Daftar Bisnis Online untuk Pelajar yang Ingin Bantu Perekonomian Keluarga

ilustrasi pelajar sedang menjalankan bisnis online.
Daftar Bisnis Online untuk Pelajar yang Ingin Bantu Perekonomian Keluarga. Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 5 menit

Bisnis online menjadi usaha yang kian hari semakin diminati banyak orang, termasuk salah satunya bagi pelajar. Tak hanya menawarkan keuntungan melimpah, bisnis online juga tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Salah satu kemudahan dalam menjalankan bisnis ini adalah dijalankan dengan menggunakan internet dan memudahkan pelaku bisnis ini dalam pemasaran.

Pelaku usaha ini bisa menjual berbagai jenis produk lewat online, mulai dari barang, jasa hingga produk digital. Konsumen tak memerlukan batasan dalam membeli produk yang dijual, bisa dari dalam negeri maupun luar negeri hingga seluruh dunia. Karena kemudahan yang diberikan, bisnis online tidak memerlukan pelaku usaha membuka toko seperti bisnis offline pada umumnya.

Beberapa hal itulah yang membuat bisnis online cocok dijalankan oleh banyak orang, termasuk salah satunya seseorang yang masih berstatus pelajar. Selain untuk kegiatan usaha sampingan, bisnis online juga dapat digunakan melatih diri terkait manajemen keuangan dan mencari pengalaman sebelum lulus dari status pelajar.

Daftar Bisnis Online

  • Dropshipping
ilustrasi menjalankan bisnis dropshipper.
Dropshipper. Photo by Pixabay

Dropshipping adalah bentuk bisnis yang membuat pelaku usahanya menjual produk orang lain, penghasilan dari pelaku bisnis yang satu ini berasal dari selisih harga. Harga yang dibayar pembeli, kepada pelaku bisnis yang dibayarkan kepada supplier. Berbeda dengan reseller, pelaku bisnis ini cukup bekerja sama dengan supplier dan memasarkan produk lewat media sosial dan website.

Ketika pembeli menginginkan barang, pelaku bisnis ini bisa menerima uang dari pembeli lalu membayarkannya kepada supplier sesuai harga barang. Setelah itu meminta supllier langsung mengirimkan barang kepada pembeli atau konsumen. Usaha yang satu ini cocok untuk pelajar karena bisa disesuaikan dengan waktu belajar dan berjualan.

Baca juga: 6 Jenis Bisnis Dropship yang Menguntungkan

  • Gabung Afiliasi
Ikut bisnis affiliate marketing.
Affiliate marketing. Photo by Pixabay

Mirip dengan dropshipping, afiliasi menjadi salah satu bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal dan dijalankan dengan cara menjualkan produk pihak lain. Yang membedakan adalah dari segi sisi penghasilan, pendapatan pelaku bisnis ini berasal dari komisi penjualan barang. Besarnya presentase komisi disesuaikan dengan kesepakatan bersama penjual sebelumnya.

Afiliasi pada umumnya berupa sebuah program yang mengharuskan pelaku bisnis ini untuk mendaftar, setelah bergabung peserta bakal mendapat kode kupon atau banner. Selanjutnya banner bisa dipasang pada blog atau website pribadi, atau juga bisa disebarkan melalui media sosial pribadi dan pendapatan berasal dari konsumen yang membeli kupon yang ditawarkan.

Kunci agar bisnis afiliasi sukses tergantung bagaimana pelaku bisnis ini mendapatkan presentase komisi yang besar. Sebelum terjun ke bisnis ini, usahakan untuk lebih dulu memahami program afiliasi mana yang harus diikuti karena hali itu juga berdampak besar pada keuntungan yang bakal didapatkan.

  • Kursus Online
Menjalankan kursus online.
Buka kursus online. Photo by Pexels

Anjuran belajar di rumah untuk pelajar dan mahasiswa bisa dimanfaatkan dengan membuka kursus online, utamanya bagi pelajar dengan kemampuan lebih. Bisa jadi ide bisnis ini memberi keuntungan yang melimpah, karena setiap pelajar lain tentu membutuhkan akses belajar dengan skill baru di tengah pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih mewabah.

Kursus online merupakan sebuah bisnis di mana pelaku usaha memberi berbagai macam materi pengetahuan yang dapat diakses melalui website atau online dengan berbayar. Program ini dapat diakses secara berlangganan maupun sekali beli, tergantung pilihan mana yang diambil konsumen atau peserta kursus online.

  • Penulis Freelance
Menjadi penulis lepas.
Freelance writer. Photo by @kaitlynbaker

Bagi pelajar yang gemar menulis, bisnis online yang satu ini bisa menjadi prospek menguntungkan guna mengisi dompet mereka. Tak perlu mengeluarkan uang untuk memulai, cukup keahlian menulis dan peralatan yang harus sediakan yakni laptop atau komputer yang sudah dibekali dengan jaringan internet.

