Cara yang Benar dalam Memanfaatkan Teknologi yang Berkembang Pesat Biar Tepat

Ilustrasi penggunaan teknologi yang benar
Cara yang Benar dalam Memanfaatkan Teknologi yang Berkembang Pesat Biar Tepat. Photo by @xrexpo
Waktu baca: 5 menit

Seiring dengan perkembangan teknologi yang terus-menerus berkembang dengan pesat, sebenarnya kesempatanmu untuk memperbanyak wawasan juga ikut bertambah. Apalagi, kamu bisa melakukannya di mana saja kamu berada. Meski begitu, kamu juga perlu bijak dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Dan cara yang benar dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat adalah seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

Teknologi bermanfaat membantu manusia dalam melakukan aktivitas agar jadi lebih nyaman dan mudah. Di samping itu, perkembangan teknologi juga bisa bermanfaat bagi pendidikan maupun karirmu, lho! Hanya saja, perkembangan teknologi bisa jadi pedang bermata dua jika kamu tidak memanfaatkannya dengan bijak.

Lalu, apa saja ya cara menggunakan teknologi dengan baik dan bijak yang perlu kamu ikuti dan terapkan? Simak daftar tips dan penjelasannya di bawah ini, ya!

Cara Memanfaatkan Tekonologi yang Berkembang dengan Benar

  • Cari dan Belajar Info Baru dari Internet
Ilustrasi melakukan pencarian informasi melalui Google
Cari info terbaru di internet. Photo by @dadaben_

Sesibuk apapun aktivitasmu sehari-hari, pastikan kamu meluangkan waktu untuk belajar. Dan berkat perkembangan teknologi saat ini, kamu bisa belajar di perjalanan berangkat ke kantor atau pulang ke rumah melalui podcast, video YouTube, atau aplikasi edukatif yang interaktif.

Artinya, ada banyak cara yang bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan teknologi sekaligus belajar hal baru secara bersamaan. Dan kamu bisa jadi tak akan menyangka apa saja hal-hal yang bisa kamu pelajari: skill baru, bahasa asing, wawasan yang lebih luas tentang topik tertentu, dan sebagainya.

  • Manfaatkan Online Course untuk Mendapat Sertifikat
Ilustrasi mengikuti kursus online
Mengikuti kursus online. Photo by Pexels

Buat kamu yang ingin mengembangkan skill sekaligus mencari peluang karir yang lebih baik, adanya online course saat ini bisa jadi solusi tepat yang bisa kamu manfaatkan. Meskipun mendapatkan sertifikasi butuh kerja keras dan waktu ekstra sepanjang prosesnya, keuntungannya bisa kamu rasakan dalam jangka panjang, lho!

Dengan mengikuti online course, kamu juga bisa merasakan peluang untuk belajar hal baru dengan cara yang lebih fleksibel. Bahkan sesi online course juga cenderung tidak akan mengganggu aktivitas sehari-harimu karena kamu tidak perlu meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk belajar secara offline di dalam kelas.

Ditambah lagi, online course saat ini tersedia untuk berbagai bidang dan keahlian. Jadi, bisa dipastikan bahwa kamu pasti akan bisa menemukan program online course yang kamu inginkan, plus dengan metode pengajaran yang tepat dengan kebutuhan maupun preferensinya. Soal biaya pun kamu juga tidak perlu terlalu khawatir, karena banyaknya pilihan online course juga berarti ada range budget yang bervariasi pula.

  • Manfaatkan Teknologi Cloud
ilustrasi teknologi cloud
Memanfaatkan teknologi cloud. Photo by Pixabay

Salah satu perkembangan teknologi saat ini yang bisa kamu rasakan manfaatnya adalah cloud storage, alias penyimpanan cloud. Pada dasarnya, cloud storage ini memungkinkanmu untuk melakukan nyaris segala aktivitas secara online tanpa harus membuat copy-an atau salinan file secara fisik.

Contohnya layanan dari Google seperti Drive, Docs, Keep, dan Calendar. Seluruh datanya akan disimpan ke dalam akun Google-mu secara online, sehingga memungkinkanmu untuk mengaksesnya dari device apapun tanpa harus memiliki akses langsung secara fisik ke perangkat laptop atau HP tertentu. Dengan begitu, produktivitasmu akan jadi lebih tinggi, kan?

