6 Tips Cerdas Menabung untuk Beli Mobil

Menabung untuk beli mobil
Tips menabung untuk beli mobil. Photo by My Vehicle
Waktu baca: 4 menit

Kendaraan adalah barang mewah yang sangat dibutuhkan oleh mayoritas orang saat ini. Kenapa demikian? karena saat ini mobil tidak lagi dipandang sebagai barang elite, namun lebih kepada pemenuhan atas kebutuhan mobilitas yang semakin tinggi. Ya, silaturahim, pekerjaan, refreshing memerlukan media mobil untuk mempermudah. Sayangnya, membeli mobil tidak semudah membalik telapak tangan. Harganya fantastis dan kamu perlu menabung untuk mendapatkannya. Meski harganya mahal, namun bukan berarti mustahil bagi kita untuk memilikinya. Salah satunya adalah dengan tips cerdas menabung untuk beli mobil sebagai berikut:

Niat dan komitmen

Fokus dalam pekerjaan
Niat, komitmen, dan fokus. Photo by @chaseelliottclark

Langkah pertama adalah, mantapkan niat dan komitmen. Selama ada niat, banyak jalan menuju Roma. Niat yang dibarengi dengan usaha dan komitmen akan membuahkan hasil. Jika tidak ada niat, perjalanan menabung sedikit banyak akan tersendat. Bulatkan niat, dan lampaui proses yang mungkin berat itu dengan sepenuh hati. Komitmen yang kuat dan selalu kembali kepada tujuan awal menabung membantu diri untuk sampai di tujuan dengan lebih cepat dan fokus. 

Sisihkan pendapatan bulanan

Simpanan untuk atur keuangan keluarga.
Sisihkan pendapatan bulananmu. Photo by @dhelentjaris

Pegawai biasanya  mendapatkan gaji setiap satu bulan sekali. Lain halnya dengan wirausahawan yang kalkulasi pendapatannya adalah sesuai dengan income hariannya. Sesuaikan dengan bagaimanakah proses mendapatkannya. Sisihkan uang gaji bulanan setiap bulannya, atau sisihkan pendapatan harian sesuai dengan persentase yang ingin ditabung, tanpa harus mengurangi jatah kebutuhan pokok dan modal yang akan di putar. Dari yang awalnya sedikit, jika dilakukan secara kontinyu akan semakin banyak. 

Kurangi aktivitas konsumtif

Sudahkah kurangi gaya hidup konsumtif?
Sudahkah kurangi gaya hidup konsumtif? Photo by Pexels

Sering kita dengar, seberapapun gajinya, jika pengelolaan keuangannya baik, akan cukup. kuotasi tersebut tentu banyak benarnya. Kegiatan konsumtif adalah kegiatan yang sebenarnya saya, kamu dan mereka tidak harus melakukannya. Kegiatan konsumtif identik dengan senang-senang, identik dengan mengikuti trend fashion, makan enak dan sebagainya. Sah-sah saja jika ini dilakukan oleh mereka yang kelebihan uang dan mudah membeli mobil tanpa harus menabung hingga puluhan tahun. Namun, bagi kamu yang ingin membeli mobil dengan harus menabung dulu, maka kurangi aktivitas konsumtif, kurangi kegiatan di luar selain bekerja, masak sendiri, dan pergunakan pakaian yang sudah ada.  

Buat target kendaraan apa yang ingin dibeli

tips menabung beli mobil
Terntukan target mobil yang diinginkan. Photo by Pixabay

Sebelum menabung, ada baiknya jika kamu survey terlebih dahulu apa kiranya jenis mobil yang ingin dibeli. Apakah jenis mobil sedan kecil yang cukup dikendarai 4 orang saja sehingga harganya lebih ekonomis, ataukah kamu ingin membeli kendaraan dengan ukuran yang lebih besar menyesuaikan dengan daya tampungnya. Buat target dan cek kisaran harganya sehingga kamu bisa memperkirakan besarnya tabungan yang perlu disiapkan. 

Baca juga: Perbandingan Mobil Baru dan Bekas yang Perlu Diketahui

Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Jumlah uang beredar bertambah banyak.
Sesuaikan harga mobil dengan anggaran yang ada. Photo by Pixabay

Membeli jenis mobil tentunya perlu menyesuaikan dengan seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan.  Agar tidak terkesan memaksa dan menyakiti diri sendiri, menyesuaikan jenis kendaraan yang akan dibeli dengan anggaran yang ada, sekaligus dengan kebutuhan masing-masing adalah cara yang bijak. Ketahui apakah kendaraan tersebut berfungsi untuk mobilitas saja, ataukah yang lain. 

Wajib bekerja dan mencari pemasukan sampingan

tips menabung beli mobil
Cari penghasilan tambahan. Photo by Pexels

Pertanyaannya, jika tidak bekerja, maka apa yang bisa ditabung? Oleh sebab itu, syarat wajib menabung yang pertama adalah memiliki pekerjaan. Apapun pekerjaannya, selama halal dan bergaji maka tidak ada satupun yang tidak mungkin, termasuk mewujudkan cita-cita membeli mobil. Agar lebih cepat prosesnya, cobalah untuk mencari pemasukan sampingan dengan menjalankan usaha kecil-kecilan, entah itu dengan bisnis online via wa, bisnis pulsa, dan masih banyak lagi. 

Tips menabung untuk beli mobil di atas, akan sangat membantu bagi kamu yang ingin menyisihkan pendapatan untuk membeli kendaraan pribadi. Saat ini, manfaat dan fungsi kendaraan pribadi sangat banyak, termasuk salah satunya adalah untuk mobilitas dengan bersama-sama keluarga. Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Selama ada keinginan dan niat yang bulat, disertai dengan usaha, apa yang diinginkan akan tercapai. Salah satunya adalah untuk mewujudkan mimpi memiliki mobil impian. Yuk, miliki mobil impian kamu dengan tips menabung untuk beli mobil di atas ya. 

Mungkin Anda juga menyukai