Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan Tak Selalu Harus Kolak

Salah satu menu takjil buka puasa untuk jualan, es dawet
Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan Tak Selalu Harus Kolak. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Ada rencana untuk jualan makanan takjil di bulan puasa tahun ini? Tapi masih bingung menu takjil buka puasa untuk jualan apa yang sebaiknya kamu pilih? 

Kebanyakan orang akan berpikir satu hal jika ingin jualan menu takjil, yaitu kolak. Sepertinya, sudah menjadi tradisi di mana masyarakat takjil dengan kolak. Dan ini bukan hanya di daerah tertentu tapi sepertinya hampir di semua daerah.

Namun, apa jadinya jika kamu berjualan menu takjil buka puasa berupa kolak? Sudah pasti banyak saingannya.

Jadi, akan lebih baik jika kamu cari ide lain jualan menu berbuka takjil yang unik. Apa kira-kira ya?

Baca juga: Tips Jalankan Bisnis Musiman Bulan Puasa Agar Sukses

5 Ide Jualan Menu Takjil Buka Puasa Lain dari yang Lain 

Pada intinya, takjil itu menu yang digunakan untuk menunjukkan bahwa puasa sudah berakhir. Hanya saja, menu yang digunakan untuk membatalkan puasa tidaklah berat seperti nasi. Di sisi lain, menu harus segar, cukup mengenyangkan meskipun sedikit, dan menghilangkan haus.

Dilihat dari kriteria tersebut, pantas jika banyak orang yang suka takjil dengan menu berupa kolak. Apalagi kolak pisang. Pisang itu sendiri mengandung kalori yang bisa membuat perut cukup kenyang. Air santannya bisa menghilangkan haus. Ditambah lagi es yang membuat menu takjil ini begitu menyegarkan.

Akan tetapi, ada lho ide lain menu takjil yang tak kalah segar. Berikut ini ide menu takjil buka puasa untuk jualan yang bisa kamu pilih:

  1. Bubur Sumsum 

Pernah dengar bubur sumsum? Atau jangan-jangan kamu salah satu penggemar makanan yang satu ini? Biasanya, bubur sumsum ini dinikmati sebagai menu sarapan di pagi hari. Namun, karena sedang berpuasa, bubur sumsum bisa kamu jadikan menu berbuka lho.

Bubur ini sangat segar jika diberi es. Rasa manis membuat dahaga karena berpuasa selama satu hari penuh hilang. Tepung beras yang menjadi salah satu bahan untuk membuat menu takjil inilah yang bikin kamu merasa sedikit kenyang tapi tidak sekenyang ketika kamu berbuka dengan nasi.

Tertarik untuk jualan menu takjil berupa bubur sumsum?

  1. Es Pisang Ijo

Ada pilihan lain menu takjil buka puasa untuk jualan, yaitu es pisang ijo. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pisang mengandung kalori. Ini cocok sekali untuk dikonsumsi setelah kehilangan energi selama 1 hari penuh berpuasa. Hanya saja, pisang ini tidak disajikan dalam bentuk kolak, melainkan es pisang ijo.

Sebenarnya, ini minuman khas dari Makassar. Hanya saja, semakin banyak orang yang berdagang minuman ini. Dan ini bisa kamu jual saat bulan puasa sebagai menu takjil. 

  1. Bubur Sagu Mutiara

Ini menu takjil yang bahan utamanya berupa sagu. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, sagu termasuk makanan yang mengandung karbohidrat. Cocok untuk menghilangkan lapar di saat berbuka puasa, bukan?

Hanya saja, sagu ini disajikan dalam bentuk bubur. Sagu dibentuk seperti mutiara berwarna merah cerah. Apalagi membuat menu yang satu ini tidak sulit, lho. Kamu hanya perlu membuat sagu mutiaranya saja. Jika tidak bisa, kamu bisa memesan dari orang yang membuat sagu mutiara. Jadi, kamu hanya perlu menyiapkan kuah atau airnya saja berupa santan. 

Mudah, bukan? 

  1. Es Teler

Tidak semua orang suka makan takjil yang berat. Bubur termasuk takjil yang cukup berat untuk beberapa orang. Mereka lebih memilih minuman yang menyegarkan seperti es teler. 

Namun, sebaiknya es teler yang kamu jual komplit. Tambahkan buah-buahan seperti durian atau alpukat yang banyak. Ini yang akan menjadi pembeda dari es teler lainnya.

  1. Es Cendol

Mau yang lebih ringan lagi? Es cendol jawabannya. Beberapa orang mencari takjil berupa gorengan. Lalu, gorengan tersebut dipadukan dengan minuman segar seperti es cendol.

Nah, kira-kira sudah punya ide apa untuk jualan menu takjil buka puasa di Bulan Ramadhan tahun ini?

Hanya saja, ada sedikit kendala di Bulan Ramadhan ini. Kemungkinan, Bulan Ramadhan tahun ini sama dengan tahun yang lalu. Masih ada pembatasan karena Covid-19. Di sisi lain, beberapa orang juga menghindari untuk keluar rumah, apalagi datang ke tempat yang ramai seperti di tempat yang memang khusus ada pedagang-pedagang takjil buka puasa.

Untuk itu, kamu harus melakukan antisipasi. Misalnya saja kamu tidak berjualan di tempat seperti itu, melainkan di rumah saja. Kamu bisa tawarkan sistem delivery service. 

Manfaatkan media sosial yang kamu punya, mulai dari Instagram dan Facebook. Buat juga story di WhatsApp agar orang yang ada di kontak hp kamu bisa melihat promosi menu takjil kamu.

Karena sistemnya delivery order, pastikan ada satu orang yang khusus untuk mengantarkan. Sudah bisa dipastikan di sore hari akan sangat repot sekali. Namun, jualan takjil itu sangat menguntungkan jika kamu bisa jalankan secara maksimal.

Jadi, mana menu takjil buka puasa untuk jualan yang akan kamu pilih?

Artikel Lainnya