Agar Tidak Tersesat, Ini Dia Buku tentang Bisnis Pemula yang Wajib Kamu Baca 

daftar buku tentang bisnis pemula
Agar Tidak Tersesat, Ini Dia Buku tentang Bisnis Pemula yang Wajib Kamu Baca. Photo by @lazizli
Waktu baca: 4 menit

Sering kali orang bingung dari mana mereka harus memulai sebuah bisnis. Kebingungan tersebut tidak akan kamu alami jika kamu tahu pedoman dari buku tentang bisnis pemula. Akhirnya bisnis bisa kamu mulai dengan fondasi yang kuat. Bisnis kamu pun berkembang dengan sangat baik. Meskipun ada halangan, tetap saja kamu bisa mengatasi halangan tersebut. 

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui pedoman tepat dalam membangun sebuah bisnis. Jalan kamu dalam membangun bisnis akan terarah. Dan ketika ada masalah di tengah perjalanan, kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan.

Baca juga: Begini Cara Bikin Bisnis Omset 50 Juta Per Bulan dengan Modal Relatif Kecil

10 Buku tentang Bisnis untuk Para Pemula 

Ilusttrasi membaca buku bisnis
Daftar buku tentang bisnis pemula. Photo by @austindistel

Tidak sulit untuk mendapatkan buku bisnis untuk pemula. Kamu bisa masuk ke toko buku dan langsung saja menuju ke rak bagian bisnis atau keuangan. Maka akan kamu temukan ratusan buku dari beberapa penulis dan praktisi bisnis. 

Namun, mana yang tepat untuk kamu baca sebagai pemula? Berikut ini ada 10 buku tentang bisnis yang tepat untuk pemula:

  1. The Ultimate Marketing Plan 

Dalam sebuah bisnis, marketing seolah menjadi nyawanya. Sebaik dan sebagus apa pun produk atau layanan yang kamu berikan, itu tidak akan bisa menarik customer jika kamu gagal dalam marketing. 

Pada intinya, marketing adalah seni bagaimana kamu menyampaikan produk atau layanan kamu sehingga calon customer tertarik. Ini bukan sekedar bagaimana kamu menunjukkan produk yang kamu buat. Ada seninya tersendiri sehingga orang tertarik dan akhirnya membeli. Buku The Ultimate Marketing Plan yang ditulis olah Dan Kennedy ini memberikan panduan dari awal hingga akhir bagaimana kamu membuat marketing lebih efektif sesuai dengan produk atau layanan yang kamu ingin tawarkan.

  1. What Great Brands Do 

Kamu pasti tahu kan brand seperti Xiaomi, Apple, dan Samsung? Bagaimana brand tersebut begitu kuat sehingga produk apa pun yang mereka keluarkan laris manis di pasaran? Ini bukan hanya masalah marketing tapi juga bagaimana mereka membangun brand. 

Brand perusahaan kamu juga harus dibangun. Tujuannya agar orang percaya dan mau membeli apa pun produk yang kamu buat. Di sisi lain, ketika brand kamu kuat, kamu tidak perlu khawatir ketika ada pesaing baru yang bermunculan.

  1. Jangan Mulai Bisnis Sebelum Baca Buku Ini 

Buku karya Novie Dhanie ini merupakan buku bisnis untuk pemula yang wajib kamu baca. Penjelasannya jauh dari kata kaku. Bahasa yang digunakan santai namun isinya sangat luar biasa. Untuk kamu yang ingin mulai berbisnis, ini buku ringan yang tepat untuk kamu baca.

Dipaparkan langkah demi langkah membangun bisnis mulai dari nol besar. Dalam buku, kamu juga akan belajar bagaimana mengembangkan bisnis ketika fondasi bisnis kamu sudah siap.

  1. The Internet Millionaire 

Andry Salim merupakan salah satu praktisi bisnis online yang begitu terkenal di Indonesia. Sebelum internet marketing begitu populer saat ini, Andry Salim sudah lebih dahulu terjun di bisnis ini.

Pengalamannya dalam internet marketing dituangkan dalam sebuah buku berjudul The Internet Millionaire. Buku ini tidak begitu tebal. Penjelasan sangat singkat tapi padat. Buku ini tidak hanya menjelaskan tentang teori tapi juga langkah-langkah melakukan internet marketing disertai dengan brand yang sudah mengaplikasikan langkah-langkah tersebut.

  1. The 4-Hour Workweek 

Kamu berencana membuat startup atau bisnis rintisan? Buku ini tidak boleh kamu lewatkan untuk kamu baca. Ini bukan sekedar buku yang membahas teori tapi juga pengalaman dan perjalanan penulisnya, yaitu Timothy Ferris dalam menghasilkan uang USD 40.000. Padahal, ia hanya bekerja 4 jam setiap hari selama 1 bulan.

  1. Focal Point 

Saat kamu memulai sebuah bisnis, sepertinya ada banyak sekali hal yang harus kamu lakukan. Dan itu membuat kamu super sibuk. Orang bilang kamu produktif. Namun, bisa juga kamu terlalu sibuk sehingga bisnis kamu sebenarnya tidak berjalan ke mana-mana.

Harus dibedakan antara sibuk dengan produktif. Focal Point merupakan buku yang membuat kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Kamu tidak akan merasa kehabisan waktu karena kamu bisa lebih produktif walaupun dengan hanya waktu yang sedikit.

  1. The Purple Cow 

Seth Godin dalam buku The Purple Cow menjelaskan bagaimana agar produk yang kamu buat berkualitas. Sehingga produk kamu bisa menjadi tidak hanya lebih bagus tapi juga lebih beda dan lebih diminati oleh customer. Dengan produk yang jauh lebih baik, penjualan kamu akan lebih tinggi. Bahkan, kamu tidak perlu lagi ikut dalam perang harga. Kamu tetap bisa menawarkan produk dengan mungkin harga yang lebih tinggi. Tapi, produk kamu tetap diminati daripada produk kompetitor yang mungkin harganya lebih murah.

  1. Lead with A Story 

Marketing tidak hanya tentang bagaimana kamu menggunakan konten artikel, gambar, atau video untuk menunjukkan produk yang kamu jual. Ini juga tentang bagaimana konten yang kamu gunakan bisa membuat orang tertarik dan akhirnya memilih produk kamu daripada produk dari kompetitor.

Untuk itu, menurut Paul Smith, dibutuhkan konten berupa cerita yang bisa membuat calon customer kamu merasa dilibatkan. Ada kesan emosional sehingga mereka tertarik dan membeli produk kamu. Cara bercerita yang menjual ini dijelaskan secara mudah di buku Lead with A Story. 

  1. The New Rules of Marketing & PR

Bisnis selalu berkaitan dengan marketing. Dan jika kamu bingung mana buku marketing yang sebaiknya kamu baca, buku The New Rules of Marketing & PR karya David Meerman Scott ini salah satunya. Di dalam buku ini, ia menjelaskan apa saja yang harus disiapkan dalam marketing dan bagaimana cara memanfaatkan alat tersebut dengan sebaik mungkin. Buku ini sesuai dengan marketing di zaman sekarang.

  1. Mimpi Sejuta Dollar 

Pernah dengar nama Merry Riana? Betul sekali. Ia adalah salah satu pebisnis perempuan yang sukses saat ini. Dalam buku Mimpi Sejuta Dollar, Marry Riana membeberkan perjalanannya dalam meraih kesuksesan dalam bisnis. Melalui buku ini, kamu tidak hanya belajar teori tapi juga belajar dari pengalaman seorang praktisi bisnis yang sudah berhasil secara langsung.

Itulah 10 buku bisnis untuk pemula yang sepertinya tidak boleh kamu lewatkan. Namun, saat membaca, kamu juga perlu memahami, meresapi, lalu juga menerapkan secara langsung saat kamu mulai membangun bisnis kamu sendiri.

Artikel Lainnya