Jenis Investasi Jangka Pendek yang Sangat Menggiurkan

ilustrasi celengan bertuliskan invest
Jenis Investasi Jangka Pendek yang Sangat Menggiurkan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Apakah kamu juga menganggap investasi itu hanya bisa dirasakan dalam kurun waktu belasan atau puluhan tahun ke depan? Ada banyak orang yang memiliki anggapan yang sama. Padahal, ada juga lho jenis investasi jangka pendek. Ini jenis investasi yang keuntungannya bisa dirasakan dalam kurun waktu yang pendek. Tidak perlu belasan atau bahkan puluhan tahun.

Yang jelas, ini investasi yang cocok untuk kamu yang ingin segera mendapatkan untung. Memang secara umum keuntungan dari jenis investasi ini tidak begitu besar dibandingkan dengan jenis investasi jangka panjang. Namun, ini tepat untuk kamu pilih sebagai langkah awal ketika ingin belajar investasi.

4 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Jelas Menguntungkan

Tumpukan koin dengan tanah.
Jenis investasi. Photo by Republika

Setidaknya ada 4 jenis investasi jangka pendek yang sangat menguntungkan untuk kamu coba. Apa saja itu?

  • Reksadana
Tumpukan koin di dalam toples.
Investasi reksadana. Photo Pixabay

Jenis investasi yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda atau milenial. Dan ini bukan tanpa alasan. Reksadana sekarang lebih banyak ditawarkan oleh platform digital. Dan sudah bisa dipastikan targetnya tentu saja anak milenial yang sangat akrab dengan gadget.

Di sisi lain, reksadana juga jenis investasi yang tidak butuh modal banyak. Bahkan, saat ini banyak yang menabung reksadana sebagai cara untuk menghindari inflasi. Dan ada juga yang menabung dana darurat di reksadana. Jadi, dana darurat tersebut tidak tergerus inflasi dan bisa diambil kapan saja ketika dibutuhkan.

Berapa keuntungan reksadana? Ini tergantung. Namun, rata-rata, keuntungan dari reksadana yang bisa kamu dapatkan sebagai investor sekitar 6 hingga 7 persen lho. Menarik, bukan?

Semakin menarik lagi ketika banyak pakar finansial mengatakan bahwa reksadana termasuk investasi risiko rendah. Apa itu artinya? Artinya, risiko rugi di reksadana ini sangat rendah. Atau bahkan jarang sekali investor yang rugi ketika mereka memasukkan uang di instrumen reksadana.

  • P2P Lending
Peer to peer lending.
Peer to peer lending. Photo by Cekaja

Jenis investasi jangka pendek yang satu ini memang tidak begitu populer. Dan ini bukan tanpa alasan. Selama ini, P2P lending ini jenis pembiayaan yang dimanfaatkan oleh UMKM. Dan ternyata, banyak UMKM yang gagal bayar sehingga merugikan para investor.

Akan tetapi, bukan berarti ini cara investasi yang salah. Sekarang, P2P lending sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, bisa dipastikan saat kamu berinvestasi atau menjadi investor, uang kamu terlindungi.

Pada intinya, P2P Lending ini pihak tengah yang mempertemukan kamu sebagai investor dengan peminjam seperti UMKM. Jadi, P2P Lending yang memastikan uang kamu bisa digunakan dan dikembalikan lengkap dengan keuntungan sesuai dengan kesepakatan di awal.

Banyak yang memilih untuk berinvestasi di P2P Lending karena nilai keuntungannya yang tinggi. Di sisi lain, mereka juga sekaligus bisa membantu para pelaku UMKM untuk berkembang.

  • Saham
Kenapa Saham Batu Bara Turun.
Investasi saham. Photo by @markusspiske

Pernah dengar istilah trading? Ini erat sekali dengan saham. Sekarang, sudah ada software trading. Kamu bisa beli saham saat ini lalu bisa juga langsung kamu jual esok hari ketika harganya naik. Ini ibarat jual beli saham. Ketika saham yang kamu beli naik begitu tinggi dibandingkan harga belinya, jual saja. Maka kamu langsung mendapatkan untung. Benar-benar investasi jangka pendek yang menguntungkan, bukan?

  • Deposito
Jam weker dan tumpukan koin.
Deposito. Photo by Pixabay

Dari sekian banyak jenis investasi, ini jenis yang paling lama ada. Bahkan, sebelum ada reksadana ataupun yang lainnya, deposito sudah ada. Bank-bank konvensional sudah lama sekali menawarkan produk investasi ini.

Baca juga: Deposito atau Emas? Yuk Pelajari Mana yang Paling Menguntungkan

Perbedaannya satu. Jika dulu deposito ditetapkan beberapa tahun, sekarang ada lho deposito yang hanya beberapa bulan? Tentunya dengan keuntungan yang beda.

Nah, itulah jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan yang bisa kamu pilih. Kira-kira, kamu akan pilih berinvestasi di mana?


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai