Indikator Loyalitas Karyawan yang Setiap Pemimpin Perusahaan Wajib Tahu

Indikator Loyalitas Karyawan
Indikator Loyalitas Karyawan yang Setiap Pemimpin Perusahaan Wajib Tahu. Photo by @timmykp
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Pemimpin perusahaan seharusnya mengetahui indikator loyalitas karyawan. Karena dengan mengetahui hal ini, mereka tahu mana karyawan yang bertahan dan terus berkontribusi terhadap perusahaan.

Yang sering terjadi sekarang ini adalah seorang karyawan yang hanya bekerja di sebuah perusahaan hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Tidak sampai satu tahun. Ini yang paling sering dilakukan karyawan milenial.

Tentu saja mereka punya alasan tersendiri. Yang pasti, banyaknya karyawan yang sering pindah ke tempat lain menjadi masalah tersendiri. Proses bisnis bisa terganggu. Apalagi rekrutmen karyawan baru yang juga membutuhkan dana. Belum lagi karyawan harus diberikan training dari awal. Jelas ini menghabiskan dana dan waktu.

Makanya, indikator loyalitas karyawan wajib diketahui oleh setiap pemimpin. Setidaknya, dengan mengetahui hal ini, pemimpin perusahaan tahu bagaimana cara menaikkan loyalitas dan apakah cara tersebut berhasil atau tidak.

4 Indikator Loyalitas Karyawan terhadap Pekerjaan

Indikator Loyalitas Karyawan
Indikator karyawan loyal terhadap perusahaan. Photo by @clayton_cardinalli

Setidaknya ada 4 hal yang bisa dijadikan indikator bahwa seorang karyawan itu loyal terhadap perusahaan atau tidak.

Peraturan Selalu Menjadi Nomor 1

Strategi UMKM di Masa Pandemi
Taat aturan. Photo by Pixabay

Tidak semua karyawan mengutamakan peraturan. Bahkan, lebih banyak karyawan yang secara sembunyi-sembunyi melanggar aturan. Meskipun mereka melakukan hal tersebut dengan alasan yang jelas.

Sementara itu, karyawan yang loyal itu karyawan yang tidak ingin melanggar aturan. Ini menjadi bukti bahwa karyawan sangat menghargai perusahaan di mana ia bekerja saat itu. Ia tidak ingin merusak perusahaan dengan melanggar peraturan, sekalipun itu sepele.

Tanggung Jawab

Keuntungan kartu pra kerja
Bertanggung jawab dengan pekerjaan. Photo by Pexels

Karyawan yang loyal itu memiliki rasa tanggung jawab. Setiap kali ada pekerjaan yang didelegasikan, seorang karyawan yang loyal akan berusaha memenuhi tugas tersebut.

Inisiatif

Buat karyawan bahagia
Inisiatif. Photo by Pexels

Di setiap tanggung jawab, pasti ada tantangan. Seorang karyawan yang loyal tidak mengeluh. Mungkin ia tidak tahu apa yang harus dilakukan atau ada masalah yang pemimpin perusahaan sekalipun tidak bisa memecahkan masalah tersebut. Namun, karyawan yang baik selalu mencari inisiatif agar tanggung jawabnya terpenuhi, bukan mengeluh dengan kondisi atau masalah yang ia hadapi.

Baca juga: Ingin Cepat Dapat Pekerjaan? Pelajari Bahasa Asing Ini

Passionate

Peka dengan membantu rekan kerja
Passionate. Photo by Pexels

Ini indikator loyalitas karyawan yang paling penting. Apakah seorang karyawan passionate atau memiliki gairah yang tinggi di pekerjaan dan posisinya? Jika ya, sangat mudah sekali bagi karyawan tersebut untuk semakin loyal dengan perusahaan. Karena apa yang ia kerjakan sesuai dengan apa yang ia inginkan.

Cara Agar Loyalitas Karyawan Naik

Indikator Loyalitas Karyawan
Cara meningkatkan loyalitas karyawan. Photo by Pexels

Setelah tahu indikator loyalitas karyawan, pemimpin perusahaan tidak boleh diam begitu saja. Harus ada hal yang bisa membuat loyalitas tersebut terjaga atau bahkan semakin tinggi.

Yang pertama, seorang pemimpin harus memberikan apresiasi kepada karyawan yang penuh dedikasi terhadap perusahaan. Apresiasi bisa berupa penghargaan, kenaikan gaji, atau bahkan promosi jabatan.

Apakah hanya itu saja yang bisa dilakukan? Tentu saja tidak. Ada hal lain yang bisa dilakukan. Yaitu dengan memberikan kesempatan bagi karyawan yang loyal agar lebih berkembang. Kirim karyawan ke seminar yang sesuai dengan bidang, skill, dan juga passion-nya.

Dan satu lagi. Berikan kesempatan yang lebih. Mungkin karyawan memiliki jabatan yang tidak begitu rendah. Namun, karena loyalitasnya, karyawan bisa diberikan kepercayaan yang lebih. Dengan harapan ia semakin merasa bagian penting dari perusahaan. Rasa memiliki perusahaan muncul dan ia pun akan semakin loyal

Jadi, tidak hanya indikator loyalitas karyawan saja yang harus diketahui. Setelah itu diketahui, harus ada hal lain yang harus dilakukan agar karyawan semakin loyal sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih kepada perusahaan. Ini poin terpentingnya.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai