Cara-Cara Menabung yang Jitu Anti Gagal

Cara menabung untuk pemula.
Cara menabung untuk pemula. Photo by Lifehack
Waktu baca: 3 menit

Berapa kali kamu berencana untuk menabung? Apakah rencana itu berjalan dengan baik? Terkadang ego mengalahkan sebuah kebutuhan. Hal itu membuat sesuatu yang penting seperti menabung seringkali berakhir sebagai wacana. Itu akan lebih sulit untuk para pemula. Beberapa tips cara menabung untuk pemula diperlukan supaya pemula bisa benar-benar mewujudkan niat baiknya. Bagaimana caranya? simak ulasannya di bawah ini:

Mencatat Pengeluaran

Kesalahan manajemen keuangan yang harus dihindari
Catat pengeluaran. Photo by Pixabay

Catat segala macam transaksi pengeluaran yang terjadi setiap harinya. Mulai dari pengeluaran yang sedikit sampai dengan pengeluaran yang banyak. Catat dengan rapi pada sebuah buku khusus, tidak perlu terlalu rinci seperti buku akuntansi yang penting kamu memahami apa arti dari tulisan tersebut. Cara menabung yang satu ini akan memudahkan kamu mengetahui kemana saja uang kamu digunakan dalam sehari-hari.

Buatlah Anggaran Setiap Bulannya

cara menabung
Buat anggaran bulanan. Photo by Pixabay

Jika kamu mengandalkan sebuah gaji bulanan maka cara menabung yang satu ini sangatlah cocok. Buatlah sebuah perumpaan apa-apa saja yang akan dibeli dalam sebulan ini kemudian catat berapa besar pengeluaran yang akan terjadi dalam satu bulan tersebut. Jangan lupa sisihkan beberapa uang untuk keperluan mendadak seperti sakit atau kondangan.

Tetapkan Target

Prinsip kerja
Tetapkan target. Photo by Pixabay

Cara menabung yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berupaya memiliki suatu barang baru. Dengan adanya keinginan tersebut bisa menjadi pacuan kamu dalam mengumpulkan uang lebih sering dan dengan jumlah yang besar pula. Buatlah target berapa uang yang harus terkumpul dan harus terkumpul berapa bulan lamanya. Dengan begitu kamu akan semakin semangat untuk menabung. Target yang baik bisa diukur dengan ukuran waktu terkumpulnya, yaitu diwaktu yang dekat.

Baca juga: Mengetahui Tips Menabung yang Efektif untuk Pemula

Tentukan Prioritas

cara menabung
Tentukan prioritas. Photo by @belart84

Cara menabung yang ini sangat berkaitan dengan pengontrolan diri terhadap penentuan mana barang yang memang harus dibeli atau hanya sekedar digunakan untuk memenuhi keinginan saja. Maka dari itu disini yang menjadi penentu berhasilnya menabung kamu adalah diri kamu sendiri. Buatlah skala priritas barang apa saja yang akan kamu beli bulan ini dan pastikan kamu memang benar-benar sedang membutuhkannya. Jangan sekali-kali terlalu memanjakan diri sendiri dengan membelanjakan sesuatu yang tidak penting. Sebuah prioritas bisa dipilih ketika jika tidak membeli barang tersebut maka hal buruk akan terjadi pada diri kamu seperti membeli bahan makanan, paket data atau alat-alat tulis yang krusial.

Mintalah Bantuan Orang Tua

cara menabung
Minta bantuan orang tua. Photo by Pixabay

Mintalah bantuan orang tua untuk mengontrol pemasukan dan pengeluaran kamu. Mintalah mereka untuk memotong uang kamu secara otomatis sebelum diberikan kepada kamu. Selain praktis nyatanya cara ini lebih mengamankan kamu dari rasa godaan ingin membelanjakan uang tabungan secara tidak jelas. Dengan uang saku yang dipotong diawal akan memudahkan kamu menganggarkan pengeluaran yang akan dilakukan pada sebulan kedepan.

Evaluasi Cara Menabung Kamu

Menunda untuk menabung.
Evaluasi cara menabung. Photo by Pexels

Evaluasi memang sangat diperlukan dalam segala segi bidang termasuk dalam memilih cara menabung yang tepat. Evaluasi biasanya dilakukan pada enam bulan sampai dengan satu tahun untuk mengtahui perkembangan pemasukan tabungan kamu atau sudah tercapainya target yang sedang kamu inginkan. Jika peningkatan saldo kurang dari 10% maka bisa dipastikan cara yang dipilih kurang efektif dan selamat mencoba cara yang lebih efektif lainnya.

Itulah beberapa cara menabung yang bisa dipilih untuk dijadikan cara menabung pilihan kamu. Beberapa cara memang memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri tergantung bagaimana kamu menyikapi dan memilih cara sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu.

Mungkin Anda juga menyukai