Urutan Cara Investasi Mata Uang Asing Lengkap Khusus untuk Pemula

Laju investasi mata uang asing
Urutan Cara Investasi Mata Uang Asing Lengkap Khusus untuk Pemula. Photo by @jsnbrsc
Bagikan:

Waktu baca: 4 menit

Mau belajar cara investasi mata uang asing? Jika ya, ini hal yang sangat baik sekali. Pasalnya, banyak orang yang mulai berinvestasi di valuta asing karena ikut-ikutan teman atau saudara lain. Mereka melihat keberhasilan orang lain setelah ikut investasi mata uang asing. Hingga akhirnya mereka juga mengeluarkan uang tabungan untuk membeli valuta asing.

Umumnya, mereka yang sekedar ikut-ikutan tersebut berakhir dengan kekecewaan. Bukannya untung malahan buntung. Karena banyaknya orang yang seperti ini, muncul anggapan bahwa investasi mata uang asing itu bohong-bohongan. Ini jenis investasi yang sama sekali tidak memberikan keuntungan.

Sebenarnya, yang salah adalah caranya, bukan investasinya. Saat mereka mulai berinvestasi di valuta asing, mereka hanya ikut-ikutan saja tanpa mempelajari terlebih dahulu cara investasi mata uang asing yang benar.

Untuk kamu yang saat ini benar-benar ingin mulai berinvestasi, pastikan kamu pelajari dulu secara matang. Kenapa? Supaya kamu tidak mengalami kegagalan seperti kebanyakan orang.

Pahami Dulu Apa Itu Valuta Asing

Valuta asing
Valuta asing. Photo by Pixabay

Hal pertama yang harus kamu pelajari adalah apa yang dimaksud dengan valuta asing. Banyak lho yang tidak paham tentang hal ini. Ada kesalahpahaman di mana valuta asing itu dianggap semua mata uang asing. Anggapan ini bukannya salah tapi kurang tepat.

Sebenarnya, pengertian dari valuta asing atau yang juga sering disebut dengan valas merupakan mata uang di seluruh dunia yang bisa diterima oleh banyak orang. Misalnya saja US Dollar. Ini jelas mata uang asing yang diterima oleh semua negara, bukan?

Uang asing diterima karena bisa digunakan untuk alat tukar internasional. Jadi, uang tersebut bisa kamu gunakan di berbagai negara, bukan hanya di Amerika Serikat saja.

Jadi, jelas kan mengapa valuta asing itu bukan semua mata uang? Apalagi jika kamu ingin investasi mata uang asing agar mendapatkan keuntungan. Jelas syarat utamanya adalah kamu harus memilih valas yang diterima banyak negara atau hampir semua negara yang ada di belahan dunia.

Baca juga: Jenis Investasi Jangka Pendek yang Sangat Menggiurkan

5 Tips Investasi Mata Uang Asing untuk Para Pemula 

Investasi mata uang asing
Tips investasi mata uang asing. Photo by Pexels

Sudah siap untuk belajar tentang cara investasi mata uang asing? Belajar ini proses yang sangat penting. Karena dengan belajar, sebenarnya kamu sedang menurunkan atau menghilangkan risiko rugi saat sudah mulai berinvestasi.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu terlalu lama belajar. Cukup ketahui 5 tips berikut ini saja lalu kamu praktikkan sambil terus mengasah pengetahuan kamu tentang investasi valuta asing. 

Apa saja kelima tips yang dimaksud?

  1. Pilih Valas yang Menguntungkan 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada banyak sekali mata uang asing yang bisa dijadikan sebagai investasi. Namun, masing-masing valas tersebut memiliki persentase keuntungan yang berbeda-beda.

Pada intinya, valas yang paling banyak diterima oleh negara di dunia itu yang paling bagus. Namun, ini tidak absolut. Namanya nilai mata uang pasti ada naik dan turunnya.

Akan tetapi, memilih mata uang asing yang paling banyak diterima oleh negara-negara di dunia jauh lebih aman. Misalnya saja US Dollar. Siapa yang tidak menerima Dollar. Hampir semua negara di dunia menerima Dollar. Apalagi di Indonesia sendiri mata uang dollar cenderung naik secara stabil.

  1. Pilih Tempat Valuta Asing yang Resmi

Sekarang ini, semakin banyak orang yang ingin berinvestasi mata uang asing. Hal ini membuat banyak oknum memanfaatkan kondisi seperti itu. Mereka menawarkan investasi valas tapi sebenarnya itu penipuan.

Sebaiknya, pilih tempat yang resmi dan juga kredibel. Yang paling mudah adalah bank-bank yang ada di Indonesia. Atau sekarang juga sudah ada fintech yang menawarkan jual beli mata uang asing. Namun, pastikan fintech yang kamu pilih sudah resmi terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

  1. Lihat Kurs Sebelum Investasi

Sudah siap untuk mulai investasi? Jangan terburu-buru. Kamu harus ketahui dulu apa itu kurs. Kurs adalah harga jual dan beli. Jika kamu di bank, kamu akan melihat harga jual dan harga beli USD. Harga jual USD adalah harga di mana bank mau menjual USD. Sementara itu, harga beli adalah harga di mana bank mau membeli uang USD yang kamu miliki.

Jika ingin mendapatkan keuntungan, sebaiknya belilah valas di saat harga jual rendah. Karena investasi, maka uang tersebut kamu harus simpan sampai kamu bisa lepas atau jual ketika kurs naik.

  1. Pelajari Semua Aturan secara Detail 

Setiap valuta asing memiliki aturan yang berbeda-beda. Memang secara umum ada peraturan yang sama. Contohnya saja bank tidak mau menerima uang asing yang sudah lecek atau warnanya sudah menjadi kekuning-kuningan. Aturan-aturan semacam itu harus diperhatikan karena jika tidak kamu akan rugi besar.

  1. Belajar Kondisi Ekonomi Nasional dan Juga Internasional 

Perubahan nilai mata uang asing sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi nasional dan juga internasional. Untuk itu, sejak kamu mulai investasi valas, kamu perlu sering mendengar berita ekonomi. Ini akan membantu kamu untuk lebih jeli menentukan kapan harus membeli dan kapan harus menjual valas.

Itulah cara investasi mata uang asing yang perlu kamu ketahui. Pelajari lalu praktikkan. Upgrade terus pengetahuan kamu tentang valuta asing agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari jenis investasi yang satu ini.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai