Inilah 10 Berlian Termahal di Dunia Menurut Data Tahun 2022

Berlian
Inilah 10 Berlian Termahal di Dunia Menurut Data Tahun 2022. Photo by @tahliaclaire
Waktu baca: 4 menit

Status berlian termahal di dunia selalu berubah dari era ke era. Hal ini karena nilai berlian fluktuatif dan terkadang ditemukan berlian baru dengan nilai kelangkaan yang melebihi berlian lain sebelumnya. Siapa pemilik berlian termahal di dunia? Berlian seperti apa yang paling mahal? Apa daya tarik berlian mahal tersebut? Jika penasaran tentang pertanyaan ini, mari list 10 berlian berikut ini dimulai dari harga rendah ke paling mahal!

Daftar 10 Berlian Termahal di Dunia

  1. The Princie (39,3 juta US Dollar)

Berlian yang ditemukan di India sejak 300 tahun lalu ini memiliki ukuran 36,65 carats. The Princie juga mendapatkan grade warna Fancy Intense Pink yang sangat jarang ditemukan. Jika dipaparkan pada cahaya ultraviolet, berlian ini akan berbinar orange kemerahan. Tampilannya yang unik ini membuat harganya mencapai 39,3 juta US Dollar.

  1. Berlian Pink The Graff (46,2 juta US Dollar)

Berlian ini memiliki nama The Graff karena ditemukan oleh Laurence Graff pada tahun 2010. Laurence menemukannya di Sotheby’s Magnificent Jewels Sale yang berada di area Geneva. Berlian dengan ukuran 24,78 carats ini memiliki tampilan pink pekat dengan area dalam yang tidak bercela. Karena itu tidak aneh jika harganya bisa mencapai 46,2 juta US Dollar.

  1. The Blue Moon of Josephine (48,4 juta US Dollar)

Berlian yang dihargai 48,4 juta US Dollar ini memiliki ukuran 12,03 carats dengan warna biru yang unik. Berlian ini mendapatkan harganya setelah melalui lelang di Sotheby’s Auction, Geneva.

Berlian ini awalnya bernama Blue Moon, namun berganti nama menjadi The Blue Moon of Josephine setelah pembeli dari Hongkong yang bernama Joseph Lau Luen Hung. Perubahan nama ini adalah sebagai tanda hadiah bagi anak perempuannya yaitu Josephine.

  1. Berlian Biru The Oppenheimer (57,5 juta US Dollar)

Pada saat dijual pada pelelangan di tahun 2016, The Oppenheimer sempat dinyatakan sebagai berlian dengan harga lelang tertinggi. Namun rekor ini tidak bertahan lama karena pada tahun 2017 dipatahkan oleh berlian Pink Star.

Berlian ini memiliki ukuran sebesar 14,62 carats dan berbentuk persegi dengan potongan mirip batu emeralds. Sampai saat ini, berlian The Oppenheimer masih menempel pada cincin platinum yang menjadikannya perhiasan satu set. Untuk mendapatkan perhiasan ini, kamu harus siap keluarkan uang sebesar 57,5 juta US Dollar atau sekitar 845 miliar Rupiah. 

Baca juga: Intip Gaji Pemain Bola Termahal di Dunia Saat Ini

  1. The Regent (61 juta US Dollar)

Berlian termahal di dunia ini memegang rangking 6. The Regent memiliki bentuk seperti bantal dan memiliki ukuran 140,64 carat. Sebagai berlian dengan tampilan rapi, The Regent juga menjadi display piece yang terkenal untuk ditampilkan pada The Louvre, Paris.

Di ceritakan berlian ini ditemukan oleh budak yang berada di pertambahan Kollur, India. Ia menyembunyikan berlian ini di balutan perban kakinya. Sayanya, budak ini meninggal dibunuh pelaut yang mencuri berlian tersebut dan menjualnya ke pedagang kaya India. Setelah sempat berpindah tangan beberapa kali, berlian ini akhirnya sampai ke tangan Philippe II Duke of Orleans pada tahun 1717.

