Begini Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dan Keuntungannya

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian
Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian. Photo by Pegadaian
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Menabung emas di Pegadaian bukanlah hal baru. Dan itu bisa sangat menguntungkan. Tapi tahukah kamu cara mencairkan tabungan emas Pegadaian?

Emas memang menjadi salah satu instrumen yang sangat tepat untuk di tabung. Tidak terkecuali di Pegadaian. Menabung emas di sana bisa memberi banyak keuntungan. Dan lagi, untuk proses pencairan tabungannya pun bisa mudah dilakukan.

Baca juga: 8 Produk Pegadaian Syariah yang Perlu Diketahui

Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Tabungan emas mudah dicairkan. Photo by Pixabay

Secara umum, pencairan tabungan ini bisa dilakukan online maupun offline. Yakni lewat outlet Pegadaian pembuat tabungan emas atau lewat aplikasi Pegadaian Digital. Namun untuk bentuk pencairannya sendiri, ada dua cara yang bisa dipilih. Yaitu:

  • Jual Kembali Emas ke Pegadaian

Cara pertama yaitu dengan menjual kembali emas ke Pegadaian. Kamu bisa jual secara langsung emas itu dengan cepat memakai metode ini. Cuma butuh waktu singkat dan tabungan emas bisa segera dicairkan.

Bisa dibilang, secara tak langsung kamu menerima tabungan emas dalam bentuk uang. Di mana nilai uang yang akan kamu dapat sesuai dengan harga emas yang ada di pasaran. Jadi kamu tak perlu khawatir saat menjualnya.

Cara ini tentu tepat bagi nasabah yang ingin mendapat uang cepat. Karena pihak Pegadaian juga pasti akan senang hati menerimanya. Yang perlu diperhatikan, pastikan saldo di tabungan setidaknya ada senilai 1 gram emas.

  • Cetak Tabungan Emas Menjadi Bentuk Fisik

Selain menjual kembali ke Pegadaian, kamu juga bisa mencetak emas ke bentuk fisik. Jadi kamu akan mendapatkan hasil tabungan dalam bentuk emas batangan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan disini.

Sebelumnya, kamu harus buat pengajuan cetak lebih dulu ke pihak Pegadaian. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya cetak senilai berat emas. Kemudian untuk penyerahan emas fisiknya akan dilakukan setelah pencetakan selesai.

Ketika kamu memilih cara mencairkan tabungan emas Pegadaian ini ada opsi berat fisik emas yang bisa dipilih. Diantaranya yaitu 1, 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Emas fisik ini akan kamu terima lengkap dengan sertifikatnya. Di mana itu sebagai bukti bahwa emas tersebut asli.

Baca juga: Inilah Alasan Milenial Cocok untuk Investasi Emas

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Keuntungan menabung emas di Pegadaian. Photo by Pegadaian

Menabung emas di Pegadaian memang menguntungkan. Tidak heran jika banyak orang memiliki tabungan ini. Nah, beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Harga Emas Cenderung Stabil

Emas adalah satu-satunya instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi. Jadi kamu tidak perlu khawatir harganya akan anjlok saat tengah krisis ekonomi.

Bisa dikatakan, harga emas selalu stabil bahkan cenderung terus naik. Kalau pun mengalami penurunan, angkanya tidak terlihat signifikan.

Sementara itu, harga emas di Pegadaian tidak jauh berbeda dengan di pasaran. Kamu tidak akan dibuat rugi. Sebaliknya, kamu bisa merasakan keuntungannya secara langsung. Semua hal ini jelas berbeda dengan bila kamu investasi saham. Yang mana nilainya selalu naik turun tidak menentu.

  • Risiko Tidak Terlalu Besar

Karena harga emas cenderung stabil, risiko yang dimiliki tidak terlalu besar. Hal itu tentu berbanding terbalik jika kamu ikut investasi yang lain. Seperti saham, reksadana, deposito, barang mewah atau lainnya. Semuanya itu dapat mengalami penurunan harga di beberapa tahun ke depan.

  • Mudah Dicairkan

Ada dua cara mencairkan tabungan emas Pegadaian. Dan itu sudah dijelaskan di atas. Kedua cara itu sama-sama mudah, prosesnya pun tidak memerlukan waktu terlalu lama. Jadi tidak ada masalah untuk hal ini.

  • Bisa Didapat dengan Harga Terjangkau

Di pegadaian, kamu bisa membeli emas dengan harga terjangkau. Ketika sudah memiliki rekening tabungannya pun kamu bisa menambah saldo secara fleksibel. Tidak harus setor uang senilai harga emas 1 gram. Kamu cukup menyetor saldo tabungan dimulai dari senilai 0,01 gram.

  • Aman dan Tepercaya

Tidak perlu khawatir untuk menabung emas di Pegadaian. Karena perusahaan ini berada di bawah BUMN. Jadi sudah pasti kamu akan mendapatkan jaminan keamanan. Dan lagi, legalitasnya sudah terbukti dan tepercaya.

Nah, sekarang kamu sudah tahukan cara mencairkan tabungan emas Pegadaian? Tidak sulit dan yang pasti menguntungkan. Kamu tidak akan rugi memiliki tabungan ini.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai