Cara Mendapatkan Uang dari Internet Sebagai Fresh Graduate

Cara mendapatkan uang dari internet.
Cara mendapatkan uang dari internet. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang sudah lulus S1 tentu ingin langsung dapat kerja. Tapi hal ini terkadang sulit dilakukan. Karena belum memiliki pengalaman kerja banyak, peluang mendaftar menjadi lebih sempit. Untuk solusi hal ini, kamu bisa gunakan cara mendapatkan uang dari internet sebagai pemasukan sementara plus mencari pengalaman kerja.

Pilihan Pekerjaan Internet Lebih Mudah Didapat

cara mendapatkan uang dari internet
Pilihan pekerjaan di internet. Photo by @dadaben_

Mengumpulkan pengalaman kerja yang paling mudah adalah melakukan freelance di internet. Kamu tidak harus mengambil pekerjaan yang besar. Cukup ambil job kecil yang barrier-nya mudah di tembus. Jika sudah dapat job, kamu bisa mudah berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain sebagai freelancer.

Untuk cara–cara mendapatkan uang dari internet ini, ada beberapa hal mudah yang bisa kamu gunakan.

Cari Lowongan Freelance

cara mendapatkan uang dari internet
Cari lowongan freelance. Photo by Pexels

Cara yang paling mudah adalah mencari lowongan freelance. Beberapa website cari kerja memiliki kategori freelance dan part time di dalamnya. Menggunakan kategori ini, kamu akan melihat pilihan pekerjaan seperti translator, content writer, pembuatan gambar pemasaran dan lain – lain.

Barrier dari freelance ini akan lebih mudah ditembus dibandingkan lowongan di kantoran. Freelance juga tidak mengikat. Jadi, kamu masih bebas mengambil beberapa pekerjaan freelance lain jika perlu. Dari sini, kamu akan mendapatkan pemasukan sambil mempersiapkan diri dalam pengalaman kerja.

Mencoba Membuka Usaha Sendiri

belajar affiliate marketing gratis
Mencoba buka usaha sendiri. Photo by @adeolueletu

Membuka usaha sendiri juga bisa dilakukan. Untuk membuka sendiri, kamu bisa coba web toko online. Tempat seperti YouTube juga bisa jadi tempat untuk menghasilkan uang. Blog bisa jadi tempat untuk memulai membuat content sendiri dan menyebarkannya di internet.

Menggunakan blogger misalnya, kamu bisa membuat portofolio sendiri. Jika ada yang membutuhkan keahlianmu, web tersebut bisa jadi platform kerjamu. Membuat tempat kerja sendiri tidak harus sewa toko. Cukup dengan website sendiri, kamu bisa buka usaha yang sukses.

Baca juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Indonesia?

Menggunakan Platform Social Media

Social media specialist.
Gunakan platform social media. Photo by @katerinapavlickova

Social media bisa dijadikan senjata untuk menjalin koneksi, membuka usaha sendiri ataupun mencari kerja online. Kamu bisa manfaatkan LinkedIn untuk kebutuhan koneksi kerja. Biasanya di sini, kamu bisa memperkenalkan identitas freelance yang dijalankan. Banyak orang bahkan mendapatkan kerja dengan menghubungi langsung partner kerja mereka dari sini.

Instagram bisa jadi platform untuk jualan dan promosi. Jika kamu buka usaha sendiri, koneksi dengan konsumen bisa lewat platform ini. Banyak juga yang menjadi sukses karena berhasil viral dengan menggunakan social media.

Tips Sukses untuk Dapatkan Uang Dari Internet

Tips dapatkan uang dari internet Photo by Fox Business

Jika kamu ingin lebih sukses ada beberapa tips yang bisa digunakan. Walaupun peluang bagi fresh graduate untuk langsung sukses kecil di dunia online, ada cara untuk melakukannya. Beberapa pihak bahkan sukses di jalur freelance dan tidak mencari pekerjaan di kantoran. Berikut adalah tips sukses tersebut:

  • Pastikan belajar soal SEO. Untuk memastikan konten dan usahamu bisa dilihat lebih banyak orang, kamu harus belajar soal ini. SEO adalah optimasi untuk search engine. Semakin baik teknik SEOmu, makin mudah juga konten usaha yang kamu lakukan dapat ditemukan secara online.
  • Proaktif dan terus berusaha. Untuk dapat sukses di dunia online, kamu harus proaktif. Saat membuat iklan, jangan hanya menaruhnya di satu tempat. Sebarkan di platform social media, YouTube ataupun Instagram.
  • Branding dan promosi adalah step penting. Semakin nama brandmu tersebar, makin banyak orang akan tahu tentang usahamu. Dalam usaha online, hal ini bisa membuat kesempatan banyak client meningkat.

Sekian bahasan untuk cara mendapatkan uang dari internet. Mudah–mudahan bahasan ini berguna bagi kamu. Terima kasih sudah membaca!

Mungkin Anda juga menyukai