Bulan Fintech Nasional Bantu Pengguna dan Pelaku UMKM Akses Transaksi Digital

Tampilan acara Bulan Fintech Nasional 2021
Bulan Fintech Nasional Bantu Pengguna dan Pelaku UMKM Akses Transaksi Digital. Photo by Fintech Summit
Waktu baca: 2 menit

Bulan November menjadi bulan penyelenggaraan kegiatan Bulan Fintech Nasional atau Indonesia Fintech Month. Bulan Fintech Nasional ini merupakan rangkaian acara yang menjadi wadah bagi pemerintah/regulator, startup fintech, dan stakeholder lainnya di ekosistem keuangan digital Indonesia (termasuk platform e-commerce) untuk melakukan upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui adopsi fintech.

Bulan Fintech Nasional 2021 dilaksanakan mulai dari 11 November hingga 12 Desember 2021. Kegiatan ini diprakarsai oleh Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Ada banyak rangkaian acara yang digelar, salah satunya ialah Fintech Talk. Fintech Talk merupakan inisiatif dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) yang digunakan sebagai wadah diskusi peran perusahaan teknologi finansial terhadap pertumbuhan bisnis UMKM. Untuk kegiatan lainnya, silakan dicek di situs resmi Fintech Summit 2021 yaitu www.fintechsummit.co.id.

Pada Selasa, 23 November, sesi ini mengangkat topik “Embracing Innovation in Payments System for MSMEs” bersama ShopeePay.

Baca juga: Terapkan Cara Memulai Bisnis Online Ini agar Risiko Gagal Bisa Diminimalisir

Melalui Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisiton ShopeePay, pihaknya yakin bahwa UMKM punya peran yang penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Maka dari itu, ShopeePay melakukan berbagai upaya dalam membantu pemulihan UMKM.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah membuat program yang bertujuan untuk memacu adopsi teknologi dan pemanfaatan ekosistem digital serta akses pemasaran yang lebih baik. Hal itu dilakukan agar UMKM dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi.

“Kami percaya bahwa peran dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk merealisasikan upaya tersebut, agar digitalisasi sistem pembayaran bagi UMKM dapat tercapai secara menyeluruh,” kata Eka Nilam Dari dilansir dari Tribunnews.

Dari hal itulah ShopeePay memberikan fasilitas akses transaksi digital baik untuk pengguna maupun pelaku UMKM demi menghadirkan manfaat yang berkelanjutan bagi perputaran roda ekonomi nasional.

Adapun salah satu merchant UMKM yang sudah mengadopsi ShopeePay dan merasakan dampak baik dari transaksi digital ialah Kopi Soe.

CEO Kopi Soe, Sylvia Surya, mengungkapkan bahwa pembayaran digital yang disediakan ini menjadi peluang bisnisnya masuk ke ekonomi digital.

“Caranya dengan mengadopsi ShopeePay sebagai layanan pembayaran digital di gerai kami,” ujar Sylvia.

“Apalagi, beragam promo yang ditawarkan ShopeePay juga memberikan nilai tambah dan mendorong antusiasme pelanggan kami untuk menikmati transaksi digital yang mudah, aman, dan memuaskan,” tambahnya.

Sumber: Tribunnews.com

Artikel Lainnya