Tutorial dari Nol Mengenai Cara Bisnis Online di Shopee

Tampilan Shopee di layar laptop
Tutorial dari Nol Mengenai Cara Bisnis Online di Shopee. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Sudah banyak sekali orang yang sukses dari jualan online di Shopee. Mereka tahu bagaimana cara bisnis onilen di Shopee yang benar. Tidak asal ikut-ikutan. Mereka benar-benar tahu apa yang perlu dan tidak perlu dilakukan.

Memang benar ada banyak penjual di marketplace Shopee. Mungkin kamu akan berpikir bahwa kompetitor yang banyak membuat peluang semakin kecil. Logika semacam itu ada benarnya. Namun, tetap saja kesempatan untuk sukses berjualan di Shopee tetap ada asal tahu bagaimana cara bisnis online di Shopee.

Cara Memulai Bisnis Online di Shopee

ilustrasi seorang sedang memulai bisnis online.
Memulai bisnis online. Photo by Pexels

3 hal utama yang harus kamu lakukan jika ingin memulai jualan online di Shopee. Apa saja itu?

  • Buka Akun Shopee

Pertama-tama, kamu harus membuka akun di Shopee. Ini sama seperti cara membuka akun di platform lain. Kunjungi saja website Shopee atau download serta install aplikasi Shopee di smartphone. Setelah itu, buka akun dengan cara mengisi beberapa data seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, alamat email, dan lain sebagainya. Pastikan kamu mengisi semua kolom yang disediakan di formulir pendaftaran online.

  • Buat Toko di Shopee

Sudah berhasil membuka akun Shopee? Lankah selanjutnya membuka toko di Shopee. Bagaimana caranya? Cari fitur Jual. Di sanalah kamu akan diarahkan untuk membuka toko di Shopee. Buat profit toko yang meyakinkan. Isi juga dengan deskripsi, foto, dan banner sesuai dengan barang yang kamu jual.

  • Upload Foto Produk yang Ingin Dijual

Setelah punya toko Shopee, mulailah mengupload foto produk yang kamu jual. Sebaiknya, foto produk yang kamu upload memiliki kualitas yang bagus. tujuannya agar meyakinkan calon pembeli sehingga mereka mau membeli.

Tidak hanya itu. Sertakan juga deskripsi produk, harga, ukuran, warna, bahan, dan lain sebagainya yang mungkin ditanyakan oleh calon pembeli.

Nah, itulah cara bisnis online di Shopee yang perlu kamu lakukan. Selanjutnya, kamu perlu trik khusus bagaimana agar toko ramai pengunjung.

Baca juga: Kiat-kiat dan Motivasi Bisnis Online

Tips Mempromosikan Toko Shopee Kamu agar Ramai

Seorang wanita sedang membungkus dan mempromosikan produk bisnisnya.
Promosi bisnis online. Photo by Pexels

Shopee itu ibarat pasar. Hanya saja, pasarnya digital. Di pasar, ada banyak toko atau penjual. Kamu salah satunya. Sudah pasti kamu harus bersaing dengan penjual lain yang memiliki barang jualan yang sama, bukan? Lalu, bagaimana agar calon pembeli berhenti di toko kamu dan membeli produk yang kamu jual?

  • Aktifkan Fitur Free Ongkir

Salah satu kelebihan dari Shopee adalah adanya fitur free ongkir. Karena bebas biaya kirim inilah yang membuat orang mau membeli. Pasalnya, pembeli terkadang tidak jadi membeli karena ongkos kirim yang mahal. Bahkan, terkadang, ongkos kirimnya hampir sama dengan harga barang yang dibeli. Untuk menarik pembeli, maka kamu harus aktifkan fitur free ongkir.

  • Update Produk

Punya banyak produk? Jika ya, jangan upload semuanya dalam satu hari. Sebaiknya, upload foto produk secara berkala. Ini akan membuat toko kamu terlihat aktif sehingga algoritma Shopee akan suka dengan toko kamu.

  • Optimasi Judul dan Deskripsi Produk

Mengoptimasi judul dan deskripsi memudahkan toko atau produk yang kamu jual mudah ditemukan calon pembeli. Bagaimana caranya? Pastikan ada kata kunci yang paling sering diketikkan oleh calon pembeli di judul dan deskripsi.

  • Promosikan di Media Sosial Lain

Kamu tidak boleh hanya mengandalkan pencarian dari calon pembeli di Shopee. Perlu juga kamu promosikan toko kamu di media sosial lain. Akan lebih baik lagi jika kamu juga memberikan value atau nilai tambah dengan cara memberikan informasi, ilmu, tutorial, dan lain sebagainya. Setelah itu, kamu bisa arahkan pembaca untuk membeli produk di toko Shopee kamu.

Lakukan beberapa tips tersebut secara konsisten. Pada intinya, itulah cara bisnis online di Shopee yang tepat untuk dilakukan. Semakin rajin dan kreatif kamu dalam menerapkan tips tersebut, semakin mudah untuk membesarkan toko online kamu.

Artikel Lainnya