Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan dan Cara Memulainya

Bisnis Souvenir Pernikahan
Peluang Bisnis Souvenir Pernikahan dan Cara Memulainya. Photo by @julianamayo
Waktu baca: 4 menit

Usaha yang tak lekang oleh waktu adalah bisnis souvenir pernikahan. Souvenir dengan berbagai inovasi harganya dapat menyesuaikan dana dari yang murah hingga mahal.

Begitu banyak kebutuhan berbagai item souvenir sehingga bisnis mulai dilirik banyak kalangan. Jika kamu tertarik, modalnya tidak begitu besar, hanya membutuhkan inovasi dan pemasaran tepat untuk laba maksimal.

Intip Peluang Usaha Modal Souvenir Pernikahan

Berapa modal yang dibutuhkan dalam bisnis pernikahan dan pernak pernik souvenirnya? Ternyata ide bisnis souvenir pernikahan tidak serumit yang dibayangkan. Jika mengintip bagaimana seluk beluknya tidak terlalu rumit dan mudah dijalankan.

Bisnis terus berkembang seiring pandemi yang mulai melandai sehingga boleh mengadakan acara nikah secara biasa atau besar-besaran. Pernikahan dengan resepsi kecil atau besar souvenir menjadi item penting yang selalu ada. 

Inilah yang membuat bisnis souvenir pernikahan mulai menggeliat lagi dengan modal tak lebih dari sejuta. Melihat peluang di depan mata, kamu perlu mengambil dengan cepat agar langsung dapat mulai usaha untuk mendapatkan keuntungan berlipat.

Namun, jika masih bingung memulainya, bisa memahami terlebih dahulu bisnis souvenir agar tidak salah melangkah.

Baca juga: 7 Pernikahan Adat di Indonesia dengan Biaya dan Mahar Paling Tinggi

Cara memulai usaha souvenir pernikahan

Memulai sesuatu yang belum pernah dilakukan memang terasa gamang, tapi kamu dapat mulai mencari ide souvenir pernikahan kekinian yang laris di pasaran. Berbagai ide yang muncul berguna untuk mengawali bisnis souvenir.

Agar kamu tahu lebih lengkap, berikut cara memulai usaha souvenir pernikahan agar sukses, antara lain:

1. Riset Pasar

Melakukan riset pasar berguna untuk mencari tahu souvenir apa yang sedang populer dan kekinian. Selanjutnya mencari kompetitor baik skala lokal atau nasional. Cari tahu metode pemasaran seperti apa yang kompetitor gunakan sehingga produk meraup banyak konsumen.

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah kedua dalam bisnis souvenir pernikahan adalah menentukan produk yang akan dijual. Pilihan produk berasal dari riset pasar yang telah kamu lakukan. Contoh usaha rumahan yang sekarang masih banyak peminatnya adalah produk handmade unik dan menarik.

Produk yang dapat menjadi pilihan antara lain:

  • Pajangan dari daur ulang
  • Gantungan kunci
  • Aksesoris daur ulang
  • Frame foto

Masih banyak pilihan lain yang tak kalah menarik dan unik. Jika kamu tidak ahli dalam membuat pernak pernik souvenir, bukan masalah. Contohnya, kamu beli cushion dan sarung bantal yang sudah jadi.

Namun, agar lebih menarik dan kekinian tinggal menambahkan aksesoris atau sablon pada bagian atasnya. Daya jualnya lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan sesuai permintaan pembeli.

Bagaimana jika kamu tidak mau repot untuk memproduksi sendiri? Tenang saja, bisnis souvenir pernikahan dapat kamu mulai dengan menjadi supplier yang memproduksi souvenir pernikahan. 

3. Menyiapkan Modal Usaha

Cara selanjutnya untuk memulai bisnis adalah menyiapkan modal usaha souvenir pernikahan. Berapa perkiraan kebutuhan dana menjalankan bisnis souvenir nikah, apakah sesuai budget yang telah kamu miliki atau masih kurang banyak.

Sebaiknya jangan memulai usaha dengan hutang, maka jalankan sesuai modal yang ada saja agar bisnis tidak menjadi beban. Modal usaha tergantung apakah akan memproduksi sendiri atau mengambil dari supplier.

