Supaya Tidak Zonk, Perhatikan 6 Hal Ini Saat Belanja Online

tips belanja online harbolnas
Waktu baca: 2 menit

Belanja online semakin digemari karena kemudahan transaksi yang ditawarkan. Apalagi saat ini banyak orang yang tak ingin menghabiskan banyak waktu atau repot untuk membeli barang dan kebutuhan lainnya dengan melakukan transaksi tatap muka. Meskipun lebih praktis, namun jika tidak hati-hati atau sembarangan, belanjaan online-mu bisa zonk, lho. Lantas, apa saja yang harus kamu perhatikan saat belanja online? Berikut informasi lengkapnya!

Review online shop yang dipilih

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat belanja online adalah review online shop pilihan. Usahakan untuk memilih online shop yang memiliki reputasi baik dan review yang positif. Dengan begitu, setidaknya kamu bisa memastikan bahwa produk yang ingin kamu beli dari online shop tersebut memiliki kualitas dan tidak mengecewakan. Cobalah temukan online shop seperti star seller, toko resmi, hingga beberapa jenis online shop terpercaya lainnya.

belanja online aman

Hindari zonk saat belanja online dengan tips berikut! via pexels.com

Perhatikan jenis model yang ada di gambar

Sering kali kamu kecewa saat membeli baju secara online karena kurang memerhatikan jenis model yang ada di gambar. Saat membeli baju online, pilihlah model baju yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Kamu harus tahu model seperti apa yang pas dengan bentuk tubuhmu agar tak salah beli karena kamu tak bisa mencoba produk pilihanmu secara langsung.

Baca keterangan jenis bahan

Kamu juga harus teliti dalam membaca keterangan jenis bahan produk online yang ingin kamu beli agar tak salah pilih. Hal ini sangat penting terutama bila kamu mempunyai alergi terhadap bahan pakaian tertentu. Hal ini juga penting bagi kenyamananmu. Jika kamu masih bingung dengan bahan yang tampaknya bagus namun tak tahu aslinya memang bagus atau tidak, kamu bisa bertanya langsung kepada penjual atau mencari informasinya melalui internet.

Baca jugaMenggunakan Kartu Kredit Lebih Hemat dengan 5 Tips Mudah

Perhatikan testimoni produk

Selain memperhatikan review online shop pilihan, testimoni produk pilihan juga harus kamu perhatikan. Biasanya, saat berbelanja online kamu akan diminta untuk memberikan testimoni atau penilaian terhadap produk yang dibeli. Nah, penilaian ini bisa kamu jadikan pertimbangkan sebelum membeli produk tertentu. Jika produk yang kamu inginkan belum memiliki informasi testimoni, kamu bisa mencari review produk melalui Google atau penilaian produk yang serupa pada online shop lain karena umumnya online shop banyak menjual produk serupa.

Jangan terburu-buru saat belanja online

Kebiasaan membeli barang online dengan terburu-buru juga harus kamu hindari agar tak kecewa saat belanjaan online-mu tiba. Hal ini harus kamu perhatikan khususnya saat online shop tertentu mengadakan flash sale berbatas waktu dengan jumlah produk yang terbatas pula. Sering kali pembeli terburu-buru membeli barang saat flash sale tanpa membaca deskripsi produk dengan saksama. Padahal membaca deskripsi produk dengan teliti sangat penting agar kamu tak salah beli. Oleh karena itu, biasakanlah untuk tidak membeli barang online dengan terburu-buru dan selalu membaca ulang deskripsi produk incaranmu.

Periksa persyaratan pembelian

Setelah kamu mantap membeli barang online tertentu, kamu juga harus memerhatikan persyaratan pembeliannya. Ketahuilah informasi tentang ada tidaknya kebijakan pengembalian barang jika barang yang dibeli tidak sesuai, berapa lama barang pilihan akan sampai, hingga bagaimana cara membayar. Dengan memeriksa persyaratan pembelian, kamu dapat meminimalkan potensi barang belanjaan yang kurang sesuai dengan harapan.

***

Mulai sekarang perhatikan dulu beberapa hal tersebut sebelum belanja online agar kamu tidak mengalami yang namanya zonk. Jangan sampai kamu jadi rugi hanya karena kurang teliti saat membeli. Happy shopping!

You may also like...

Leave a Reply