Langkah Paling Awal Tentang Cara Berinvestasi yang Tepat

Cara Berinvestasi
Langkah Paling Awal Tentang Cara Berinvestasi yang Tepat. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara berinvestasi. Lalu, kebanyakan dari mereka mendapatkan jawaban seputar bagaimana cara melakukan investasi di jenis investasi tertentu. Misalnya saja investasi emas, saham, reksadana, dan lain sebagainya.

Padahal, untuk pemula yang baru ingin mencoba berinvestasi, mereka butuh pemahaman yang lebih dari sekedar hal yang sifatnya praktikal. Tujuannya tidak lain agar mereka memiliki pengetahuan yang fundamental mengenai investasi.

Namun, di sisi lain, harus ada juga keseimbangan. Jangan pula mereka terlalu lama belajar tentang teori investasi. Makanya, penting sekali bagi para pemula dalam hal investasi untuk tahu langkah awal seperti apa yang harus dilakukan terkait dengan cara berinvestasi.

Tahap Paling Awal Sebelum Memutuskan Berinvestasi

Investasi untuk Penghasilan Kecil
Tahapan awal sebelum investasi. Pixabay

Mungkin kamu juga orang yang ingin mulai berinvestasi. Anda kamu menetapkan tujuan. Kamu sudah tahu alasan mengapa investasi itu penting. Namun, kamu masih ragu langkah apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Cara Bermain Saham untuk Pemula yang Jauh dari Risiko Rugi

Berikut ini langkah awal tentang cara berinvestasi yang tepat:

  • Meningkatkan Pendapatan
Biaya-biaya kebutuhan meningkat.
Meningkatkan pendapatan. Photo by Pixabay

Sebelum berinvestasi, kamu harus belajar dulu bagaimana cara meningkatkan pendapatan. Karena pada intinya investasi itu uang sisa pendapatan setelah kamu memenuhi semua kebutuhan.

Itulah mengapa kamu harus hitung dulu berapa kebutuhan hidup kamu dan keluarga. Lalu, berapa pendapatan kamu. Sisa dari pendapatan dikurangi kebutuhan hidup bisa kamu gunakan untuk investasi. Jangan paksakan menggunakan uang kebutuhan hidup untuk investasi.

Oleh sebab itu, kamu harus meningkatkan pendapatan. Kerja lebih keras agar kamu mendapatkan tambahan tunjangan yang lebih tinggi atau mendapatkan posisi di tempat kerja yang lebih baik. Atau kamu bisa pikirkan income stream apa selain dari gaji yang setiap bulan kamu dapatkan.

  • Mulai Pelajari Jenis-Jenis Investasi
Cara Investasi bagi Pelajar
Cara berinvestasi untuk pelajar. Photo by Pixabay

Jika masih ada sisa dari pendapatan, kamu bisa mulai berinvestasi. Pelajari semua jenis investasi. Dalam hal ini, kamu tidak perlu mempelajari terlalu dalam setiap jenis investasi. Pelajari setidaknya kamu tahu masing-masing investasi, kelebihan, dan juga kekurangannya.

Yang paling penting adalah kamu harus bisa membedakan jenis investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Untuk pemula, sangat disarankan agar kamu memilih investasi jangka pendek. Misalnya saja investasi emas yang biasanya dikategorikan sebagai jenis investasi jangka pendek. Selain itu, investasi emas juga relatif mudah. Tidak perlu banyak uang untuk bisa mulai investasi emas.

  • Mulai Saja
Cara Berinvestasi
Mulai saja. Photo by Pexels

Sembari belajar, kamu harus mulai praktik. Karena kamu akan ketinggalan jika harus mempelajari semua jenis investasi. Dunia investasi itu terus berkembang. Apa yang ada di text book tidak selalu sama dengan yang ada di lapangan.

Makanya, setelah kamu tahu jenis investasi yang cocok itu seperti apa, langsung mulai saja. Karena saat kamu memulai, kamu akan mendapatkan ilmu yang baru yang lebih dari sekedar membaca buku teori.

  • Melakukan Diversifikasi Investasi
Lakukan disversifikasi.
Lakukan disversifikasi. Photo by Pixabay

Apa itu diversifikasi investasi? Secara singkat, ini merujuk pada pembagian modal ke beberapa jenis investasi. Tujuannya agar kamu bisa membandingkan dan belajar secara langsung antara jenis investasi yang berbeda. Selain itu, diversifikasi investasi juga mencegah gagal total dalam investasi.

Untuk pemula, sebaiknya pilih dua jenis investasi yang berbeda. Tidak lebih. Karena semakin banyak jenis investasi yang kamu ikuti, dikhawatirkan kamu akan semakin bingung untuk memonitor.

  • Konsisten
Cara Berinvestasi
Konsisten. Photo by Okezone

Sering kali, orang yang berinvestasi itu khawatir terutama ketika terjadi gejolak. Sebenarnya, itu hal yang wajar. Namun, jangan sampai kamu justru mundur ketika terjadi gejolak. Investasi yang sudah pakem pasti menguntungkan. Jadi, kamu sebaiknya fokus pada peningkatan modal investasi daripada terus menerus dirundung kekhawatiran.

Itulah beberapa langkah awal yang perlu kamu lakukan jika ingin mulai belajar cara berinvestasi. Miliki masa depan yang lebih gemilang dengan cara investasi.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai