8 Cara Mengatasi Malas Belajar

ilustrasi mengantuk saat belajar
8 Cara Mengatasi Malas Belajar. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Malas belajar sepertinya sudah menjadi permasalahan setiap siswa ataupun mahasiswa. Setidaknya setiap orang pernah berada di fase ini. Malas belajar rasanya seperti hal yang masih manusiawi. Tentunya saat belajar pasti pernah merasa jenuh dan tidak ada motivasi.

Walaupun malas belajar merupakan hal yang manusiawi, tapi tidak bisa dibiarkan begitu saja lho! Malas belajar ini sendiri sebenarnya bisa di cegah ataupun dihindari. Perlu kamu ingat bahwa perasaan malas belajar jika dibiarkan lebih lanjut sangat berbahaya untuk dirimu sendiri. Perasaan malas belajar ini bisa menjadi “penyakit diri”. Mengapa begitu? Jika kamu selalu mengikuti rasa malasmu dan terlena akan hal itu, tentunya akan menghambat segala aktivitasmu.

Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya kamu mencegah rasa malas. Banyak cara yang bisa kamu lakukan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat rasa malas belajar mulai menyerang

Baca Juga: Cara Melakukan Self Healing yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

8 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Seorang sedang malas belajar
Menghilangkan malas belajar. Photo by @tonny_tran
  • Membuat Motivasi untuk Belajar

Mempunyai motivasi sebagai dasar untuk belajar bisa mencegah rasa malasmu. Tentukan motivasimu dalam belajar. Apa yang membuatmu harus belajar? Apa yang sedang kamu kejar? Apakah kamu mengejar nilai yang sempurna? Apakah kamu mempunyai target lulus yang cepat? Dan sebagainya. Jika kamu memiliki motivasi belajar yang kuat, rasa malas belajar tersebut bisa di cegah.

  • Mengenali Gaya Belajar yang Sesuai

Sangat penting untuk mengetahui gaya belajar sesuai dengan karaktermu. Kamu bisa mencoba berbagai gaya belajar untuk menentukan gaya belajar seperti apa yang paling cocok untukmu.

Seperti contohnya; belajar sambil mendengarkan musik, belajar secara berkelompok, belajar secara menyendiri, dan sebagainya.

  • Fokus Pada Satu Hal saat Belajar

Saat belajar cobalah untuk fokus akan satu hal. Kamu bisa fokus pada satu subjek atau materi. Dengan berfokus pada satu hal saja, kamu tidak akan cepat merasa jenuh saat belajar. Kamu juga tidak akan merasa pusing ataupun kewalahan. Saat ingin memulai belajar, kamu akan selalu mengingat bahwa belajar bukan hal yang membuatmu kewalahan,pusing ataupun jenuh. Tentunya kamu tidak akan merasa malas saat ingin belajar.

  • Memfasilitasi Diri saat Belajar

Memfasilitasi diri saat belajar bisa mengurangi rasa malas mu lho! Dengan memfasilitasi diri, kamu bisa menjadi lebih semangat belajar. Kenali apa yang bisa membuat dirimu senang dan tenang saat belajar.

Kamu bisa belajar dengan menyeduh minuman hangat atau dengan menyalakan aroma therapy yang dapat menaikan mood kamu.

  • Atur Jadwal Belajar dan Mengenali Waktu Belajar yang Sesuai

Mengatur jadwal belajar sangat penting. Hal ini agar kamu tidak gampang merasa stress. Jadi hari-hari mu tidak habis dengan hanya belajar saja. Waktu belajar dan waktu untuk relax harus tetap seimbang.

Kamu juga bisa mencoba mengenali kapan waktu belajar yang sesuai denganmu. Bisa di pagi hari, atau siang hari ataupun di malam hari.

  • Tentukan Tempat Belajar yang Nyaman

Suasana belajar yang nyaman bisa mendukung semangat belajarmu. Kamu bisa mencari tempat belajar yang membuatmu nyaman. Misalkan kamu suka belajar di suasana yang hening, kamu bisa belajar di perpustakaan. Atau kalo kamu tidak bermasalah belajar di suasana yang ramai, kamu bisa mencoba belajar di kafe.

  • Menjauhkan Smartphone Saat Jam Belajar

Smartphone bisa menjadi distraksi terbesarmu saat belajar. Mencoba menjauhkan smartphone saat jam belajar akan membuatmu lebih fokus. Tidak terasa saat memainkan smartphone saat belajar akan menguras waktumu. Aktifkan silent mode pada smartphone mu agar tidak mudah terganggu. Saat kamu membutuhkan media internet, kamu tetap bisa membuka smartphone mu. Tapi ingat ya! Kamu harus tegas saat menggunakannya.

  • Beristirahat yang Cukup

Belajar memang penting. Harus diingat juga bahwa beristirahat tidak kalah penting. Aturlah waktu untuk beristirahat. Istirahat yang cukup dapat membuat kamu lebih fokus dalam belajar.

Banyak cara untuk mengatasi rasa malas belajar. Semua balik pada dirimu sendiri. Jika kamu mempunyai tekad yang kuat, pastinya rasa malas tersebut bisa kamu atasi dengan baik.

Artikel Lainnya