Seiring kemajuan teknologi dan informasi, banyak pebisnis yang sadar pentingnya pemasaran menggunakan content marketing. Salah satunya lewat website yang berisi materi atau informasi dari produk yang dijual, namun pelaku bisnis kurang memiliki keahlian bagus dalam menulis artikel, sehingga banyak dari mereka yang mencari seorang penulis.

Faktor Penting Daftar Bisnis Online Rumahan

  • Temukan Kebutuhan Pasar
Mencari kebutuhan pasar.
Tentukan target pasar. Photo by Pixabay

Komponen paling vital dalam bisnis online adalah produk, sesuaikan produk dengan kebutuhan pasar sehingga saat mendaftar bisnis online calon pelaku bisnis ini memiliki potensi dalam meraih kemenangan alias meraup keuntungan yang banyak. Kemungkinan besar seorang pelaku bisnis online yang tak acuh dengan produk keinginan pasar adalah kegagalan.

  • Riset Pasar
Melakukan riset pasar.
Melakukan riset. Photo by Pixabay

Usai mendapatkan produk pasar dengan potensi bisnis, langkah setelahnya adalah fokus untuk riset di bidang tersebut. Hal ini dilakukan karena menjadi salah satu cara terbaik dalam menemukan ide bisnis online, sebagai fondasi bisnis online yang kuat pelaku bisnis ini membutuhkan data yang objektif.

Riset pasar dilakukan agar pelaku bisnis mendapatkan data yang valid, kemudian dalam mengambil keputusan tak sembarangan karena didasari dengan data tersebut tak hanya sekadar asumsi atau opini saja. Dengan begitu pelaku bisnis bisa langsung menyiapkan strategi lanjutan guna memasarkan produk yang dibutuhkan.

  • Analisis Kompetitor
ilustrasi dalam melakukan analisis kompetitor.
Analisis kompetitor. Photo by Rawpixel

Menganilis kemampuan kompetitor dalam menyediakan barang produk yang dibutuhkan sangat perlu, hal ini dilakukan guna mencari celah untuk bisa dimanfaatkan. Seperti apa kelebihan kompetitor, bagaimana kompetitor mendekati konsumen dan kekurangan yang dimiliki mereka sehingga nantinya bisnis yang dijalankan bisa lebih bagus.

Selain itu menganalisis kompetitor sangat penting terutama untuk bisnis online mengingat saat ini banyak pelaku bisnis online menjual produk yang sama dan bersaing hanya lewat selisih harga serta kualitas barang. Dalam hal ini, menjaga kepercayaan konsumsen lewat kualitas dan harga barang sangat menentukan.

  • Pilih Model Bisnis
Mendiskusikan bisnis model canvas.
Diskusi terkait bisnis model canvas. Photo by Pexels

Banyak bisnis online yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan, atau kondisi dari pelajar yang ingin memiliki sampingan sebuah bisnis. Hal ini juga berlaku pada produk yang akan dijual, meskipun sama dengan kompetitor namun cara penjualan produk tersebut bisa berbeda. Beberapa model bisnis yang dijelaskan di atas bagi pelajar bisa dipilih.

Jika pelajar memiliki modal yang cukup, bisa melakukan stok beberapa produk fisik yang kemudian dijual kembali melalui bisnis online yang dipilih. Namun jika modalnya pas-pasan, bekerja sama dengan supplier barang bisa menjadi pilihan alternatif karena memungkinkan pelaku bisnis minim modal tetap bisa bersaing.

  • Tentukan Target Pasar
Mengetahui target pasar.
Tentukan target pasar. Photo by Pexels

Target pasar bisa berupa sekelompok orang dengan karakteristik sama dan memiliki kebutuhan untuk membeli produk yang dipasarkan. Setiap produk memang memiliki pasar masing-masing, termasuk bisnis penulis freelance karena tidak semua orang membutuhkannya namun bukan berarti peminat jasa penulis sedikit.

Ketika memiliki target pasar yang lebih spesifik, maka pelaku bisnis meskipun masih pelajar bisa mengembangkan produknya sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu pelaku bisnis juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing, hingga tak bingung ketika memasarkan produk mereka ke calon pembeli.

  • Jenis Produk Bisnis Online
belajar affiliate marketing gratis
Jenis produk bisnis online. Photo by @adeolueletu

Beberapa contoh produk yang dipasarkan secara online seperti produk digital,kesehatan hingga jasa karena memang bisnis online saat ini bisa menyasar ke mana saja. Sebagai pebisnis pemula, produk atau jasa yang dtawarkan harus memiliki uniqu selling points (UPS) yang dapat dimanfaatkan untuk bersaing dengan kompetitor.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai