Mengetahui Tips Menabung yang Efektif untuk Pemula

Tips menabung untuk pemula.
Tips menabung untuk pemula. Photo by @spanic
Waktu baca: 3 menit

Apa itu menabung yang efektif? Menabung yang efektif berarti menabung yang berhasil. Untuk mewujudkan hal tersebut memang tidak mudah, terlebih bagi para pemula. Tapi tidak ada yang tidak mungkin jika terus berusaha! Di sini kamu butuh sejumlah tips menabung secara efektif yang akan mendorong kamu untuk lebih rajin menabung. Apa saja? simak ulasannya di bawah ini;

Taruh Uang di tempat yang Sulit Dijangkau

Jumlah uang beredar bertambah banyak.
taruh uang di tempat yang sulit dijangkau. Photo by Pixabay

Tips menabung yang satu ini bisa dipraktekkan untuk kamu yang susah mengendalikan diri dalam membeli sesuatu. Simpanlah uangmu ditempat yang sulit untuk dijangkau seperti celengan besi, atau celengan yang mengharuskannya untuk dipecahkan. Lebih aman lagi, titipkan uang kamu pada orang tua atau teman kepercayaan. Hal ini akan menghambatmu dalam menghambur-hamburkan uang tersebut.

Minta Tolong Orang Tua

Sudahkah membahagian orangtua?
minta tolong orang tua. Photo by Pexels

Tips menabung berikutnya adalah melibatkan orang tua dalam menabung. Mintalah mereka untuk memotong uang bulanan milikmu di awal tanggal untuk mempermudah dalam memutarkan atau menganggarkan uang tersebut selama sebulan. Tabungan tersebut akan aman dan utuh jika memang kamu merasa kurang mampu untuk menyimpan uang tersebut sendiri. Tips menabung ini terkesan konsisten dan lebih terjamin jika orang tua juga saling terbuka dan bisa dipercaya untuk penitipan uang jajan ini.

Baca juga: 6 Tips Ampuh Menabung yang Bisa Diterapkan Oleh Pelajar

Mengunci Uang

Perbanyak nominal
Mengunci uang. Photo by Pixabay

Simpanlah tabunganmu menggunakan celengan yang rumit dalam pembukaan atau langsung disimpan di Bank tanpa membuat sebuah ATM. Tips menabung ini bisa bekerja dengan baik untuk kamu yang memiliki rasa malas tinggi. Kamu tentu tidak ingin menghabiskan waktu antre di bank hanya untuk mengambil uang bukan? Belum lagi jika kamu adalah orang sibuk, tentu tidak akan ada waktu untuk melakukan hal itu. Dengan cara seperti ini dengan terpaksa menuntutmu menjadi hemat dan berhasil dalam menabung. Namun jangan lupa untuk menyiapkan uang cash secukupnya agar kehidupanmu tetap terjamin.

Menyimpan Recehan

tips menabung
Simpan recehan. Photo by Pixabay

Siapa yang selalu menganggap remeh sebuah uang recehan? Padahal uang recehan ini sangat membantu untuk menunjang kehidupanmu. Kumpulkan uang recehan tersebut kemudian tukarkan dengan uang yang utuh atau langsung menggunakannya untuk berbelanja. Tips menabung yang satu ini sangat efektif jika keuanganmu tidak stabil dan masih membutuhkan banyak dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Mencatat Setiap Transaksi

tips menabung
Tidak mencatat pengeluaran. Photo by Moneyglare

Mencatat setiap transaksi baik dalam pengeluaran atau pemasukan akan membantu Kamu dalam menekan uang yang selalu keluar untuk hal-hal yang tidak penting. Dengan mencatat, Kamu dengan mudah mengetahui berapa banyak uang yang sudah masuk ke dalam dompet dan juga berapa banyak uang yang telah keluar dan untuk apa saja. dengan begitu Kamu bisa mengatur sisa uang dan tidak menghambur-hamburkannya.

Menggunakan Aplikasi Pengelola Uang

tips menabung
Gunakan aplikasi untuk mengelola keuangan. Photo by @stereophototyp

Aplikasi pengatur uang ini akan sangat memudahkan Kamu dalam mengatur banyaknya pengeluaran dan pemasukan Kamu setiap bulannya. Aplikasi ini akan membatasi Kamu dalam mengeluarkan uang dan memberikan peringatan jika Kamu melanggar batas tersebut. Kamu bisa mengatur keuangan dengan baik dan lebih efektif.

Itulah tips menabung yang bisa dipilih untuk melancarkan kegiatan menabung serta mencapai tujuan utama dalam menabung. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You may also like...