Mengenal Bisnis Eco Racing, dari Kontroversi Menjadi Viral

Mengenal Bisnis Eco Racing, dari Kontroversi Menjadi Viral
Mengenal Bisnis Eco Racing, dari Kontroversi Menjadi Viral. Photo by @ynwasso
Waktu baca: 4 menit

Kamu pernah mendengar istilah bisnis Eco Racing? Jika belum, yuk simak penjelasan rincinya pada uraian artikel di bawah ini agar paham apa itu Eco Racing.

Istilah Eco Racing ini pernah begitu kontroversial merebak di tanah air pada sekitar tahun 2017 yang lalu.  Hal tersebut karena Eco Racing membuat terobosan baru yang cukup menggemparkan dunia otomotif Indonesia dengan klaim produk andalannya.

Yaitu produk yang akan membuat bahan bakar ramah lingkungan sekaligus menjadikan konsumsi BBM menjadi lebih hemat. Tentu saja klaim itu pun menuai pro kontra dari banyak kalangan baik otomotif maupun industri.

Apa Itu Bisnis Eco Racing?

Bisnis Eco Racing sebenarnya adalah bisnis bahan bakar yang berasal dari gagasan Febrian Agung Budi Prasetyo. Tak seperti jenis bahan bakar lainnya, bentuk Eco Racing adalah berupa pil yang berfungsi sebagai fuel booster saat bercampur dengan BBM kendaraan.

Pil fuel booster ini diklaim ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan organik. Untuk memasarkan produk miliknya tersebut, Febrian Agung Budi Prasetyo pun kemudian mendirikan PT BEST, yaitu PT Bandung Eco Sinergi Teknologi. 

Bagi para pemilik kendaraan, penggunaan pil fuel booster dari PT BEST ini akan memberikan dua keuntungan sekaligus. Yaitu terjadinya peningkatan performa mesin dan oktana (cetane) sehingga kendaraan pun dapat menjadi lebih hemat dalam konsumsi BBM.

1. Prinsip Bisnis Eco Racing

Tujuan awal penciptaan fuel booster yang dipasarkan oleh PT BEST ini adalah membantu masyarakat luas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Yaitu melalui penghematan pengeluaran bahan bakar kendaraan serta penjualan pil fuel booster.

Guna melancarkan misinya tersebut, PT BEST pun menawarkan sistem multi-level marketing atau MLM pada anggota masyarakat yang berminat. Bisnis ini diyakini oleh pihak PT BEST sangat potensial mengingat tingginya kebutuhan seluruh lapisan masyarakat akan BBM.

Dengan begitu, sudah pasti akan tersedia pangsa pasar yang sangat luas untuk memasarkan produk tersebut. Karena siapa yang akan dapat menolak jika dapat melakukan penghematan pada konsumsi BBM kendaraan miliknya, bukan?

2. Legalitas Bisnis

Di awal pendiriannya yaitu tahun 2017 hingga sekitar 2018, bisnis Eco Racing menuai banyak sekali kontroversi.

Berikut beberapa alasan bisnis Eco Racing yang berkembang pada masyarakat saat itu:

  • Sistem perdagangan yang diusung Eco Racing menerapkan skema ponzi yang terkategorikan haram karena riba.
  • Klaim produk yang dapat menghemat BBM tak terbukti.
  • Satgas Waspada Investasi memasukkan Eco Racing sebagai produk yang tak berizin.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, semua isu tersebut dapat ditepis oleh PT BEST dengan dikantonginya fatwa dari Majelis Ulama Indonesia. 

Yang mana MUI menyatakan jika bisnis Eco Racing PT BEST telah sesuai dengan syariat Islam karena merupakan bisnis perdagangan serta jasa.

Kemudian pada 24 Mei 2019, status sebagai investasi ilegal pun hilang dengan keluarnya izin penjualan produk memakai sistem multi-level marketing. Izin tersebut dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan melalui SIUPL atau Surat Izin Usaha Penjualan Langsung. 

Jenis produk Eco Racing

Bisnis eco racing.
Jenis produk eco racing. Photo by Pexels

Eco Racing adalah zat tambahan bagi bahan bakar kendaraan yang berasal dari berbagai bahan organik secara keseluruhan. Itulah mengapa zat aditif ini pun menjadi sangat aman baik bagi mesin maupun bagi manusia. Produk Eco Racing ini sendiri ada 3 jenis, yaitu

1. Eco Racing Motor

Produk yang pertama adalah Eco Racing Motor. Jenis zat tambahan untuk penghemat BBM ini adalah produk premium yang berkelas dunia. Produk ini lahir dari hasil penelitian yang berlangsung lebih dari 10 tahun serta telah menjalani uji mutu.

Tes kualitas atau uji mutu bisnis Eco Racing tersebut berlangsung di laboratorium uji emisi yang ternama. 

Selain itu produk penghemat BBM ini juga telah melalui berbagai tes mutu lainnya seperti uji performa mesin kendaraan via dynotest serta pengujian langsung ribuan kendaraan bermotor.

Bentuk dari produk penghemat BBM ini berupa pil Eco Racing Motor dengan zat tambahan yang fungsi utamanya sebagai pelindung mesin. Cara perlindungan mesin kendaraan tersebut adalah dengan meningkatkan Research Octan Number dari BBM.

Dengan begitu maka penggunaan bahan bakar pun akan bisa dihemat sekaligus meminimalisir gas buangan CO sampai 100%. 

Kemasan produk Eco Racing motor ini berupa boks dengan 50 buah pil di dalamnya, dimana setiap 1 pil dapat dicampur pada 4 liter BBM Pertalite.

2. Eco Racing Mobil

Produk selanjutnya adalah Eco Racing Mobil. Sebagaimana nama yang disandang, produk ini khusus bagi jenis kendaraan beroda empat. Aturan penggunaan pil untuk menghemat bahan bakar kendaraan ini adalah, setiap 1 butir pil bisa kamu campurkan dengan 20 – 30 liter BBM. 

Untuk jenis bahan bakar yang disarankan adalah pertalite serta pertamax. Produk Eco Racing Mobil ini juga merupakan produk premium yang telah melalui serangkaian penelitian serta tes kelayakan.

Sebagaimana produk Eco Racing motor, Eco Racing Mobil juga terbuat dari bahan alami yang sangat aman bagi lingkungan serta manusia.

3. Eco Racing Diesel

Produk Eco Racing yang paling akhir adalah Eco Racing Diesel. Yaitu zat aditif yang dibuat khusus bagi jenis kendaraan yang memakai mesin diesel. Sebagaimana bentuk kedua jenis Eco Racing sebelumnya, zat tambahan BBM ini juga berbentuk pil.

Untuk aturan penggunaannya, yaitu setiap 1 butir pil zat aditif dapat kamu campur dengan 50 sampai 70 liter Solar. 

Baca juga: Alasan Berani Memulai Bisnis, Jangan Ragu!

Manfaat Eco Racing

Produk andalan dari Bisnis Eco Racing milik PT BEST memiliki beberapa manfaat yang akan berguna bagi mesin kendaraan. Di bawah ini adalah daftar dari sejumlah manfaat yang datang dari produk Eco Racing tersebut, yaitu antara lain:

1. Meningkatkan Kualitas & Menghemat BBM

Pil tambahan Eco Racing akan mampu untuk membantu meningkatkan kualitas bahan bakar kendaraan dengan cara meningkatkan kualitasnya. Yaitu meningkatkan antara 5 hingga 10 oktan untuk bahan bakar kendaraan berjenis bensin.

Sedangkan untuk jenis bahan bakar Solar, dengan menggunakan pil Eco Racing maka akan dapat meningkatkan  2 hingga 5 cetane. Dengan kata lain maka kualitas bahan bakar kendaraan kamu akan dapat meningkat sebesar 30 hingga 50%.

Tak hanya itu, karena terbuat dari bahan-bahan yang 100% organik maka pil aditif ini juga akan mampu mengurangi kadar polusi. Sekaligus mengurangi jumlah gas buang (karbondioksida) yang berasal dari kendaraan.

2. Merawat Mesin

Manfaat dari pil Eco Racing yang kedua adalah mampu untuk merawat mesin. Hal tersebut karena zat yang terdapat pada pil penghemat BBM tersebut akan dapat membersihkan endapan atau kerak di dalam mesin.

Selain itu zat tambahan Eco Racing juga akan dapat memperbaiki bagian dinding mesin. Yang mana hal tersebut terjadi karena penggunaan teknologi nano, sehingga optimalisasi pada bagian kompresi dan akselerasi tetap optimal.

3. Menyempurnakan Pembakaran

Manfaat terakhir dari pil tambahan Eco Racing adalah mampu untuk melakukan penyempurnaan bahan bakar. Caranya adalah dengan memusnahkan blocking sehingga akan menambah tenaga serta akselerasi mesin.

Keadaan inilah yang akan mampu menghemat konsumsi BBM hingga 50% dan secara tak langsung akan memperpanjang usia mesin. Nah bagaimana, menarik bukan? 

Demikianlah penjelasan mengenai bisnis Eco Racing yang saat ini telah menjadi lahan bisnis baru yang menarik untuk kamu jajal. Semoga uraian di atas dapat menjawab rasa penasaran akan bisnis otomotif yang satu ini.

Mungkin Anda juga menyukai