6 Tips Memulai Bisnis Merchandise K-Pop

Contoh merchandise K-Pop
6 Tips Memulai Bisnis Merchandise K-Pop. Photo by @jmuniz
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Demam K-Pop saat ini melanda di setiap belahan dunia, termasuk Indonesia. Bagi yang belum tahu, istilah K-Pop ini merujuk pada hiburan-hiburan yang berasal dari negara Korea, baik itu musik, film, hingga pop culture lainnya. Biasanya, orang yang fanatik dengan K-Pop ini disebut dengan K-Popers.

Perlu diketahui, K-Popers ini terkenal dengan sifat fanatiknya terhadap apa yang mereka sukai. Jika kamu jeli, maka itu bisa dijadikan sebuah peluang usaha. Salah satu peluang usaha yang cukup menghasilkan cuan dengan target marketnya K-Popers ialah bisnis merchandise K-Pop.

Kamu tertarik untuk memulainya? Yuk simak tipsnya di bawah ini agar bisa meraup cuan dari bisnis merchandise K-Pop.

Tips Memulai Bisnis Merchandise K-Pop

Merchandise EXO.
Merchandise EXO. Photo by Pixabay

Sebelum memulai suatu bisnis, tentu kamu harus mengetahui beberapa tips agar saat menjalankannya tidak sia-sia dan buang-buang waktu. Bagi yang ingin memulai bisnis merchandise K-Pop, berikut ini tips yang perlu diketahui.

  • Lakukan riset

Sebelum memulai bisnis, melakukan riset itu menjadi sebuah kewajiban. Dengan melakukan hal itu, kamu jadi tahu tren apa yang sedang ramai di dunia K-Pop. Misalnya saja, terakhir ada series Hometown Cha-Cha-Cha yang dibintangi oleh Kim Seon Ho. Kamu bisa mencoba menjual merchandise yang berhubungan dengan series tersebut atau dengan aktor dan aktris yang membintanginya.

  • Mencari distributor terpercaya

Distributor ini penting dalam bisnis karena mereka yang akan menyediakan barang yang ingin dijual. Maka dari itu, kamu harus mencari distributor yang terpercaya. Dengan begitu, pelangganmu akan makin bertambah karena produk atau barang yang dijual itu memang berkualitas.

  • Buat sendiri

Namun, jika agak kesulitan mencari distributor yang terpercaya, kamu bisa membuat produk jualanmu sendiri. Misalnya kamu bisa membuat totebag, kaos, gantungan kunci, atau cangkir yang dibuat sendiri.

Kamu juga bisa mengajak ilustrator untuk bekerja sama agar merchandise yang dihasilkan eksklusif.

  • Promo lewat media sosial

Promosi untuk bisnis merchandise K-Pop ini sangat direkomendasikan melalui media sosial. Karena, pengguna sosial media banyak dan beragam. Belum lagi dengan banyaknya akun fanbase-fanbase K-Pop, kamu bisa memanfaatkannya dengan tag mereka saat memulai promosi produkmu.

Pastikan juga kamu jadi admin media sosial yang responsif dan terpercaya. Hal itu agar para calon pembeli tidak takut bertransaksi denganmu. Belum lagi akhir-akhir ini cukup banyak penipuan yang mengaku menjual merchandise K-Pop namun ternyata barang atau produknya tidak ada.

Baca juga: 7 Cara Cerdik untuk Meningatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

  • Buat toko online

Jika sudah promosi dan responsif di media sosial, biasanya tetap banyak yang merasa kurang percaya. Maka dari itu, kamu bisa membuat toko online.

Kamu bisa memanfaatkan platform jual beli yang populer saat ini seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya. Dengan begitu, tokomu makin terpercaya dan makin laris ke depannya.

  • Bergabung dengan komunitas

Saking banyaknya pecinta K-Pop, biasanya masing-masing memiliki komunitas atau fanbase. Mereka terkenal dengan loyalitasnya lho TemanKlik. Maka dari itu, kamu perlu mengikuti komunitas atau fanbase dari setiap artis atau musisi Korea.

Selain menjaring calon pelanggan, kamu juga bisa tahu seperti apa tren yang sedang ramai di kalangan mereka.

Demikian cara memulai bisnis merchandise K-Pop yang perlu diketahui. Sebenarnya, tidak hanya bisnis merchandise saja yang dapat meraup keuntungan. Kamu juga bisa memulai bisnis makanan khas Korea seperti toppoki, corndog yang ramai karena drama Start-Up, dan lain sebagainya. Yang terpenting, jangan lupa lakukan riset terlebih dahulu ya TemanKlik. Selamat mencoba!


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai