6 Jenis Bisnis Dropship yang Menguntungkan

Bisnis dropshipper yang menjanjikan.
Bisnis dropshipper yang menjanjikan. Photo by @morningbrew
Waktu baca: 4 menit

Dalam memperoleh uang tambahan, banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya ialah menjalankan bisnis dropship. Bisnis dropship bisa dikatakan menjadi bisnis yang menguntungkan lho. Bisnis dropship sendiri adalah bisnis yang melibatkan orang ketiga yakni dropshipper (kamu sendiri) sebagai mediator antara pembeli dan penjual.

Sebagai dropshiper, kamu akan menawarkan barang yang merupakan dagangan dari penjual A. Kemudian, kamu bisa mengambil keuntungan dari barang yang akan kamu jual.

Sekilas dropshiper ini mirip dengan reseller. Namun sebenarnya ada bedanya. Kalau reseller tentu harus menyediakan stok barang yang akan dijualnya, biasanya penjual pun akan memberikan jumlah barang minimum yang harus dibeli sebagai syarat menjadi reseller. Reseller juga harus mengirimkan barang ke alamat pembeli satu per satu.

Sementara, dropshipper tidak perlu membeli stock barang yang akan dijual. Kamu cukup menginfokan kepada penjual untuk mengirimkan barang ke pembeli dengan atas nama dropshipper. Jadi, seolah-olah kamu sebagai dropshipper yang mengirim barang tersebut. Padahal, kamu hanya mempromosikan dan menjembatani antara pembeli dan penjual.

Lalu apa saja jenis bisnis dropship yang menguntungkan yang bisa dilakukan? Berikut daftarnya.

Bisnis makeup dan skincare

Bisnis kosmetik halal
Bisnis makeup. Photo by @elementdigital

Bisnis makeup dan skincare merupakan jenis bisnis yang tidak ada matinya. Apalagi kebutuhan untuk makeup dan skincare saat ini sudah banyak. Maka dari itu, kamu bisa menjadi agen dropship untuk skincare atau makeup. Salah satunya mungkin skincare atau makeup dari Korea. Karena, barang tersebut sangat terbatas dijual di Indonesia. Dengan begitu, keuntungan yang kamu dapatkan bisa banyak.

Baca juga: Inilah 4 Cara Memulai Bisnis Kosmetik Halal

Baju kekinian

bidang bisnis umkm
Bisnis baju kekinian. Photo by @socialcut

Selain makeup dan skincare, baju merupakan salah satu barang yang wajib dibeli terlebih bagi orang-orang yang ingin selalu up-to-date dengan fashion terkini. Dari hal itulah kamu bisa memulai menjadi dropshipper baju kekinian. Jika kamu bisa memilih model yang menarik dan kekinian serta sesuai dengan target pasar, bisa dipastikan jualanmu akan laris dan kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Bisnis makanan sehat

Makanan sehat
Bisnis makanan sehat. Photo by @jeztimms

Tidak sedikit orang yang sudah mulai belajar dan menjalani kehidupan yang sehat. Salah satu yang dilakukan yang paling mudah ialah memakan makanan yang sehat. Terlebih, sekarang banyak orang yang mencoba untuk diet dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Dengan begitu, kamu bisa memulai bisnis dropship makanan sehat untuk orang lain yang sedang program diet.

Barang dekorasi kosan

bisnis dropship yang menguntungkan
Barang dekorasi kamar. Photo by Pixabay

Di masa pandemi ini, banyak orang yang diharuskan untuk bekerja dari rumah atau kosan. Bagi yang tinggal di kos, bekerja di kamar kosan akan merasa cepat jenuh karena semua hal dilakukan di dalam satu ruangan mulai dari tidur, makan, bersantai, hingga bekerja. Maka dari itu, biasanya mereka perlahan-lahan akan mulai melakukan dekorasi kosan agar tidak membuat jenuh.

Dilihat dari peluang itu, kamu bisa mulai menjual barang-barang yang biasanya dibutuhkan untuk dekorasi kosan seperti sprei dengan motif minimalis, meja belajar, kursi, hingga lemari. Selain itu, kamu juga bisa menjual beragam hiasan dinding hingga lampu tumblr.

Produk bayi

bisnis dropship yang menguntungkan
Produk-produk untuk bayi. Photo by Pexels

Dilansir dari niagahoster, perputaran uang pada produk bayi bisa mencapai Rp88,1 triliun. Total itu sangat fantastis. Maka dari itu, kamu bisa mulai untuk menjadi dropshipper produk-produk bayi terutama, baju, sepatu, hingga peralatan MPASI.

Perlengkapan rumah tangga

Perlengkapan rumah tangga. Photo by @luandmario

Yang terakhir ialah perlengkapan rumah tangga. Produk-produk perlengkapan rumah tangga bisa dibilang menjadi salah satu produk yang laris dan banyak dicari oleh ibu rumah tangga. Biasanya, mereka tergiur untuk membeli piring-piring dengan motif lucu. Dengan melihat hal itu kamu bisa mencari produk tersebut dan menawarkannya melalui media sosial. Dapat dipastikan bahwa produk tersebut akan banyak yang membelinya.

Nah itulah beberapa jenis bisnis dropship yang menguntungkan yang bisa dilakukan. Menarik bukan? Namun, perlu diingat bahwa sebelum memutuskan untuk menjadi dropshipper alangkah baiknya kamu harus mencari supplier yang tepat. Hal itu agar kamu bisa menjadi seller yang terpecaya dan pelanggan berdatangan terus-menerus.

Mungkin Anda juga menyukai