Efek Compounding sebagai Sahabat Para Investor

ilustrasi investor memperhatikan efek compounding
Efek Compounding sebagai Sahabat Para Investor. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Efek compounding dalam berinvestasi bukan hal yang asing lagi. Terutama bagi para investor. Metode efek compounding bisa dibilang menjadi sahabat bagi investor di dalam dunia berinvestasi. Setiap investor yang mempunyai niat untuk berinvestasi dalam jangka panjang tentunya sangat memperhatikan metode ini. Lalu, apa sebenarnya efek compounding? Mengapa investor sangat “bersahabat” dengan keberadaanya? Apa keuntungan yang didapatkan oleh investor?

Baca Juga: Langkah Paling Awal Tentang Cara Berinvestasi yang Tepat

Apa Itu Efek Compounding?

Bunga bank
Efek compunding. Photo by Pixabay

Sebelum membahas lebih jauh, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu efek compounding. Efek compounding merupakan bunga yang berbunga ataupun bunga bergulung. Lebih rincinya  hasil keuntungan dari berinvestasi, diinvestasikan kembali untuk mendapatkan keuntungan baru. Hasil dari keuntungan sebelumnya dapat diinvestasikan kembali ke instrumen yang sama ataupun berbeda. 

Jadi singkatnya, efek compounding memanfaatkan keuntungan investasi sebelumya dan diinvestasikan kembali untuk mendapatkan keuntungan baru. Hal ini terus berlanjut hingga mnyentuh profit yang maksimal.

Aspek paling penting dalam efek compounding bukanlah uang, namun waktu. Semakin dini kamu memulai berinvestasi lalu menginvestasikan kembali keuntungannya. Semakin besar juga efek compounding yang akan kamu peroleh.

Jika kamu berinvestasi senilai Rp2 juta dalam waktu satu tahun dan mendapatkan keuntungan 10%. Hasil keuntungan tersebut kamu investasikan kembali pada tahun berikutnya.

Nilai investasimu berawal dari Rp2 juta, lalu ditambah dengan keuntungan tahun sebelumnya sebesar Rp200 ribu. Karena kamu menginvestasikan kembali keuntunganmu, nilai investasimu dari Rp200 ribu menjadi Rp220 ribu. Hal ini terjadi karena efek compounding.

Jumlahnya akan terus naik seiring dengan bertambahnya keuntungan yang kamu investasikan. Maka, efek compounding memberikan dampak yang cukup signifikan dalam jangka panjang.

Manfaat Efek Compounding dalam Berinvestasi

Investasi reksa dana.
Investasi reksa dana. Photo Pixabay

Bagi investor yang berniat berinvestasi dalam jangka panjang, efek compounding menjadi metode yang sangat menguntungkan. Keuntungan yang di dapatkann menjadi berlipat-lipat.

Seperti contoh sebelumnya, kamu berinvestasi saham sebesar Rp2 juta. Dalam setahun keuntunganmu sebesar Rp200 ribu. Karena efek compounding, keuntunganmu bertambah menjadi Rp20 ribu.

Memang terlihat sepele dan kecil. Tapi bayangkan jika kamu mulai berinvestasi sejak dini dan melakukannya bertahun-tahun. Hasil yang diperoleh tentunya akan sangat besar. Kamu juga bisa mengalokasikan dana dari jumlah kecil hingga besar.

Perlu kamu ingat, bahwa aspek terpenting dari efek compounding bukanlah nominalnya, namun jangka waktunya.

Tips dan Strategi Berinvestasi dengan Efek Compounding

Investasi mata uang asing
Tips dan strategi berinvestasi dengan efek compounding. Photo by Pexels

Bagi kamu yang baru mulai berinvestasi ataupun baru ingin mencoba metode efek compounding. Berikut ini tips dan strategi yang bisa kamu coba.

  • Mulai dari dini

Mengingat aspek terpenting dari efek compounding adalah jangka waktunya. Memulai berinvestai sedini mungkin menjadi stratregi paling ampuh. Jika kamu memulai berinvestasi sejak dini, semakin lama juga jangka waktu kamu berinvestasi dan semakin besar juga dampaknya.

  • Disiplin dan Konsisten dalam Berinvestasi

Disiplin dan Konsisten menjadi kunci agar efek compounding berasa dampaknya. Jika kamu secara rutin mengalokasikan dana untuk berinvestasi. Keuntunganmu akan bertambah dan berkembang.

  • Pilihlah Instrumen Investasi Sesuai dengan Profil Resiko

Instrumen investasi yang kamu pilih harus sesuai dengan profil resiko. Mengapa begitu? Hal ini menjadi kesanggupan kamu untuk menerima kerugian yang terjadi.

Sebelum memulai kamu harus mengetahui cara kerja, keuntungan, dan kekurangannya. Jika kamu sudah memahaminya dan sesuai dari segala aspek, kamu bisa mulai berinvestasi. Target efek compounding nya juga sudah bisa kamu targetkan.

Jadi, bagaimana penjelasan diatas mengenai efek compounding berserta manfaatnya? Sudah waktunya kamu memulai untuk mencoba berinvestasi dan mengembangkan keuntungannya.

Memulai dari jumlah yang kecil pun juga tidak masalah!

Artikel Lainnya