Jenis Cryptocurrency yang Paling Banyak Diburu di Indonesia

Jenis Cryptocurrency
Jenis Cryptocurrency yang Paling Banyak Diburu di Indonesia. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sekarang ini, banyak sekali orang yang membicarakan tentang cryptocurrency. Umumnya, mereka yang membicarakan tentang topik ingin sekali melakukan investasi. Jika kamu salah satunya, ada baiknya kamu ketahui dulu apa saja jenis cryptocurrency.

Sayangnya, hanya sedikit yang tahu mengenai jenis-jenis cryptocurrency. Mereka hanya tahu bahwa koin kripto itu komoditi yang bisa menguntungkan ketika dijual saat nilainya naik. Tidak lebih dari itu. Padahal, ada koin yang stabil. Ada koin yang turun. Ada juga koin yang naik tajam nilainya

Jadi, sebelum berinvestasi di cryptocurrency, penting sekali bagi kamu untuk tahu jenis cryptocurrency. Setidaknya, ketahui dulu apa saja jenis uang kripto yang paling banyak diburu para investor di Indonesia.

Sekilas Mengenai Cryptocurrency

jenis cryptocurrency
Sekilas tentang cryptocurrency. Photo by @peiobty

Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis cryptocurrency, yuk pahami dulu apa itu cryptocurrency. Jadi, ini adalah mata uang digital. Karena mata uang, tentu saja nilainya akan fluktuatif. Sama seperti uang rupiah yang nilainya terhadap mata uang lain bisa naik dan turun.

Bedanya adalah bentuknya. Uang cryptocurrency ini bersifat digital. Jadi, tidak berupa fisik seperti rupiah. Dan satu lagi perbedaannya. Uang kripto dijaga keamanannya melalui kata sandi yang rumit. Dengan demikian, tidak ada yang bisa memainkan nilai. Dan diharapkan nilai mata uang digital ini bisa naik atau turun benar-benar dipengaruhi oleh komunitas atau pasar yang menggunakan.

Mungkin kamu bertanya apa yang membuat nilai mata uang kripto naik atau turun. Tentu saja komunitas. Semakin banyak yang menggunakan uang kripto, maka nilainya akan naik. Apalagi jika uang tersebut sudah bisa digunakan untuk transaksi. Seperti di Eropa dan Cina, pengguna kripto sudah bisa menggunakan uang digital untuk transaksi lho. Dan ketika nilainya tinggi, tentu mereka lebih memilih uang kripto daripada uang fisik, bukan?

Hanya saja, tidak semua jenis cryptocurrency itu naik nilainya. Makanya, kamu perlu tahu dan jeli kira-kira uang kripto apa yang bakal naik. Artinya, kamu harus memprediksi jenis uang digital mana yang bakal digunakan oleh banyak orang di masa depan.

Baca juga: 8 Istilah dalam Trading Cryptocurrency yang Terdengar Aneh

3 Jenis Cryptocurrency yang Ramai Diperjualbelikan

crypto currency
Jenis-jenis mata uang kripto. Photo by Pexels

Nah, setelah kamu tahu konsep dari naik turunnya nilai uang kripto, kamu harus tahu sekarang jenis-jenis uang cryptocurrency mana yang bagus dan layak untuk kamu investasikan.

Secara umum, ada 3 jenis uang kripto yang nilainya relatif naik. Yaitu bitcoin, Ethereum, dan Litecoin. Jadi, jika kamu memilih salah satunya, kemungkinan besar kamu tidak salah pilih.

Mungkin kamu bertanya mengapa tiga jenis cryptocurrency itu yang nilainya bagus. Seperti yang sudah kamu ketahui di penjelasan sebelumnya, semakin banyak orang yang menggunakan koin kripto, maka nilainya semakin naik. Begitu juga dengan tiga jenis uang cryptocurrency tersebut. Penggunanya semakin bertambah. Apalagi bitcoin yang paling terkenal saat ini.

Selain itu, ada juga alasan lain. Misalnya saja adanya orang terkenal yang menggunakan koin tersebut. Sudah banyak investor kelas kakap yang berinvestasi di bitcoin. Ini membuat trust di masyarakat meningkat. Nilainya pun naik.

Selain itu, ada juga satu faktor lagi yang sangat menentukan. Mudahnya melakukan transaksi. Jadi, kamu tidak akan merasa kesulitan untuk membeli ataupun menjual uang digital kamu. Dan biaya transaksinya relatif murah.

Nah, itulah jenis cryptocurrency yang banyak dipilih oleh para investor di Indonesia. Sekalipun kamu sudah memilih jenis uang digital, kamu juga perlu tahu bagaimana cara melihat potensi ke depan. Karena tetap saja nilai uang digital itu bisa naik dan bisa turun. Kamu perlu jeli melihat perkembangan ke depan.

Mungkin Anda juga menyukai