Di Usia Berapakah Idealnya untuk Mendapatkan 100 Juta Pertama?

ilustrasi setumpuk uang
Di Usia Berapakah Idealnya untuk Mendapatkan 100 Juta Pertama? Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Memang betul uang bukanlah segalanya, namun tidak bisa dipungkiri segalanya tetap membutuhkan uang. Dari waktu ke waktu uang menjadi alat untuk memenuhi kebutuhan pokok demi keberlangsungan hidup. Tujuan orang memang berbeda-beda tetapi setiap orang di dunia ini tetap mempunyai tujuan yang sama, yaitu mencari uang.

Berbicara mengenai uang, berapakah usia yang tepat untuk mendapatkan 100 juta pertama? Umur 20-an? Umur 30-an? Umur 40-an? Atau saat kamu masih belasan tahun? 

Apakah mendapatkan uang 100 juta pertama di usia 25 tahun merupakan sebuah kesuksesan? Atau baru bisa mendapatkan 100 juta pertama di usia 40 tahun merupakan sebuah kegagalan?

Tidak ada patokan usia ataupun waktu yang ideal bagi seseorang untuk mendapatkan 100 juta pertama! Setiap individu memiliki goals hidupnya masing-masing. Uang 100 juta ditabungan juga bukan menjadi tolak ukur kesuksesan juga!

Tetapi tidak ada salahnya kan untuk mencoba bagaimana cara mendapatkan 100 juta pertama? Mau berapa usiamu tidak pernah ada kata terlalu dini ataupun sudah telat untuk meraihnya.

Baca juga: Latihan Ini Bisa Kamu Pakai Sebagai Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Menabung

Cara Mendapatkan 100 Juta Pertama

Uang
Mendapat 100 juta pertama. Photo by @mufidpwt
  1. Tentukan Target

Setiap orang tentunya memiliki target dalam hidupnya. Ada yang memiliki target untuk mempunyai rumah sendiri sebelum usia 30 tahun, ada yang memiliki target untuk dapat financial freedom di masa tuanya dan berbagai hal lainnya. Tentunya untuk meraih hal-hal tersebut harus menentukan target. Sama hal nya dengan mendapatkan uang 100 juta pertama. Untuk mendapatkan uang 100 juta kamu harus mempuyai target! Dimulai dari bagaimana cara mendapatkannya hingga jangka waktu yang sudah kamu tentukan untuk mendapatkannya. 

  1. Stop Menghayal, Mulailah Membuat Rencana dan Bergerak

Memiliki 100 juta bukanlah khayalan, lho! Semuanya tentu saja dapat tercapai. Kalau kamu hanya diam dan menghayal saja ya pastinya tidak akan tercapai apa yang kamu harapkan. Mulailah membuat rencanamu sendiri dan merealisasikan rencana tersebut! Tidak usah menuntut dengan pergerakan yang besar. Pergerakan kecil namun tetap konsisten tetap bisa membawa perubahan. “A Baby Step Forward Is Still Progress!” 

  1. Atur Gaya Hidup

Membeli kopi seharga 50 ribu setiap hari, memesan makanan online seharga 35 ribu setiap hari, belanja online setiap minggunya dan pengeluaran-pengeluaran lainnya di luar dari kebutuhanmu. Kira-kira kalau dihitung cukup konsumtif juga bukan? Terkadang gaya hidup juga dapat menghambat targetmu untuk mecapai 100 juta pertamamu lho! Cobalah untuk lebih selektif dalam mengeluarkan dana. Keinginanmu belum tentu menjadi kebutuhanmu!

  1. Selalu Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Untuk mengontrol keuanganmu, sangatlah penting jika kamu selalu mencatat pengeluaran dan pemasukan. Dengan membuat “Laporan Keuangan”mu sendiri, kamu dapat memastikan bahwa pengeluaranmu tidak melebihi dari penghasilanmu. Selain itu, kamu dapat memantau perkembangan keuanganmu melalui catatan yang kamu buat. 

  1. Selalu Sisihkan Pendapatan untuk Ditabung

Biasakan untuk selalu menyisihkan pendapatan yang kamu peroleh untuk kamu tabung. Setiap kamu menerima gaji, cobalah untuk menyisihkan 20% hingga 30% dari pendapatanmu untuk kamu tabung. Dengan begitu kamu akan terbiasa untuk menabung setiap bulannya.

  1. Mencari Uang Tambahan di Luar dari Pendapatan Utama

Mengatur keuanganmu dengan baik tentunya sangat penting, tapi jika pendapatanmu tidak bertambah akan terasa cukup sulit untuk bisa mendapatkan 100 juta. Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk menghasilkan lebih di luar dari pendapatan utamamu. Selain itu kamu juga dapat mengembangkan potensi dirimu juga!

  1. Berinvestasi

Investasi tetap menjadi cara yang ampuh untuk mengumpulkan uang. Saat ini instrumen investasi sangatlah beragam seperti; saham, reksa dana, obligasi, P2P Lending dan juga mata uang kripto (cryptocurrency). Kamu dapat memulainya sesuai instrumen investasi yang paling kamu pahami.

Memiliki 100 juta ditabunganmu bukanlah sekedar angan-angan. Banyak jalan untuk meraihnya disaat kamu memiliki tekad yang kuat. Memang tidak mudah untuk meraihnya, akan tetapi usaha tidak akan mengkhianati hasilnya.

Semoga tips-tips ini bisa menginspirasi kamu ya. Selamat Mencoba!

Artikel Lainnya