8 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun yang Perlu Diketahui Para Karyawan

Ilustrasi orang akan menabung
8 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun yang Perlu Diketahui Para Karyawan. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Tidak sedikit yang dibuat penasaran dengan cara menabung 50 juta dalam setahun, terutama para karyawan yang cenderung merasa memiliki banyak pengeluaran. Adanya tujuan yang ingin dicapai seperti menikah, beribadah haji, hingga mempersiapkan dana pensiun sudah seharusnya menjadi pemacu target menabung 50 juta ini bisa terlaksana. Namun, bagaimana caranya?

8 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun

Menabung.
Menabung. Photo by Pexels

Setiap orang mempunyai penghasilan dan kemampuan menabung yang berbeda tiap bulannya. Beberapa hanya bisa menabung 500 ribu hingga 1 juta per bulan, itu pun setelah mengerahkan berbagai upaya. Jika sebagai karyawan Kamu memiliki penghasilan lebih misal 10 juta atau malah lebih, berarti sebenarnya ada peluang besar bisa menabung 50 juta dalam setahun. 

Coba saja dihitung, setiap bulan menerima gaji 10 juta. Artinya dalam satu tahun Kamu mendapatkan 120 juta. Adapun 50 juta tidak lebih dari separuhnya gaji yang Kamu dapatkan, itu pun di luar gaji ke-13 atau tunjangan hari raya yang biasanya jumlahnya lumayan. Lantas, mengapa ragu bisa menabung 50 juta dalam setahun? Berikut caranya:

  • Menekan Gaya Hidup Konsumtif

Cara menabung 50 juta dalam setahun pertama adalah dengan menekan gaya hidup konsumtif. Terlalu mengejar gaya hidup hanya akan menghambat upaya Kamu menabung dan malah berisiko membuka pintu hutang. Karenanya selalu hemat dan gunakan uang sesuai kebutuhan. Agar lebih semangat menabung Kamu bisa mencari cara menabung yang unik.

  • Mengalihkan Pengeluaran Kurang Penting ke Investasi

Coba susun daftar kebutuhan bulanan Kamu. Cek adanya anggaran kurang penting untuk dialihkan ke investasi. Sebagai contoh, anggaran untuk membeli smartphone baru yang sebenarnya belum mendesak dialihkan untuk menanam modal di sejumlah instrumen investasi.

  • Membuka Rekening Baru

Buka rekening baru khusus untuk target menabung 50 juta. Adanya rekening baru memudahkan Kamu untuk melakukan pemantauan sejauh mana progress dari upaya menabung yang dilakukan. Secara tidak langsung dengan melihat nominal yang sudah berhasil di tabung juga akan memberi suntikan motivasi tersendiri untuk terus menabung sampai mencapai target.

  • Komitmen

Salah satu hal yang kerap membuat cara menabung 50 juta dalam setahun tidak berhasil adalah kurangnya komitmen. Setelah Kamu berhasil menekan gaya hidup dan menabungkan sejumlah uang di rekening baru, usahakan agar komitmen itu terus terjaga. Kamu harus tetap konsisten melakukan cara-cara yang sudah terbukti ampuh untuk menabung dan pastikan tidak pernah tergoda untuk menggunakan uang yang sudah berhasil ditabung.

  • Menjual Barang-Barang Bekas

Setelah sekian waktu berhasil menabung dan memantau nominal tabungan di rekening baru, mungkin Kamu merasa masih belum cukup untuk mencapai target 50 juta di akhir tahun. Jika memang demikian, Kamu perlu mencari tambahan uang selain gaji sebagai karyawan. Misalnya menjual barang-barang bekas.

Cek isi lemari bisa jadi Kamu memiliki pakaian, sepatu, atau tas branded yang sudah tidak digunakan tapi masih bagus. Bersihkan pula isi rumah mungkin ada buku atau barang-barang bekas yang bisa dijual secara online. Pastikan memasang harga yang sesuai dengan kondisi. Jika Kamu bisa sukses menjual barang bekas milik sendiri, siapa tahu di kemudian hari bisa menjualkan milik teman yang tentu akan memberi tambahan pundi-pundi uang tersendiri.

  • Mencari Pekerjaan Sampingan

Cara menabung 50 juta dalam setahun lainnya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan. Cara ini bisa dilakukan hanya jika Kamu memiliki waktu lebih dan dirasa tidak akan menguras banyak tenaga ataupun waktu. Pekerjaan sampingan yang cukup hemat waktu tapi menghasilkan misalnya menjadi penulis freelance. Kamu bisa memanfaatkan akhir pekan untuk melakukan pekerjaan ini.

  • Menjadi Reseller

Sebagai karyawan tentu Kamu akan memiliki banyak kenalan sesama karyawan. Baik karyawan dari perusahaan yang sama atau tidak. Lingkup pertemanan Kamu bisa digunakan sebagai ladang berjualan. Tidak harus menyetok barang sendiri, Kamu bisa menjadi reseller yang notabene pekerjaannya cukup mudah. Tinggal memasang iklan di media sosial dan memproses setiap pesanan.

Hanya saja mengingat pekerjaan utama Kamu sebagai karyawan, sebaiknya Kamu memasang jam operasional reseller. Agar kegiatan sampingan untuk menambah uang tabungan ini tidak mengganggu pekerjaan di kantor.

  • Berjualan Pulsa

Sekali lagi memanfaatkan link pertemanan Kamu di perusahaan, Kamu bisa menambah uang tabungan dengan berjualan pulsa. Di era digital sekarang ini bisa dibilang semua orang membutuhkan pulsa, apalagi teman-teman karyawan Kamu. Jika Kamu memiliki puluhan kenalan dan setiap minggunya mereka membeli pulsa, banyaknya berapa besar pundi-pundi yang Kamu hasilkan dari jualan pulsa.

Pendapatan dari tiap transaksi juga terbilang lumayan. Rata-rata 1000-2000 per transaksi. Misal dalam satu hari ada 10 transaksi, maka Kamu bisa mengantongi 20.000 uang tambahan. Jika dikalikan 30 hari, maka ada tambahan 600 ribu masuk ke tabungan. Jika dikali 12 bulan hasilnya 7,2 juta. Tentu ini cukup membantu mensukseskan cara menabung 50 juta dalam setahun.

Artikel Lainnya