Mengenal Jenis Tanaman Hias Termahal, Mana Paling Laris?

Tanaman Hias Termahal
Mengenal Jenis Tanaman Hias Termahal, Mana Paling Laris? Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Semenjak pandemi, berkebun merupakan hobi yang paling diminati. Tak heran, tanaman hias termahal tak luput dari incaran para pencinta tanaman hias dadakan. Pasalnya, menanam tanaman hias mengandung kepuasan tersendiri.

Dengan demikian, tak sedikit orang mulai menyukai aktivitas menanam, bahkan mengoleksi tanaman hias. Selain mengasyikkan juga dapat dijadikan hiburan yang menyenangkan.

Terlebih, tanaman hias memiliki bentuk, warna, maupun motif yang unik dan indah. Hal ini membuatnya banyak dicari para kolektor. Tak ayal, jika harga tanaman hias sekarang kian melambung.

Nah, apakah kamu juga berminat untuk menanam, serta mengoleksi tanaman hias? Kira-kira jenis tanaman hias kekinian apa yang berharga mahal dan paling laris dipasaran? Yuk, cari tahu melalui ulasan berikut ini.

4 Jenis Tanaman Hias Termahal Masa Kini

Aglonema, salah satu tanaman hias termahal. Photo by Pixabay

Tidak dipungkiri, dapat memiliki tanaman hiasyang sedang trenmerupakan suatu kebanggaan. Namun, kamu juga harus rela untuk merogoh kocek terlalu dalam. Biasanya, tanaman hias kekinian sering dibandrol dengan harga selangit.

Nah, bagi kamu yang mendambakan tanaman hias termahalsekaligus populer,  berikut ini adalah daftarnya:

  • Aglonema

Bagi para penggemar tanaman hias, mungkin tidak asing lagi dengan Aglonema. Yaitu salah satu jenis tanaman hias ‘sultan’. Mengapa disebut sultan? Tentu karena harganya sangat mahal. Pernah menyentuh Rp 660 juta satu potnya.

Namun, untuk harga dipasaran saat ini berkisar Rp 6 juta setiap pot. Terutama untuk Aglonema yang berdaun merah dan rimbun. Selain itu, Aglonema juga banyak jenisnya, yaitu terdiri dari 30 spesies.

  • Monstera

Berikutnya, adalah jenis Monstera. Pasti kamu sudah kenal bukan dengan tanaman dengan nama janda bolong? Ya, inilah Monstera. Merupakan tanaman hias fenomenal yang di prediksi tetap eksis pada tahun 2021 ini.

Mengenai harga, jangan ditanya. Tentu tak kalah mahal dengan Aglonema, bahkan malah bisa lebih mahal. Harga dipasaran saat ini bisa tembus antara Rp 1,5 juta hingga Rp 10 juta. Cukup fantastis bukan?

  • Anggrek

Jenis tanaman hias mahal selanjutnya adalah anggrek, yaitu anggrek hitam Papua dan anggrek Kalimantan. Tak heran jika harganya juga sangat fantastis. Dikarenakan  persediaan anggrek di alam maupun petani cukup langka.

Harga untuk anggrek hitam Papua sendiri dapat mencapai Rp 100 juta ke atas. Sedangkan, anggrek Kalimantan yang dikenal anggrek emas Kinabalu harganya dapat menembus Rp 73 juta per tangkainya.

  • Philodendron

Tanaman hias yang tengah naik daun berikutnya adalah jenis Philodendron. Tanaman unik yang memiliki daun berwarna menarik. Jenis yang banyak diminati seperti Philodendron paraiso verde dan Philodendron pink princess.

Biasanya, harga Philodendron paraiso verde sekitar Rp 1,5 juta. Semakin besar ukuran daunnya akan bertambah mahal harganya. Sedangkan, harga Philodendron pink princess dapat mencapai Rp 3 juta karena cukup langka.

Baca juga: Jenis Kerajinan Eceng Gondok yang Populer di Internasional

Monstera Tanaman Hias Berharga Mahal Paling Laris

Tanaman Hias Termahal
Monstera. Photo by @brina_blum

Ternyata, dari beberapa jenis tanaman di atas, Monstera merupakan jenis tanaman hias termahal yang paling laku. Mengapa? Karena tanaman hias satu ini memiliki bentuk daun yang berlubang sangat cantik.

Nah, karena bentuk daunnya seperti keju swiss yang berlubang, tanaman ini juga dikenal dengan nama swiss cheese plant. Lubang pada daun Monstera ternyata terbentuk secara alami. Tak ayal, banyak orang menyukai tanaman unik satu ini.

Tak hanya itu, tanaman Monstera juga memiliki beragam spesies. Diantaranya Monstera deliciosa, Monstera obliqua, Monstera adansonii, Monstera variegata, dan lainnya.

Namun, yang paling laris adalah Monstera variegata. Dikarenakan memiliki daun yang berwarna hijau dengan bercak putih atau krem yang lebih estetik. Meskipun harganya juga lebih mahal. Berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan.

Selain itu, tanaman Monstera juga dapat membuat rumahmu terasa lebih segar dan asri.  Dikarenakan janda bolong ini dapat memperbaiki kualitas udara dalam ruangan. Jadi, tak heran jika tanaman Monstera  selalu diburu oleh plant lovers.

Itulah ulasan tentang beberapa jenis tanaman hias termahalyang sedang populer saat ini. Dan jenis Monstera merupakan yang paling digemari para pencinta tanaman hias. Untuk itu, siapkanlah uang yang berlebih jika kamu berminat untuk memilikinya.

Mungkin Anda juga menyukai