Yuk Mulai Lakukan Cara Mengatur Uang Bulanan

Cara mengatur uang bulanan.
Cara mengatur uang bulanan. Photo by Pexels
Waktu baca: 2 menit

Uang bulanan kerap kali sulit untuk dikelola. Saat uang bulanan turun, biasanya seseorang merasa terlena dan pada akhirnya membuat dirinya untuk menggunakan uang tersebut meskipun sebenarnya hal yang dibayarkan tidaklah terlalu mendesak. Padahal, jika kamu tahu cara mengatur uang bulanan bisa diberdayakan dengan lebih baik untuk kebutuhan atau investasi, yang salah satunya mungkin bisa sebagai modal usaha kecil dan menengah.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Kali ini, akan dibahas mengenai beberapa tips serta bagaimana cara mengatur uang bulanan yang dimiliki agar lebih bermanfaat untuk dirimu sendiri.

Membuat anggaran rencana belanja selama 1 bulan

Cara mengatur uang bulanan.
Membuat anggaran belanja 1 bulan. Photo by Pixabay

Hal utama yang perlu dilakukan saat menerima uang bulanan adalah dengan membuat anggaran terlebih dahulu mengenai rencana belanjamu selama 1 bulan. Rencana tersebut diprioritaskan kepada hal–hal meliputi kebutuhan serta apapun yang mendesak. Sedangkan untuk hal yang hanya meliputi keinginanmu, janganlah ditulis terlebih dahulu.

Pastikan bahwa urutan prioritasmu benar dan tidak salah. Jangan lupa untuk lebih memprioritaskan uang untuk menabung dibandingkan dengan hal – hal yang sedang kamu inginkan. Sehingga seberapa banyak yang digunakan uang untuk keinginanmu akan tetap memiliki budget tabungan setiap bulannya.

Baca juga: Tips dan Trik Mengatur Keuangan untuk Hadapi New Normal

Melunasi utang–utang serta cicilan yang kamu miliki

Bayar utang.
Bayar utang. Photo by Republika

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah dengan melunasi utang–utangmu terlebih dahulu, termasuk dengan cicilan–cicilan yang kamu miliki. Ingatlah, bahwa utang dan cicilan memiliki keterkaitan dengan orang lain. Jangan sampai orang lain merasa tidak nyaman dengan kamu telat membayar utang serta cicilan yang sudah disepakati. Untuk itu, ada baiknya kamu memprioritaskan utang dan cicilan untuk dibayarkan lebih dulu dibandingkan dengan kebutuhanmu yang lainnya.

Hindari menggunakan uang bulanan terlebih dahulu untuk keperluan lainnya dan membuat utang dan cicilanmu terbengkalai. Tentunya hal itu akan membuat dirimu kesulitan nantinya, entah itu mendapat teguran atau mungkin menambahkan bunga ke dalam hutan dan cicilan yang kamu miliki.

Memiliki dua rekening

Pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis.
Pisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis. Photo by Pixabay

Terakhir, yang mungkin dapat dilakukan oleh kamu adalah dengan memiliki 2 rekening. Rekening pertama dapat kamu gunakan untuk melakukan segala transaksi, baik itu saat penerimaan gaji maupun saat mengeluarkan uang untuk berbagai macam pembayaran. Sedangkan 1 rekening lainnya dapat digunakan sebagai tempat menabung atau investasi yang jumlah uangnya tidak akan diambil lagi dalam jangka waktu dekat. Dengan cara seperti ini, cukup memberikanmu motivasi untuk melakukan pengelolaan yang baik terutama untuk urusan menabung agar dapat digunakan di kemudian hari di waktu yang mendesak.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai cara mengatur uang bulanan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untukmu agar keuanganmu dapat diatur dengan baik.

Mungkin Anda juga menyukai