Tips Sukses Jalankan Bisnis Waralaba dengan Modal Kecil

Bisnis waralaba bisa sukses dengan mengikuti tips ini.
Waktu baca: 3 menit

Secara umum, bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik suatu brand dengan pemodal di mana pemilik brand tersebut memberikan hak untuk menjalankan usahanya termasuk penggunaan merek sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sistem ini menjadikan pemilik modal tidak perlu membangun brand dan sistem kerja bisnis dari awal. Dalam kerja sama tersebut, pemodal wajib membayar sejumlah biaya untuk mendapatkan usaha dari pemilik brand. Biasanya, biaya-biaya yang dibayarkan oleh pemodal meliputi biaya royalti, pengadaan peralatan pendukung usaha, pengadaan bahan baku, dan lainnya.

Banyak orang yang mengira dengan menjalankan bisnis waralaba akan mudah untuk meraih keuntungan yang lebih besar karena pengaruh dari brand yang sudah dikenal banyak orang. Namun, hal tersebut belum tentu terjadi. Biaya yang dikeluarkan oleh pembeli waralaba kepada pihak pemilik waralaba akan dipotong dari keuntungan yang didapat. Pembeli waralaba memang akan mendapatkan banyak kemudahan di saat-saat awal usaha. Tetapi untuk jangka panjang, para pemilik waralaba terkadang akan menemukan bahwa memulai bisnis sendiri mungkin akan jauh lebih menguntungkan. Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk menjalankan bisnis waralaba, di bawah ini akan dijelaskan tips yang bisa kamu ikuti agar bisa meraih keuntungan walaupun memiliki modal yang kecil.

Pilih waralaba yang mudah dijalankan

Untuk memulai bisnis waralaba, kamu bisa mengawali dengan cara memilih jenis waralaba yang mudah untuk dijalankan. Di Indonesia saat ini tersedia dua jenis waralaba yaitu waralaba luar negeri dan waralaba dalam negeri. Dari masa ke masa, perkembangan waralaba di Indonesia cukup baik dan pesat serta menguntungkan. Beberapa contoh waralaba yang berkembang diantaranya di bidang kuliner atau makanan seperti Wong Solo, CFC, Sapo Oriental, Red Crispy dan berbagai merek atau brand lainnya. Selain dalam bidang kuliner, waralaba juga dapat berbentuk retail mini outlet seperti Indomaret, Yomart, Alfamart dan lain sebagainya. Selain di kota besar, waralaba retail mini outlet juga semakin berkembang hingga ke pelosok daerah.

Baca juga: 9 Kunci Sukses Berbisnis Ala Milenial yang Bisa Kamu Tiru

Pertimbangkan kualitas dan harga produk

Pemilihan kualitas untuk bisnis waralaba.
Pemilihan kualitas dan harga produk sangat penting. Photo by @fiteka

Kualitas dan harga produk memang perlu untuk dipertimbangkan. Apalagi jika waralaba yang kamu pilih berada di bidang kuliner. Kamu harus bisa mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan dengan keawetan dan kualitas produk yang akan kamu jajakan.

Pilih waralaba yang banyak peminat

Walaupun ada banyak jenis waralaba di Indonesia, kamu harus pintar-pintar memilihnya. Faktor banyaknya peminat menjadi hal yang sangat penting untukmu saat memilih jenis waralaba yang akan diambil.

Pelayanan harus ramah dan baik

Selain kualitas produk, kamu juga harus memberikan pelayanan yang ramah dan baik kepada pelanggan. Dengan pelayanan yang baik nantinya pelanggan akan bertambah dan makin loyal dengan produk yang kamu jual.

Pelayan ramah untuk bisnis waralaba.
Pelayanan yang ramah sangat dibutuhkan untuk sebuah bisnis waralaba. Photo by @secovic23

Cari waralaba dekat dengan kamu

Maksud dari mencari waralaba yang dekat dengan kamu ialah agar kamu lebih mudah untuk mencari informasi tentang bisnis tersebut. Walaupun saat ini akses informasi sangat mudah karena adanya internet, namun alangkah baiknya jika kamu bisa langsung mendapatkan informasi tentang bisnis itu tanpa adanya perantara. Dengan begitu, kamu bisa menerima informasi dengan jelas.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin membuka bisnis waralaba dengan modal kecil namun bisa menguntungkan. Apapun jenis bisnis yang akan kamu pilih nantinya, jangan lupa untuk mengatur dan melakukan manajemen bisnis dengan baik dan benar.

You may also like...

Leave a Reply