja merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat khususnya usia kerja. Melalui program ini diharapkan nantinya dapat mencetak pekerja yang unggul dalam bidangnya. Melalui pra kerja, setiap peserta akan mendapatkan saldo senilai satu juta rupiah yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan. Nah untuk dapat menikmati hal itu, kamu harus paham cara mengajukan kartu pra kerja.

Manfaat Ikut Pra Kerja

Kartu pra kerja. Photo by Sindonews

Usai mendapatkan pelatihan dan sertifikat, peserta akan mendapatkan bantuan uang tunai setiap bulannya. Bantuan uang tunai yang diberikan senilai 2.4 juta yang akan cair selama 4 bulan. Jadi, setiap bulannya peserta akan mendapatkan uang 600 ribu rupiah. Selain itu, setiap peserta yang sudah menyelesaikan pelatihan, wajib mengisi survei.

Akan ada 3 survei yang wajib diikuti. Setiap selesai mengerjakan survei, peserta akan mendapatkan uang saku sebesar 50 ribu rupiah. Jadi, total yang akan didapatkan adalah sekitar 3.5 juta rupiah. Dengan catatan satu juta rupiah berupa saldo pelatihan yang tidak bisa dicairkan. 

Sejak dikeluarkannya program ini, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Ini semua karena manfaat dari pra kerja ini sangat besar. Dengan diberikannya saldo pelatihan satu juta, rata – rata peserta bisa mengambil lebih dari 1 pelatihan. Dimana setiap pelatihan akan diberikan sertifikat yang akan sangat membantu para pencari kerja. 

Pra Kerja Gelombang 12

Cara daftar kartu prakerja.
Pra kerja gelombang 12. Photo by Pexels

Program pra kerja 2020 sudah berakhir dengan total ada 11 gelombang. Karena program ini dinilai sangat bermanfaat maka pemerintah akan melanjutkan program ini dan membuka gelombang selanjutnya pada tahun 2021. Namun, peserta yang sudah terdaftar pada angkatan 2020 tidak boleh lagi mendaftar di angkatan berikutnya. 

Karena, tujuan pra kerja ini adalah untuk mencetak pekerja unggul setiap angkatannya. Diperkirakan setiap tahun ada jutaan angkatan baru siap kerja.

Jika kamu masih belum terdaftar pada gelombang 2020, kamu bisa ikut gelombang 2021. Cara daftar kartu pra kerja juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengajukan diri untuk bis ikut ke dalam program.

Mengajukan Diri Sebagai Peserta Angkatan 2021

Mengajukan diri sebagai peserta angkatan 2021. Photo by Pixabay

Jika kamu sudah pernah mendaftar sebelumnya namun tidak lolos, kamu bisa langsung ikut gelombang berikutnya tanpa melakukan pendaftaran.  Namun, jika belum pernah maka kamu harus mengajukan diri. Cara mengajukan kartu pra kerja adalah dengan masuk ke dalam www.prakerja.go.id.

Setelah masuk ke dalam website, maka kamu harus melakukan pendaftaran. Cara mengajukan kartu pra kerja adalah dengan mengisi formulir pendaftaran. Setelah submit formulir maka kamu akan melakukan beberapa tes. Kamu boleh menggunakan alat bantu berupa pensil dan kertas untuk mengerjakan tes.

Tes hanya berlangsung sebentar dan dilakukan secara online. Setelah kamu selesai tes maka kamu harus menunggu hingga pengumuman kelolosan melalui sms. Beberapa sms tidak terkirim langsung sehingga ada baiknya kamu melakukan pengecekan berkala pada website. Biasanya pengumuman akan diberikan sekitar 4 hari setelah gelombang ditutup. 

Jika lolos, maka kamu akan mendapatkan saldo pelatihan senilai 1 juta rupiah. Kamu bisa menggunakan saldo tersebut untuk membeli pelatihan. Setelah menyelesaikan pelatihan pertama dan mendapat sertifikat, maka insentifmu akan cair sesuai dengan jadwal. Kamu bisa mengecek jadwal pencairan insentif pada menu “insentif” yang tersedia pada dashboard mu. Jika kamu tidak lolos pada satu gelombang, kamu boleh mendaftar pada gelombang berikutnya. Berbeda dengan cara mengajukan kartu pra kerja sebelumnya, ketika kamu akan mendaftar gelombang selanjutnya, kamu cukup login menggunakan username yang sudah terdaftar sebelumnya. Lalu, ikut gelombang berikutnya pada dashboard.

Mungkin Anda juga menyukai