Perhatikan Hal-Hal Ini untuk Gerakan Hemat 2019

Gerakan Hemat 2019
Waktu baca: 2 menit

Hemat merupakan lifestyle yang saat ini banyak diikuti oleh banyak orang. Hemat tidak selalu memiliki arti pas-pasan. Hemat juga bisa berarti hanya memenuhi kebutuhan bukan keinginan. Dengan begitu orang yang hemat dapat mempertebal tabungannya atau bisa mengalihkan dana tersebut pada hal-hal yang lebih menguntungkan seperti investasi. Untuk gerakan hemat 2019, kamu bisa melakukan beberapa hal yang sebenarnya cukup sederhana. Hal-hal ini harus diperhatikan karena bisa menjadi gebrakan hemat 2019 terbesarmu tahun ini. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan untuk lebih hemat di tahun ini? Simak ulasannya di bawah ini:

Lakukan Hal yang Lebih Bermanfaat dan Kurangi Nonton TV

Nonton TV tidak hanya buang waktu, tapi juga boros listrik. Untuk itu bagi kamu yang ingin memulai gerakan hemat 2019, maka harus mengurangi aktivitas nonton TV dan alihkan ke aktivitas yang lebih bermanfaat, seperti membaca buku, olahraga, berenang dan yang lainnya.

Cari Bank yang Lebih Menguntungkan di Tahun Ini

Bila ada bank yang memberikan keuntungan lebih, maka sebaiknya pindah saja ke bank tersebut. Ini bukan soal loyalitas, tapi soal kebutuhan. Sebenarnya, kamu tidak usah pindah. Kamu bisa mempunyai lebih dari satu rekening untuk keperluan yang berbeda.

Jangan Lupa Buat Daftar Belanjaan

Daftar belanjaan bisa menjadi rem yang paling ampuh saat belanja. Namun daftar belanja akan tetap percuma bila kamu tetap berbelanja hal-hal yang tidak ada di daftar tersebut. Untuk itu, dibutuhkan konsistensi dan kontrol diri yang tinggi.

Tidak Usah Kumpul di Luar, Kamu Bisa Saling Berkunjung Rumah Teman

Bila tahun lalu kamu dan teman-teman sering menghabiskan waktu di luar untuk kumpul, maka untuk tahun ini lebih baik kamu dan teman-temanmu berkumpul di rumah saja. Kamu dan teman-temanmu bisa saling bersilaturahmi satu sama lain.

Baca juga: 7 Resolusi Tahun 2019 untuk Hidup yang Lebih Baik

Pisahkan Barang yang Sudah Tidak Terpakai dan yang Masih Terpakai

Barang yang sudah tidak terpakai hanya menambah sesak ruangan. Lebih baik kamu menyingkirkan barang-barang tersebut. Kamu bisa membuangnya atau yang masih layak bisa diberikan pada orang yang membutuhkan atau mungkin dijual untuk menambah penghasilan. Dengan begitu, kamu membuat ruangan terasa lebih luas dan suasana baru tanpa barang-barang yang tidak terpakai tersebut. Hemat 2019 membuat hidupmu lebih nyaman.

Kurangi Minuman Kemasan dan Banyak-Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan air yang paling direkomendasikan untuk menghilangkan dahaga. Jadi, di langkah hemat 2019 ini, ada baiknya kamu lebih banyak meminum air putih dibanding air kemasan yang berperisa. Bahkan air putih lebih sehat dibanding air kemasan yang sudah dicampurkan beberapa bahan yang tidak sehat.

Masak di Rumah Jauh Lebih Baik, untuk itu Hindarilah Fast Food

Seperti yang kita tahu, fast food tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Lebih baik masak di rumah dengan menu makanan sehat. Hemat 2019 juga berarti kamu lebih peduli pada kebutuhan dan kesehatan tubuhmu.

Hemat Listrik

Hemat listrik merupakan bagian dari hemat 2019. Bila tidak digunakan, sebaiknya matikan lampu. Ini merupakan sebuah kebiasaan boros yang tidak disadari. Padahal membiarkan lampu tetap menyala dapat membuat tagihan listrik bengkak.

Kalau Bisa, Hindari Kartu Kredit

Kartu kredit memang memiliki banyak sekali manfaat yang tidak bisa dihitung. Namun kamu juga harus sadar bila tidak digunakan secara bijak, kartu kredit bisa saja menjebakmu. Ini merupakan gerakan hemat 2019. Kamu harus menggunakan kartu kredit secara bijak. Kalau bisa, kurangilah penggunaan kartu kredit.

Baca juga: 5 Cara Bijak Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Cari Alternatif Tabungan Lain

Kamu bisa mencari alternatif tabungan lain berjangka panjang. Salah satu jenis tabungan yang bisa kamu pilih adalah investasi milenial atau peer to peer lending. Ini merupakan jenis investasi yang bukan berupa barang sehingga kamu bisa langsung merasakan keuntungannya. 

You may also like...

Leave a Reply