Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi yang Harus Kamu Ketahui

Tiga biji bijian yang bisa dijadikan contoh barang subtitusi beras
Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi yang Harus Kamu Ketahui. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Ketersediaan berbagai kebutuhan hidup tak lepas dari barang substitusi. Adapun contoh barang substitusi dapat ditemui dengan mudah di kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat tidak punya nasi kamu ganti makan jagung atau kentang.

Namun, apakah kamu mengerti yang dimaksud dengan barang subtitusi? Biar kamu tidak bingung dan paham tentang barang substitusi dan contohnya, bisa lanjutkan membaca artikel ini hingga tuntas. 

Pengertian Barang Substitusi

Secara umum, barang substitusi adalah barang yang sifatnya menggantikan barang lain tanpa menghilangkan atau mengurangi fungsinya. Intinya hanya mengganti barang yang tidak ada dengan barang lain serta memiliki manfaat yang sama.

Barang ini biasanya banyak tersedia di pasaran, sehingga kamu dapat memilih mana yang sesuai kebutuhan. Contoh barang substitusi yang kamu butuhkan adalah sandal jepit. 

Jika sandal jepit yang sesuai ukuran tidak kamu temukan di toko, kamu bisa mengganti dengan sandal selop dengan fungsi sama. Sandal selop bisa juga untuk jalan-jalan atau hanya sebagai sandal khusus dalam rumah.

Barang substitusi memiliki banyak alternatif pilihan, sebagai upaya jika ada pengguna yang mencari dan tidak ada, dapat dicari penggantinya. Meskipun berbeda merk, berbeda nama hingga berbeda produsen, memiliki fungsi sama.

Hanya saja, biasanya trik ekonomi menjadikan barang substitusi menjadi promo eksklusif menggaet pelanggan baru. Terutama memproduksi barang dengan harga lebih murah dari produk utama yang dicari pengguna pada umumnya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Otak Supaya Daya Ingat Lebih Baik

Contoh-contoh Barang Substitusi

Tersedia berbagai barang substitusi dan komplementer di pasaran. Sebelum mengetahui jenis barang apa saja, kamu perlu mengetahui juga jika barang subtitusi ini berkaitan erat dengan barang komplementer.

Barang komplementer adalah barang yang berfungsi sebagai pelengkap barang utama. Misalnya saja jam dengan baterai. Jam tidak akan hidup tanpa terisi baterai. 

Jika barang substitusi dapat diganti produk lain yang sejenis, berbeda dengan komplementer tidak dapat tergantikan begitu saja.

Khusus barang substitusi, memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Berikut 10 contoh barang substitusi yang sebaiknya kamu ketahui.

1. Nasi dengan Jagung

Contoh utama kamu dapat mengganti nasi dengan jagung saat tidak memiliki ketersediaan beras. Dengan makan jagung, sama saja jenis kandungannya yaitu karbohidrat.

Ketersediaan nasi memang penting, tapi jika ternyata tidak ada nasi, dapat menggantinya dengan jagung. Merebus jagung juga lebih praktis dan singkat. Namun, jika kamu menghendaki makan nasi jagung, membutuhkan perlakuan dan waktu lumayan lama.

2. Kursi dengan Tikar

Mengganti kursi dengan tikar adalah contoh barang substitusi berikutnya yang bisa kamu praktekkan saat piknik ke alam bebas. Dengan memilih tikar sebagai pengganti, acara piknik lebih praktis dan simpel.

Lagipula fungsi keduanya sama yaitu sebagai tempat duduk, sehingga bukan masalah dengan menggantikannya. Malahan, memilih membawa tikar saat piknik lebih praktis dan menyenangkan.

3. Kopi dengan Teh

Contoh barang substitusi yang sering terjadi adalah teh dengan kopi. Hal ini juga sesuatu yang wajar meskipun misalnya kamu adalah penggemar kopi.

Saat ingin minum kopi pada malam hari ternyata kopi habis, kamu bisa mengganti yang tersedia sehingga tidak perlu keluar untuk membeli. Jika adanya hanya teh, bisa menjadi pengganti kopi sebagai teman minum sementara waktu.

4. Motor dengan Mobil

Sebagai barang pengganti, bisa menggunakan alternatif lain ketika barang utama yang diinginkan tak sedang mengalami kendala. Seperti halnya saat kamu ingin pergi naik motor ternyata motor tidak bisa distarter.

Untunglah ada mobil yang dapat menggantikanya sehingga bepergian tidak masalah. Kamu bisa tetap pergi tapi mengendarai mobil bukan motor. 

5. Komputer dengan Laptop

Contoh barang substitusi berikutnya adalah komputer dengan laptop. Memiliki fungsi sama untuk berbagai jenis pekerjaan, komputer dapat diganti dengan laptop.

Menggunakan komputer akan kesulitan membawanya jika akan dibawa bepergian. Lebih mudah menggunakan laptop, bisa dijinjing kemanapun dengan lebih praktis dan simpel. 

Fungsinya? Tetap sama dan kamu dapat melakukan banyak aktivitas pekerjaan dengan baik.

6. Tas Belanja dengan Totebag

Jika kamu sering berbelanja menggunakan tas dari anyaman, bisa menggunakan barang pengganti atau substitusi berupa totebag. Totebag lebih praktis dibawa kemana-mana dan dapat dilipat bentuk kecil.

Artinya, saat berbelanja tidak harus dengan membawa tas belanjaan, tapi dapat menggantinya dengan totebag. Selain totebag dapat menggunakan jenis kantong lain yang nyaman penggunaannya dan ramah lingkungan. 

7. Pulpen dengan Pensil

Ketika membutuhkan pulpen untuk menulis dan tidak menemukannya, kamu dapat mengganti dengan pensil. Memiliki fungsi dan manfaat yang sama keduanya bisa menjadi pilihan untuk  mencatat atau menulis sesuai kebutuhan.

Meskipun hasilnya tidak begitu jelas dibanding pulpen, tapi bukan masalah sebagai pengganti saat tertentu.

8. Buku Cetak dengan E-book

Contoh barang substitusi dan komplementer memang beragam, hanya saja komplementer berfungsi sebagai pelengkap. Menjadi barang utama, buku cetak bisa saja kamu gantikan dengan e-book.

Digitalisasi zaman membuat e-book lebih banyak pengguna karena praktis dapat diakses melalui HP berbasis android. Lagipula banyak e-book gratis sehingga kamu bisa lebih hemat tanpa harus membeli buku.

9. Jaket dengan Sweater

Saat udara dingin, kamu bisa memakai jaket untuk menghangatkan tubuh. Jika tidak ada jaket, bisa mencari barang pengganti lain yang sama-sama menghangatkan yaitu sweater.

Sweater dan jaket memiliki fungsi sama. Dengan demikian kamu bisa memilih yang sekiranya ada, baik jaket atau sweater karena sama-sama menghangatkan.

10. Hotel dengan Losmen

Bepergian ke daerah terpencil kadang sulit menemukan hotel dengan level kualitas tinggi. Namun, bukan masalah karena kamu dapat menggantinya dengan memilih losmen kecil yang disewakan di sana.

Losmen, merupakan tempat penginapan tapi tidak begitu luas dan dalam lingkup kecil. Fasilitas tetap bagus tapi tentunya tidak selengkap hotel bintang lima. Sebagai salah satu barang substitusi losmen bisa menggantikan fungsi hotel.

Mungkin Anda juga menyukai