Tak hanya layanan Google saja yang memanfaatkan teknologi cloud karena masih ada banyak opsi lainnya. Misalnya Dropbox, Evernote, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Malas Belajar

  • Bertemu dan Berinteraksi dengan Banyak Orang
ilustrasi berinteraksi dengan orang lain
Berinteraksi dengan orang lain. Photo by Pixabay

Perkembangan teknologi zaman sekarang juga semakin mempermudah kamu dalam memperluas koneksi dan networking. Soalnya, sekarang ada banyak platform media sosial hingga forum yang sangat beragam. Jadi, kamu bisa temukan platform yang memang benar sesuai preferensi serta kebutuhanmu.

Nah, kamu bisa manfaatkan kemudahan ini untuk memperkaya wawasan dengan bertemu banyak orang, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Meskipun berinteraksi dengan orang lain secara online berbeda dengan interaksi secara tatap mata, kamu tetap bisa melatih kemampuanmu dalam bersosialisasi secara online. Misal dalam berdiskusi atau debat ilmiah.

Intinya, mumpung sekarang kamu bisa bertemu orang-orang baru dengan lebih mudah, praktis, dan bahkan bisa dibilang tanpa keluar uang, manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kualitas dirimu.

  • Menjaga Sopan Santun
ilustrasi interaksi dengan sopan di internet
Tetap sopan saat di internet. Photo by Pexels

Adanya teknologi bisa jadi membuatmu lupa kalau yang kamu ajak berinteraksi juga seorang manusia. Tak peduli seberapa “panas” diskusimu dengan orang lain lewat internet, selalu ingat untuk menjaga sikapmu, bahkan meskipun kamu tidak bertatapan muka secara langsung dengan orang yang kamu ajak berinteraksi sekalipun.

Di samping itu, teknologi memang semakin mempermudah kamu dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, kapan saja dan di mana saja. Akan tetapi, selalu perhatikan waktu ketika kamu akan menghubungi orang lain, baik itu untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan. 

Hanya karena kamu jadi bisa menghubungi seseorang 24/7, bukan berarti kamu bisa minta follow up urusan tugas atau pekerjaan tengah malam ke rekan kerjamu. Hormati waktu pribadi orang lain seperti halnya kamu ingin waktu pribadimu juga dihargai. Jika kamu terpaksa menghubungi seseorang di luar jam “wajar”, pastikan bahwa kepentingannya benar-benar urgen dan darurat.

  • Manfaatkan Teknologi untuk Hal-Hal Positif
Ilustrasi orang sedang mencari informasi
Manfaatkan teknologi untuk hal-hal positif. Photo by Pexels

Cara menggunakan teknologi dengan baik lainnya adalah dengan memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Contohnya ya seperti untuk mendapatkan skill baru, memperluas wawasanmu, memperluas koneksi dan networking, dan sebagainya.

Jangan sampai kemajuan dan perkembangan teknologi malah membuatmu jadi orang yang sibuk mencela atau menghujat orang lain di media sosial. Lebih parah lagi, kamu malah memanfaatkan teknologi untuk mengakses hoaks atau bahkan jadi penyebar hoaks. Kalau begini, bukan hanya kamu akan merasa rugi, tapi kamu juga bisa terkena dampak negatifnya, lho! Soalnya, penyebaran hoaks bisa membuatmu dikenai pidana. Tentu kamu tidak ingin mengalaminya, kan?

  • Gunakan Waktu Secukupnya untuk Menggunakan Gadget
Seorang wanita belajar hal baru
Menggunakan gadget tidak berlebihan. Photo by @dchuck

Penggunaan gadget yang terus-menerus ternyata bisa berdampak negatif bagi tubuh, lho! Contohnya, kamu jadi kurang gerak dan jadi lebih banyak rebahan sambil ngemil cemilan yang kurang sehat. Ditambah lagi, sinar yang dipancarkan layer gadget juga bisa berdampak buruk bagi mata maupun kulit wajahmu.

Oleh karena itu, kamu perlu disiplin menentukan jam-jam kapan saja kamu perlu menggunakan gadget-mu. Dan setiap harinya, pastikan kamu memiliki waktu yang memang diluangkan untuk bebas dari gadget dan melakukan aktivitas lainnya yang jauh dari gadget. Misalnya berolahraga seperti lari, jogging, atau bersepeda yang bisa membantu tubuhmu melawan efek negatif dari gaya hidup sedentari atau gaya hidup pasif.

Di samping itu, membatasi waktu penggunaan gadget juga bisa jadi contoh yang baik jika kamu sudah memiliki anak. Dengan begitu, buah hatimu juga bisa belajar dari lingkungannya sendiri bahwa ada momen-momen di mana mereka memang harus lepas dari gadget. Jadi, si kecil tidak akan ketergantungan dengan gadget sejak dini dan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi dunia sekitarnya.
Itu dia rangkuman cara menggunakan teknologi dengan baik dan bijak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai