Daftar Biaya Liburan ke Jepang yang Harus Dipersiapkan

Biaya Liburan ke Jepang
Daftar Biaya Liburan ke Jepang yang Harus Dipersiapkan. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Siapa yang tidak tahu Jepang? tempat wisata favorit yang sampai kini masih menduduki posisi teratas. Lantas, berapa biaya liburan ke Jepang yang harus dipersiapkan? Untuk kamu yang ingin berlibur ke negeri sakura tersebut, perhatikan ulasan lengkapnya dibawah ini. 

Seperti yang diketahui, keindahan Jepang yang terlihat di film maupun anime memang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di benua Asia. Meski begitu, banyak anggapan jika budget liburan ke Jepang bisa sangat mahal. Apakah benar demikian? 

Biaya-biaya yang Perlu Dipersiapkan untuk Liburan ke Jepang

Biasanya, cara paling mudah untuk pergi liburan ke luar negeri adalah dengan memesan paket tour yang sudah disediakan biro-biro perjalanan di Indonesia. Disini, berbagai akomodasi dan itinerary liburan sudah diatur oleh pihak biro perjalanan. 

Namun, jika kamu ingin berlibur sendirian, berikut ini berbagai biaya liburan ke Jepang 2022 yang harus dipersiapkan:

1.Tiket Pesawat

Terdapat dua kota di Jepang yang bisa dituju sebagai tempat berlibur nantinya, yaitu Tokyo dan Osaka. Harga tiket ke Jepang dari Jakarta berkisar antara Rp 8 jutaan lebih jika Anda menggunakan maskapai full service seperti ANA, JAL dan lainnya. 

Adapun pilihan yang cukup terjangkau seperti Thai Lion dan Air Asia dan dengan harga  kisaran antara 5 jutaan. 

2. Visa

WNI atau Warga Negara Indonesia harus menyediakan visa sebagai bukti izin keluar masuk Jepang. Biaya pembuatan visa single entry pada April 2022 adalah sekitar Rp 410.000 dan multiple entry sekitar Rp 810.000.

Pastikan paspor yang dimiliki belum kadaluarsa saat Anda ingin mengurus visa ke Jepang. Perhatikan pula masa berlaku paspor untuk lebih dari 6 bulan pada saat keberangkatan nanti, bukan pada saat melakukan pengajuan visa. 

3. Penginapan

Tarif biaya liburan ke Jepang yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah memilih penginapan. Tarif satu kamar single bed untuk hotel bintang 2 yaitu sekitar JPY 3000-5000, dan untuk kamar dua orang double bed sekitar JYP 6000-8000. 

4. Transportasi

Para wisatawan bisa menggunakan beberapa transportasi lokal yang ada di Jepang seperti bus, kereta, dan taksi. Tetapi, tarif untuk sekali naik transportasi umum memang cukup mahal. Misalnya saja kereta, biaya sekali naik kereta kurang lebih 230 yen. 

5. Makan

Harga makanan Jepang sebenarnya tidak jauh beda dengan menu di restoran-restoran Jepang di Indonesia. Oleh karena itu, lebih baik untuk memilih makanan yang tak menguras kantong selama berada di sana. 

Anda bisa memilih minimarket 7-Eleven atau Lawson yang biasanya menjajalan bento atau makanan berat dengan kisaran harga Rp 50.000. Makanan di restoran fastfood seperti KFC dan McD juga cukup terjangkau di kisaran harga 50.000.

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya liburan ke Jepang selama 7 hari ada di kisaran Rp 10 jutaan. Semua perkiraan diatas tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan gaya liburan masing-masing. 

Baca juga: Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau

Persyaratan Mengunjungi Jepang

Nah, jika sudah menganalisis berapa banyak dana yang harus dikeluarkan saat pergi ke Jepang, adapun beberapa persyaratan untuk masuk ke Jepang bagi warga asing sesudah Jepang membuka bordernya untuk dunia setelah tutup akibat pandemi covid 19.

1.Memperoleh dokumen sertifikat yang mana terdaftar di  ERFS (Entrants, Returnees Follow-up System) melalui biro perjalanan yang berada di Jepang sebagai lembaga penerima dan pinjaman di Jepang. 

