5 Nasihat Agar Pebisnis Semakin Untung di 2020

Bisnis untung 2020.
Agar bisnis meraih untung di 2020. Photo by @adeolueletu
Waktu baca: 3 menit

Pada 2019 ini banyak orang yang mencoba untuk memulai bisnisnya. Selama perjalanannya hingga menjelang akhir tahun ini, ada usaha yang sudah mendapatkan keuntungan, hingga ada yang hampir mengalami kebangkrutan. Bila usahamu sedang berada dalam ambang kerugian, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, setiap bisnis pasti ada tahapan dan mengalami kerugian itu wajar.

Maka dari itu, menjelang pergantian tahun ini, sebagai seorang pebisnis kamu harus memperhatikan beberapa nasihat agar semakin untuk di tahun 2020 nanti. Berikut ini nasihat agar pebisnis bisa meraih untung pada 2020 nanti.

Buat karyawanmu lebih bahagia

Nasihat agar pebisnis untung adalah dengan membuat karyawannya bahagia.
Buat karyawan bahagia. Photo by Pexels

Agar bisnismu bsia berjalan dengan lancar, usahakan untuk membuat karyawanmu lebih bahagia. Dengan karyawan bahagia, kinerja mereka pun bisa meningkat. Perlu diingat, bahwa untuk meningkatkan kebahagiaan karyawan tidak hanya soal kesejahteraan atau kenaikan gaji. Namun, mencakup hal-hal non materil seperti pelatihan keterampilan, suasana kerja yang nyaman, dan lain sebagainya.

Jadi sales yang baik untuk bisnismu

Jadi sales untuk usahamu sendiri.
Jadi sales untuk usahamu sendiri. Photo by Pexels

Apapun produk yang ditawarkan, jika itu adalah bisnsimu maka sudah pasti harus dijual dan ditawarkan. Sebagai seorang pendiri usaha, maka kamu harus menguasai produk tersebut dengan baik sehingga bisa memasarkan barang daganganmu tersebut. Belajarlah untuk memahami kebutuhan dari konsumen. Terapkan strategi dengan benar agar usahamu bisa berkembang.

Awasi arus kas dengan cermat

Awasi arus kas dengan cermat.
Awasi arus kas dengan cermat. Photo by Pixabay

Penjualan yang baik tentu tidak menjamin sehatnya perusahaanmu tanpa adanya arus kas yang baik. Maka dari itu, agar perusahaanmu tetap sehat, kamu harus memperhatikan arus kas dengan cermat. Dengan kas yang sehat, usahamu bisa bertahan lama.

Jadi orang yang terbuka

Dengan menjadi orang yang terbuka, anda bisa lebih terbuka terdapat nasihat agar bisa untung.
Jadi orang yang terbuka. Photo by @austindistel

Dalam menjalankan usaha, kamu harus siap menerima kritikan, masukan, saran, dan lainnya. Bisa jadi masukan-masukan itu bisa berguna untuk berjalannya bisnsismu di masa yang akan datang. Tak perlu sungkan untuk membuka obrolan dan bertukar pikiran dengan orang lain termasuk pengusaha yang lebih senior dan bahkan mungkin karyawanmu. Dengan mendengarkan dan mengamati insight mereka, maka bisa berguna untuk perkembangannya ke depan.

Rekrut tim yang tepat

Lakukan rekrutmen tim dengan baik.
Lakukan rekrutmen tim dengan baik. Photo by @youxventures

Rekrutmen karyawan merupakan bagian dari langkah penting yang harus dilakukan. Dalam merekrut tim tentunya harus punya visi misi yang sama dan harus bisa saling mengisi serta memahami kekurangan satu sama lain. Dengan tim yang tepat, usahamu ke depan bisa berkembang menjadi lebih baik dan makin lancar.

Baca juga: 5 Tips yang Harus Dilakukan untuk Pertahankan Bisnis

Itulah nasihat yang perlu diperhatikan pebisnis agar semakin untung pada 2020 nanti. Semoga bermanfaat dan bisnismu bisa meraih keuntungan sesuai dengan apa yang diinginkan.

Mungkin Anda juga menyukai