Bukan Cuma Hiburan, Ini 4 Jenis Hobi yang Bisa Hasilkan Uang

hobi yang hasilkan uang
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa ada hobi yang bisa hasilkan uang. Tak sedikit pula yang pada akhirnya menemukan hobi yang sesuai dengan dirinya dan berhasil mendapatkan penghasilan yang lumayan. Dengan melakukan pekerjaan yang disenangi dapat membuat pekerjaan tetap berjalan lancar. Kamu bisa mendapat kebahagiaan dan gairah yang tinggi jika bekerja sesuai dengan keahlian dan hobi yang disukai. Terlebih jika hobi tersebut bisa mendatangkan keuntungan berlipat.

Selain itu, dengan menjalani pekerjaan sesuai hobi maka akan dirasa lebih mudah dan tidak ada beban. Tanpa disadari, kamu meraih penghasilan dari hobi yang kamu miliki jika ditekuni dengan bersungguh-sungguh. Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa jenis hobi yang bisa menghasilkan uang untuk kamu.

Menulis

Menulis sebagai salah satu hobi yang menghasilkan
Menulis bisa menjadi hobi yang menghasilkan. Photo by @kaitlynbaker

Menulis adalah salah satu hobi yang umum dimiliki orang. Namun, jika kamu memiliki hobi tersebut, maka tekunilah bidang tulis-menulis dengan serius. Coba kirim tulisanmu ke salah satu media online atau bahkan kamu bisa membuat blog untuk mempublikasikan karya tulismu di dunia maya. Buat blog semenarik mungkin agar bisa membuahkan hasil. Jangan lupa, buatlah tema tulisan agar makin mudah untuk dicari orang lain.

Fotografi

Fotografi atau hobi memotret merupakan salah satu hobi yang menjanjikan dalam hal penghasilan dan pengerjaan. Terlebih, kini kamu memiliki banyak cara untuk menjual hasil fotomu, salah satunya melalui online. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam online stock photo agency seperti Shutterstock atau yang lainnya. Selain itu, kamu bisa unggah hasil fotomu di media sosial milikmu agar bisa menjadi portofolio pribadi agar mudah mencari client.

Baca juga: Jangan Asal Motret, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Menggambar

Menggambar menjadi aktifitas paling menyenangkan. Apalagi, jika media yang tersedia sesuai dengan apa yang diinginkan. Jika kamu senang menggambar atau corat-coret di kertas, maka kamu bisa tekuni hobi itu. Selain itu, kamu juga bisa mulai mencoba untuk menggambar di sebuah aplikasi seperti Corel Draw. Dengan begitu, kamu bisa mengunggah hasil karyamu itu ke media sosial atau mungkin ke suatu situs yang berisi gambar-gambar seperti DevianArt dan Kreavi.

Jika kamu butuh tantangan lebih, kamu bisa mencoba membuat animasi. Dengan belajar membuat animasi, besar kemungkinanmu untuk bisa mendapatkan penghasilan yang bagus. Apalagi jika animasi tersebut bisa diunggah ke Youtube. Sebagai contoh, animasi yang sedang viral saat ini, yaitu Si Nopal yang bercerita tentang kehidupan sehari-hari yang dibuat oleh Naufal Faridurrazak pada April 2018 lalu. Walau di youtube Si Nopal baru ada 44 video animasi, namun subscriber sudah mencapai 3 jutaan. Bahkan, video Si Nopal ini sudah sering masuk ke dalam jajaran youtube trending.

Bermain game

Menjadi gamers bisa jadi sumber penghasilan
Bermain game bisa menambah penghasilanmu. Photo by @rxspawn

Saat kecil, kamu pasti sering dimarahi oleh orang tua jika keseringan bermain game. Tapi, jangan salah, saat ini bermain game bisa sangat menghasilkan pundi-pundi uang. Dimulai dari menjadi joki salah satu game, lalu menjadi atlet suatu game atau biasa disebut dengan esports. Terlebih kini industri esports sedang berkembang pesat. Terakhir, event olahraga se-Asia, Asian Games 2018, telah membuka cabang untuk esports walaupun masih dalam tahap eksebisi. Besar kemungkinan, ke depannya esports akan menjadi salah satu cabang olahraga favorit.

Nah itu beberapa jenis hobi yang bisa menghasilkan uang. Sebenarnya, apapun hobi yang kamu jalani, mulailah mencoba melihat peluang untuk ke depan dan hasilkan uang dari itu. Dengan begitu, kamu tidak hanya meraih penghasilan, tapi kamu juga bisa menyalurkan keahlian dan bakatmu melalui hobi tersebut.

You may also like...

Leave a Reply