Jika memproduksi sendiri akan lebih banyak keuntungan, tapi apakah sanggup dan sempat? Jika membutuhkan karyawan hitung pula gaji yang harus dikeluarkan. Lain lagi kalau mengambil dari supplier tinggal mengambil sesuai kebutuhan dan menghemat modal.

Kesalahan yang terjadi dalam proses produksi tidak menjadi tanggung jawab kamu karena supplier yang akan menanggungnya. Lagipula saat pesanan jadi dan konsumen membayar dan supplier lunas maka akan jelas terlihat keuntungannya.

4. Melakukan Strategi Bisnis

Usaha souvenir pernikahan membutuhkan strategi bisnis agar mendatangkan profit. Memilih bahan yang bagus dengan kualitas terbaik tapi harga murah menjadi andalan utama.

Saat mengambil dari supplier kamu harus mengetahui kualitas produk tersebut agar tidak mengecewakan konsumen. Strategi bisnis dapat pula dikembangkan melalui ide kreasi kamu sendiri, apalagi jika berkeinginan menjadi distributor, antara lain:

  • Melihat souvenir yang hanya itu-itu saja bisa membangkitkan kreativitas kamu untuk dapat melakukan inovasi. Contohnya membuat lilin unik versi kamu sendiri, sabun wangi atau parfum yang kamu ramu sesuai standar.
  • Inovasi unik memberikan nilai lebih untuk konsumen karena berbeda dari yang lain. Jika inovasi membuat kamu memilih menjadi distributor souvenir pernikahan, jangan lupa membuat katalog sebanyak-banyaknya yang lengkap tentang produk yang dijual.
  • Berikan harga dari murah hingga premium melalui katalog tersebut. Pilihan harga menciptakan pangsa lebih luas untuk menawarkan produk souvenir pernikahan.
  • Kemasan estetik memberi peluang bisnis souvenir lebih terlihat bagus dan berbeda. Packaging sempurna, imut, unik, lain dari yang lain akan meraup pembeli lebih  banyak dan berkelas.

Strategi bisnis bisa menciptakan peluang mendapatkan konsumen dari berbagai kalangan. Penawaran range harga juga membuktikan bahwa kamu memiliki jaringan kuat dalam bisnis.

5. Promosi Offline dan Online

Langkah berikutnya dalam bisnis rumahan souvenir pernikahan adalah melakukan promosi baik offline atau online. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Rajin ikut pameran UMKM tema pernikahan.
  • Membuat akun jualan di media sosial dan aktif bikin konten dan posting feed dengan tampilan bagus dan menarik.
  • Pilih foto dan video profesional agar konsumen tertarik untuk melihat, menawar, bertanya lalu membelinya.
  • Menciptakan branding baru dengan logo cantik dan estetik dengan nama terbaik.
  • Memiliki sistem pembayaran beberapa macam secara digital agar memudahkan konsumen saat melakukan pembayaran.
  • Memberikan paket usaha dengan harga terjangkau.
  • Memberi diskon saat momen tertentu.

Semua cara promosi bisa kamu coba dan ambil langkah terbaik untuk yang paling tepat sasaran. Pastinya media sosial dan situs website resmi usaha menjadi sarana penting yang harus ada supaya konsumen tahu detail tentang brand yang kamu bikin.

Prospek Usaha Online Modal 1 Juta Souvenir Pernikahan

Bagaimana prospek usaha modal 1 juta souvenir pernikahan sekarang ini dapat dicek dengan banyaknya pernikahan dalam satu bulan. Kamu bisa menghitungnya dari sekitar tempat tinggalmu, bisa lebih dari lima dalam sebulan, bukan?

Agar pemasaran lebih luas jaringan pemasaran bisa lebih luas ke seluruh Indonesia bahkan sampai luar. Hal ini agar selalu ada barang yang dipesan dan bisnis dapat berjalan terus tidak jalan di tempat.

Modal 1 juta bukan halangan karena harga souvenir sangat beragam. Laba jangan untuk yang lain dulu tapi tingkatkan untuk menambah modal bisnis. Tidak mustahil modal 1 juta bisa berlipat bila pengelolaan dan strategi keuangan bagus.

Memulai bisnis souvenir pernikahan membutuhkan perencanaan matang dengan modal yang ada. Namun, jangan hanya sebagai wacana saja karena modal akan meningkat jika dijalankan. Kamu dapat action sekarang juga untuk berproses lebih cepat dalam memulai usaha bisnis.

Mungkin Anda juga menyukai