Mengetahui Beberapa Kelebihan Wisata Berbasis Syariah

wisata berbasis syariah
Kelebihan wisata berbasis syariah. Photo by Merdeka
Waktu baca: 3 menit

Wisata yang ditujukan untuk para wisatawan berdasarkan dengan landasan-landasan peraturan agama Islam bernama wisata berbasis syariah, kini menjadi sorotan di bidang pariwisata. Peraturan-peraturan yang berkaitan dengan wisata tersebut memiliki landasan hukum yang sesuai dengan syariat Islam sehingga sangat direkomendasikan untuk para wisatawan muslim atau bahkan bisa juga untuk wisatawan umum yang tertarik untuk menikmati destinasinya.

Untuk perkembangannya sendiri wisata berbasis syariah ini memiliki progress yang cukup bagus sehingga sangat menjanjikan untuk semua pihak yang menjalankannya. Hal tersebut ditandai dengan prospeknya yang hingga saat ini masih berada dalam kategori bagus dan disertai beberapa kelebihan yang perlu diketahui pula. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Makanan yang Tersedia Dijamin Halal

wisata berbasis syariah
Makanan halal tersedia. Photo by @danielcgold

Sesuai dengan namanya, wisata yang satu ini tentu menyediakan berbagai macam makanan yang bersertifikasi halal sehingga tidak perlu khawatir lagi ketika hendak memilih atau membeli makanan yang tersedia di dalamnya. Terlebih ketika jajan atau makanan yang tersedia tidak dilengkapi dengan informasi bahan dasarnya tentu membuat seseorang ragu jika hendak membelinya. Namun, tidak akan terjadi pada wisata yang memiliki peraturan berdasarkan syariah Islam ini. Meskipun makanan tersedia tanpa disertai adanya pemberitahuan bahan dasar secara langsung, namun sudah dapat dipastikan bahwa makanan yang mendapatkan izin untuk dijual di dalam wisata tersebut merupakan makanan-makanan yang halal.

Fasilitas Ibadah Terjamin

wisata berbasis syariah
Fasilitas ibadah. Photo by Pixabay

Ketika memilih wisata syariah sebagai tujuan wisata di hari libur, maka mencari tempat wisata yang memberikan fasilitas ibadah terjamin sudah tidak menjadi hal yang dikhawatirkan lagi. Pasalnya, pada wisata yang memiliki basis syariah Islam ini menyediakan fasilitas ibadah yang terjamin serta kenyamanan yang diberikan juga sesuai dengan yang diharapkan. Umumnya, berbagai macam fasilitas ibadah sudah disediakan oleh pihak pelayanan wisata sehingga ketika para wisatawan lupa untuk membawa perlengkapan ibadah, maka tidak perlu bingung lagi kemana harus mencarinya. Seperti mukena untuk para wisatawan muslimah, sajadah, dan lain sebagainya.

Baca juga: Inilah Penjelasan Singkat Wisata Syariah yang Perlu Dipahami

Fasilitas Wisata Dijamin Kenyamanannya

wisata berbasis syariah
Fasilitas wisata yang nyaman. Photo by @zacharykeimig

Nah, teruntuk para wisatawan muslimah, terkadang tidak menemukan fasilitas wisata yang sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai contohnya, ketika di dalam paket wisata tersebut terdapat kolam renang, maka tersedia pula penyewaan baju renang muslimah sehingga untuk wisatawan muslimah tidak perlu khawatir lagi tentang fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan. Contoh lainnya seperti ketika dilibatkannya jasa penyedia tour wisata pada wisata berbasis syariah ini, maka akan disediakan fasilitas transportasi di mana di dalamnya akan disajikan informasi-informasi seputar waktu ibadah, panduan ibadah, dan lain sebagainya sehingga semakin memberikan kenyamanan atas pelayanan fasilitas yang disediakan.

Pelayanan Ramah Disesuaikan dengan Syariah

wisata berbasis syariah
Pelayanan yang ramah. Photo by Pexels

Selain beberapa keunggulan di atas, ternyata wisata jenis ini juga memiliki keunggulan lain di bidang pelayanannya. Meskipun kita semua juga tahu bahwa hampir semua pelayanan wisata memiliki karakteristik ramah dan santun, namun pada wisata kali ini selain ramah dan santu tersebut juga disesuaikan dengan syariah dan hukum Islam. Misalnya terdapat pada bagian pemandu wisata. Pada wisata jenis syariah ini, maka pemandu wisatanya akan disesuaikan dengan siapa wisatawan yang dihadapinya. Wisatawan laki-laki akan dipandu oleh pemandu laki-laki, dan wisatawan perempuan akan dipandu oleh pemandu perempuan sehingga semakin menambah kenyamanan dalam menjalankan kegiatan wisata.

Nah, selesai sudah pembahasan berkaitan dengan kelebihan wisata berbasis syariah yang patut diketahui untuk menambah wawasan. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai