Cara Ekspor Produk ke Luar Negeri yang Aman dan Menguntungkan

Ilustrasi produk yang diekspor
Cara Ekspor Produk ke Luar Negeri yang Aman dan Menguntungkan. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Bisnis ekspor memang tidak mudah. Namun, bagi mereka yang sudah tahu bagaimana cara ekspor produk ke luar negeri, mereka tahu gurihkan pasar luar negeri. Yang mereka lakukan adalah mencari market yang tepat dengan produk yang ada di dalam negeri. Lakukan persiapan untuk ekspor dan mereka langsung memiliki bisnis ekspor yang menjanjikan.

Sayangnya, banyak orang yang merasa tidak mampu untuk menjalankan bisnis. Mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan atau bahkan mereka tidak tahu bagaimana memulainya. Jika kamu ingin mencoba bisnis ekspor, kamu bisa mulai belajar tentang cara ekspor produk ke luar negeri. Banyak pengusaha yang berhasil. Kamu pun pasti bisa.

Dokumen Ekspor yang Harus Dipersiapkan 

Setumpuk dokumen yang penting
Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Photo by @sharonmccutcheon

Sebenarnya, ada satu hal yang harus kamu lakukan. Cari produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan di negara yang dituju. Misalnya saja di Indonesia ada banyak sekali pasokan kopi. Jumlah petani kopi sangat banyak. Harga kopi juga relatif terjangkau untuk di dalam negeri. Kamu bisa cari negara mana yang konsumsi kopinya tinggi. Temukan lalu coba untuk memulai ekspor ke sana. 

Setelah tahu produk apa yang tepat, kamu tinggal siapkan dokumen ekspor. Apa saja dokumen yang dibutuhkan?

  1. Packing List

Ini dokumen yang berisikan tentang informasi produk yang akan diekspor. Ada data detail lainnya juga yang harus dituliskan di dokumen ini seperti nama pengekspor, nama penerima barang, tanggal packing, berat barang, serta jumlah barang.

  1. Invoice

Ini dokumen tagihan yang berisi nilai uang dari produk yang diekspor. Nilai uang ditulis dalam mata uang asing negara yang dituju.

  1. Surat Bukti Pembayaran Bea Keluar

Dokumen bea keluar ini wajib disertakan. Karena jika tidak, maka ada masalah lain yang akan kamu hadapi seperti ditolaknya pengajuan PEB dan lain sebagainya.

Semua dokumen itu harus kamu siapkan. Jika dokumen sudah siap, kamu bisa mulai melakukan kegiatan ekspor produk ke luar negeri.

Masalah selanjutnya adalah bagaimana agar produk yang kamu ekspor laku lalu kamu mendapatkan keuntungan. Ini yang juga harus kamu ketahui saat mulai belajar cara ekspor produk ke luar negeri.

Baca juga: Pingin Produk Kamu Diterima Secara Global? Begini Strategi Masuk Pasar Internasional

Langkah-Langkah Melakukan Ekspor Produk ke Luar Negeri

Ilustrasi seorang sedang membungkus produk untuk diekspor
Langkah-langkah melakukan ekspor. Photo by Pexels

Setidaknya ada 4 langkah yang harus kamu lakukan agar kamu benar-benar untung dari bisnis ekspor produk ke luar negeri ini. Apa saja keempat langkah yang dimaksud?

  1. Siapkan Produk yang Ingin Diekspor

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamu harus siapkan produk yang tepat untuk diekspor. Ada dua kriteria yang harus kamu pahami. Yang pertama, produk tersebut ada di Indonesia. Akan lebih baik jika produk tersebut murah ketika dijual di dalam negeri tapi harganya tinggi di luar negeri.

Yang kedua, temukan negara yang membutuhkan produk tersebut. Dalam hal ini, kamu perlu melakukan riset. Misalnya saja kamu bisa browsing dan mempelajari masyarakat di sebuah negara. Kenali apa yang mereka butuhkan. Jika ternyata produk yang ada di dalam negeri sesuai dengan yang mereka butuhkan, kamu bisa melakukan ekspor.

Melakukan riset di internet sepertinya tidak cukup. Kamu juga perlu untuk datang dan berkunjung ke negara yang menjadi target. Ini akan membuat kamu benar-benar mengerti apakah produk yang akan kamu ekspor sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana atau tidak.

  1. Sudah Ada Pembeli 

Ketika kamu datang mengunjungi negara yang kamu target, kamu juga bisa sekaligus mencari pembeli. Atau setidaknya kamu bisa partner bisnis di sana.

Setelah itu, kamu bisa berikan surat penawaran atau yang sering disebut dengan offering letter/quotation. Setelah itu, kamu bisa membuat surat kesepakatan untuk menjalin kerja sama.

  1. Siapkan Dokumen Ekspor

Sudah siap dengan produk dan juga pembeli atau partner di luar negeri? Langkah berikutnya adalah menyiapkan dokumen seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Karena partner biasanya lebih senang ketika dokumen yang diperlukan itu sudah diurus oleh eksportir.

  1. Lakukan Pengiriman

Dokumen sudah siap? Produk bisa dikirim ke negara yang dituju. Usahakan agar kamu juga menyertakan asuransi ketika proses pengiriman dilakukan. Dengan adanya asuransi ini, maka akan pengembalian uang kerugian ketika ada hal yang tidak diinginkan, seperti terjadi kecelakaan saat proses pengiriman atau terjadi kerusakan barang.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pelajari tentang cara ekspor produk ke luar negeri. Memang benar ekspor barang itu membutuhkan proses yang panjang. Namun, jika kamu sudah menemukan jalannya, kamu akan tahu bahwa bisnis ini sangat menjanjikan. 

Yang pasti, pasar tidak hanya di dalam negeri. Ada pasar di luar negeri yang patut untuk digarap. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari produk untuk market di luar negeri yang tepat.

Artikel Lainnya