2. Bagi Anda pemegang paspor biasa atau bagi yang memiliki masa tinggal lebih dari 16 hari, harus mengumpulkan persyaratan sebagai berikut:

  • Fotocopy KTP
  • Formulir aplikasi visa
  • Kartu paspor yang masih berlaku
  • Pasfoto (dengan kuran 45mm × 35mm) 
  • Sertifikat sudah terdaftar di  ERFS
  • Untuk mahasiswa aktif, siapkan dokumen yang menerangkan status mahasiswa
  • Dokumen yang isinya menjelaskan kemampuan ekonomi atau  finansial untuk melakukan perjalanan

3. Hasil negatif CPR maksimum 3×24 jam sebelum melakukan keberangkatan ke Jepang. 

Rekomendasi Destinasi Wisata di Jepang

Banyak tempat wisata gratis di Jepang seperti kuil, taman, atau sekedar shopping district seperti Harajuku atau Akihabara. Nah, untuk kamu yang mempunyai biaya liburan ke Jepang budget minim, berikut ini destinasi wisata gratis yang bisa dikunjungi. 

1.Tomita Farm

Di Jepang ada sebuah pertanian yang terkenal dengan kebun lavendernya, yaitu Tomita Farm. Kebun ini buka setiap musim gugur dari pukul 10.00 sampai 16.30. Disini wisatawan bukan hanya bisa melihat-lihat pemandangan kebun lavender tapi juga berbagai jenis bunga. 

2. Gunung Fuji

Siapa yang tidak pernah mendengar Gunung Fuji? Tentunya nama tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga. Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian lebih dari 3500 meter.  

Letak gunung ini berada di antara Yamanashi dan Shizuoka serta dapat dilihat dari Tokyo dan Yokohama jika hari sedang cerah. Selain itu, gunung ini juga dapat terlihat ketika kamu pergi menaiki kereta dengan rute Tokyo-Osaka. 

3. Happo-en

Dulunya Happo-en adalah kediaman para samurai di abad ke 17, namun kini Happo-en berubah menjadi tempat wisata Jepang yang bisa didatangi siapa saja. Disini wisatawan akan merasa tersedot kembali ke masa lalu tepatnya periode Edo. 

4. Odaiba

Untuk kamu yang memiliki biaya liburan ke Jepang dengan budget terbatas, jangan lupa berkunjung ke Odaiba yang merupakan pulau buatan di sebelah selatan Tokyo. Meskipun pulang buatan, para pengunjung bisa menikmati fasilitas yang sangat lengkap. 

Ada beberapa spot super menarik yang bisa dinikmati di Odaiba seperti indahnya matahari terbenam dengan pemandangan lautan Jepang, taman cantik dan menakjubkan di Ariake Nishi Park, serta berburu kuliner di Aqua City Odaiba. 

5. Gunung Takao

Gunung Takao merupakan destinasi wisata Jepang yang cukup difavoritkan oleh para pecinta hiking. Tidak perlu khawatir, gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang terbilang mudah sehingga siapapun bisa mendaki gunung tersebut. 

Bahkan, tak jarang dijumpai kakek maupun nenek yang mendaki Gunung Takao. Rute pendakian pun beragam, mulai dari rute termudah hingga rute yang cukup sulit dan harus ditempuh hingga puluhan kilometer. 

6. Tokyo Tower

Tokyo Tower adalah menara baja tertinggi yang menopang dirinya sendiri dan lebih tinggi 13 meter daripada menara Eiffel. Biaya liburan ke Jepang atau biaya mengunjungi Tokyo tower ini sekitar JPY 800-900 (Rp 102 ribu – Rp 115 ribu). 

Selain bangunan ini, para wisatawan pun dapat mengunjungi “One Piece Tower”, sebuah wahana bermain indoor yang memiliki tema karakter unik dari serial One Piece. 

7. Koishikawa Botanical Garden

Kebun Raya Koishikawa Shokubutsuen ini merupakan salah satu fasilitas publik yang bisa dinikmati di dalam University of Tokyo, sebuah universitas yang paling bergengsi di Jepang. 

Kebun seluas 160.000 meter persegi tersebut mempunyai sekitar 4000 varian tanaman dan memiliki pemandangan kebun Jepang yang tradisional. Keunikannya Koishikawa Botanical Garden adalah panoramanya pada musim semi dan musim gugur. 

Demikian rincian biaya liburan ke Jepang serta berbagai rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi nantinya.

Mungkin Anda juga menyukai