7 Tips Sukses Buka Usaha Toko Kelontong

Toko Kelontong
7 Tips Sukses Buka Usaha Toko Kelontong. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Membuka usaha kecil-kecilan saat ini bisa menjadi pilihan untuk menyambung hidup. Meskipun kecil, namun dapat memberi keuntungan yang berkesinambungan. Salah satu bisnis kecil-kecilan yang mungkin bisa dicoba ialah membuka toko kelontong. Usaha ini bisa dikatakan hanya butuh modal kecil namun keuntungan yang didapat berlimpah.

Seperti yang kita ketahui, toko kelontong menjual bebrbagai macam kebutuhan rumah tangga dan dapur. Tidak hanya itu, toko tersebut juga biasa menjual barang-barang kebutuhan lain seperti rokok dan makanan ringan.

Nah, jika kamu tertarik, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka toko kelontong.

  • Pilih lokasi strategis
Toko Kelontong
Pilih lokasi yang tepat untuk membuka bisnismu. Photo by @priscilladupreez

Lokasi yang strategis menjadi salah satu yang wajib ditentukan sedari awal. Dengan lokasi yang strategis, bisnismu bisa berjalan dengan lancar. Nah untuk usaha toko kelontong, ada baiknya kamu membuka usaha tersebut di pemukiman yang padat penduduk. Lebih disarankan lagi jika usaha dibuka di depan rumah sendiri. Hal ini tentu dapat menghemat biaya dari pada harus menyewa tempat kosong yang harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi.

  • Sesuaikan dengan modal
Toko Kelontong
Modal harus disiapkan secukupnya. Photo by Pixabay

Setelah mendapatkan lokasi yang tepat, tentukan barang apa yang ingin dijual. Lebih baik, jika tidak langsung melengkapi barang usaha saat pertama kali buka. Lebih baik mencicil kelengkapan menyesuaikan seiring dengan berjalannya waktu.

Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menyesuaikan modal yang ada. Kamu harus fokus untuk mendapatkan untung terlebih dahulu. Lalu, kamu bisa menginvestasikan uang tersebut ke kelengkapan barang.

  • Survei kebutuhan pembeli
Toko Kelontong
Lakukan survei. Photo by Pixabay

Hal yang selanjutnya dilakukan ialah menentukan barang dagang apa yang harus dipenuhi. Cara mengetahuinya ialah dengan melakukan survei ke masyarakat sekitar. Kamu bisa mendapatkan jawabannya dengan cara membaur ke warga sekitar lalu menampung aspirasi yang mereka keluhkan sehari-hari.

Baca juga: Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Omset Usaha Kecil di 2021

  • Dapatkan distributor yang tepat
usaha kecil yang menjanjikan
Pilih distributor dengan tepat. Photo by de-snack

Jika semua sudah siap, hal yang perlu dilakukan selanjutnya ialah mencari distributor yang tepat untuk toko kelontongmu. Cari toko yang paling murah sehingga bisa jadi langganan. Jangan lupa, pastikan membeli barang dagangan dalam harga grosir dan ditambah dengan diskon.

  • Siapkan gudang untuk menyimpan barang dagangan
cara kelola stok barang
Menyediakan gudang yang baik. Photo by Pixabay

Meski membuka toko kelontong di depan rumah, usahakan untuk menyiapkan gudang untuk menyimpan barang dagangan. Hal ini agar kamu bisa menyetok persediaan barang dagangan. Perlu diingat TemanKlik, dalam menyiapkan stok barang sewajarnya saja.

  • Berikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan
Pelayan ramah untuk bisnis waralaba.
Pelayanan yang ramah sangat dibutuhkan untuk sebuah bisnis. Photo by @secovic23

Sebagai pemilik usaha, kamu harus tetap profesional. Meskipun pelanggan tetangga sendiri, mereka tetaplah pelanggan. Maka dari itu kamu harus memberikan pelayanan yang prima.

  • Atur barang dagangan dengan baik agar menarik
Toko sembako.
Atur toko dengan rapi. Photo by Bisnis UKM

Meskipun hanya bisnis rumahan, bukan berarti kamu tidak perlu mendekorasi toko tersebut. Meski hanya penataan barang dagangan, ini merupakan suatu kunci yang penting dalam melayani pelanggan. Sebab, dengan rapinya barang-barang di toko, dapat membuat pelanggan nyaman untuk berbelanja.

Demikian tips yang perlu dilakukan jika kamu ingin membuka bisnis toko kelontong. Jadi mau mulai kapan untuk memulai bisnis tersebut TemanKlik?

Mungkin Anda juga menyukai