Ini Biaya yang Perlu Disiapkan untuk Liburan ke Maldives

Biaya liburan ke Maldives
Biaya yang dibutuhkan untuk liburan ke Maldives. Photo by Hellotravel
Waktu baca: 3 menit

Maladewa, atau kamu mungkin lebih mengenalnya dengan nama Inggrisnya, Maldives, adalah sebuah negara kepulauan kecil yang indah. Karena keindahannya, banyak orang yang memilihnya sebagai tujuan utama liburan mereka. Sayangnya, masih banyak orang yang memandang bahwa liburan ke Maldives hanya untuk kalangan berduit. Sebelum kamu juga berpikir begitu, kamu harus tahu biaya liburan ke maldives. Oke, langsung saja!

Transportasi

biaya liburan ke Maldives
Transportasi jarak jauh. Photo by Pixabay

Pertama, kamu harus tahu berapa budget yang dibutuhkan untuk pergi ke negara kepulauan yang indah ini. Tentunya, kamu tidak mau pergi dengan kapal laut, bukan? Jadi, satu-satunya pilihan adalah pesawat terbang.

Untuk ke Maldives, kamu bisa memakai penerbangan dari maskapai bernama Scoot. Untuk biayanya, sekali terbang kesana, kamu harus membayar Rp1,9 juta untuk satu orang. Jadi, kalau mau bolak balik, setidaknya kamu harus menyediakan budget sebesar Rp4 juta per orang. Biasanya, kamu dapat memperoleh diskon atau harga murah, kalau kamu membeli tiket PP, atau memakai poin/bonus dari kartu kreditmu.

Akomodasi

Hotel untuk menginap.
Hotel untuk menginap. Photo by @martenbjork

Biaya akomodasi juga penting untuk diperhatikan. Tarif standar untuk menginap di hotel bagus di Maldives adalah mulai dari Rp600 ribuan. Jadi, setidaknya, kamu butuh biaya liburan ke maldives Rp5 juta untuk akomodasi, bila kamu ingin disana lebih lama.

Kalau kamu ingin menginap di resort mewah, Maldives juga memiliki banyak pilihan. Salah satunya cabang Sheraton Hotel disana. Untuk kamar terbaik, kamu butuh biaya setidaknya Rp4 juta untuk semalam. Tapi, bila ada promo, kamu bisa mendapatkan tarif Rp8 juta untuk 3 malam. Kalau biaya ini terlalu mahal, kamu bisa memakai hotel dengan tarif Rp600.000.

Baca juga: Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau

Transportasi Lokal

Transportasi lokal.
Kapal kecil jadi transportasi lokal. Photo by Pexels

Masukkan juga biaya transportasi lokal dalam biaya liburan ke maldives kamu. Kamu akan mengunjungi berbagai pulau kecil dan tempat-tempat eksotis disana. Dan, ada banyak pilihan transportasi lokal yang bisa dipilih, seperti kapal feri, speed boat atau pesawat kecil.
Untuk menghemat dana, kamu bisa memakai kapal feri. Tarifnya hanya Rp20.000-an. Jadi, kalau kamu berlibur di Maldives selama 5 hari, kamu hanya perlu Rp100.000 untuk transportasi lokal.

Makan dan Minum

Makan dan minum di Maldives.
Makan dan minum di Maldives. Photo by Swan Tour

Untuk biaya liburan ke maldives yang satu ini, ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan. Yang pertama, kamu bisa menginap di resort mewah dengan harga yang sudah dijelaskan diatas. Bila kamu memilih resort mewah, biaya akomodasi juga termasuk dengan biaya makan untuk pagi, siang atau malam. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal makan. Kecuali, bila kamu ingin mencoba masakan lokal di area luar resort.

Kalau kamu menginap di hotel sederhana, kamu harus menyediakan budget tersendiri, untuk membeli makan dan minum. Setidaknya, uang yang kamu keluarkan untuk sekali makan adalah Rp100.000. Jadi, tergantung berapa kali kamu makan, kamu bisa menghitungnya dari situ. Misalnya, kamu tinggal selama 5 hari, dan 3 kali makan sehari. Maka, kamu harus menyediakan biaya makan dan minum sebesar Rp1,5 juta.

Oleh-Oleh dan Souvenir

Souvenir di Maldives
Oleh-oleh atau souvenir yang ada di Maldives. Photo by Holidify

Bukan namanya orang Indonesia, kalau pulang berlibur tanpa membawa oleh-oleh dari tempat liburan untuk sanak keluarga dan kerabat di tanah air. Untuk liburan Maldives, kamu perlu menyediakan biaya liburan ke maldives untuk hal ini sebesar Rp500.000-an. Itu juga tergantung jenis souvenir yang kamu beli. Kamu mungkin perlu dana lebih dari itu, bila kamu memilih oleh-oleh mahal. Tapi, untuk yang sederhana, dana sebesar itu sudah cukup banyak.

Total biaya yang harus kamu persiapkan untuk berlibur ke Maldives, berdasarkan rincian diatas, dapat mencapai kurang lebih Rp6 juta per orang. Kalau kamu bepergian bersama keluarga, biaya yang dibutuhkan tentunya akan menjadi lebih besar. Namun, coba cari paket wisata keluarga, yang biasanya menyediakan diskon dan promo yang bisa menghemat budgetmu.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Maldives? Dengan biaya liburan ke maldives sebesar itu, mungkin kamu merasa itu terlalu mahal. Tapi, pengalaman liburan yang tak terlupakan di sana, sebanding dengan biaya yang kamu keluarkan.

You may also like...

Leave a Reply