Statusnya yang mencapai kerajaan Perancis memastikan berlian ini tidak lagi dapat dibeli oleh siapapun. Sampai saat ini kamu hanya bisa melihatnya di Museum Louvre saja. Diestimasi jika berlian ini bisa dibeli, orang – orang tidak akan segan mengeluarkan uang sampai 61 juta US Dollar untuk mendapatkannya.

  1. CTF Pink Star (71,2 juta US Dollar)

Berlian yang ditemukan pada tahun 1999 di tambang berlian De Beers, Afrika Selatan ini langsung dibeli oleh Steinmetz Group. Setelah dibeli, berlian dengan ukuran 59,6 carats ini diproses oleh 8 pihak berbeda selama 20 bulan.

Proses tersebut menghasilkan berlian dengan bagian internal yang jernih tanpa cela dan warna pink yang sangat berbeda. Tampilan yang unik ini membuat berlian dengan nama Bintang Pink dihargai mencapai 71,2 juta US Dollar. 

  1. De Beers Centenary (100 juta US Dollar)

Berlian warna apa yang paling mahal? Jawabannya adalah tanpa warna atau bening. De Beers Centenary adalah berlian dengan grade D untuk warna yang merupakan ukuran terjernih untuk berlian. Hal ini tidak akan dicapai tanpa pemrosesan khusus yang digunakan untuk memotongnya

Saat pertama kali ditemukan mentah, ukurannya mencapai 599 carats. Namun untuk memastikan tampilannya menarik, berlian ini dipotong dan dibuat berbentuk hati. Setelah diproses berlian ini memiliki ukuran 273,85 carats dan dipandang sebagai berlian ketiga terbesar di dunia.

Diperkirakan pada tahun 2022 ini, berlian De Beers Centenary memiliki nilai sekitar 100 juta US Dollar atau sekitar 1,4 triliun Rupiah.

  1. The Hope (250 juta US Dollar)

Berlian The Hope memiliki warna biru karena pengaruh kimia boron di area sekitar penambangan berlian ini. Berlian dengan tampilan unik ini memiliki ukuran 45,52 carat dan menjadi terkenal karena tampilannya yang unik.

Berlian ini diperkirakan selalu berpindah tangan sejak ditemukan 400 tahun yang lalu. Walaupun sejarah awalnya tidak bisa dilacak, diketahui bahwa seorang kolektor bernama Harry Winston menyerahkan berlian ini ke National Museum of Natural History of the United States pada tahun 1958.

Sejak dipajang di museum, berlian ini cukup menarik perhatian dan bahkan sempat menjadi inspirasi perhiasan The Heart of the Ocean pada film Titanik. Karena tampilan, cerita yang misterius dan pengaruh film, harga berlian ini diperkirakan mencapai 3,7 triliun Rupiah sekarang ini.

  1. The Cullinan (Sekitar 400 juta US Dollar)

Berlian bernama The Cullinan ini merupakan berlian mentah terbesar di dunia. Berlian ini mencapai 3.106 karat dan sampai sekarang belum ada yang bisa mengalahkannya dari segi ukuran. Sejak ditemukan pada tahun 1905, berlian ini sudah dikikis untuk membentuk 105 berlian kecil dengan berbagai potongan berbeda.

Pada saat pertama kali ditemukan, berlian ini sudah dipotong menjadi 9 oleh Thomas Cullinan. Potongan terbesar dari berlian ini dinamai The Cullinan I dengan ukuran 530 carats dan sampai sekarang dimiliki Ratu Elizabeth II. Berlian ini dipajang di Tower of London dan masyarakat umum bisa melihatnya.

Ukuran original The Cullinan diperkirakan mencapai harga 400 juta US Dollar di tahun 2022 ini. Jika dirupiahkan, harga ini adalah 5,9 triliun Rupiah.

  1. Koh-I-Noor (Harga Tidak Dapat Dihitung)

Status harga berlian termahal di dunia dipegang oleh Koh-I-Noor. Berlian yang memiliki arti nama Gunung Cahaya (The Mountain of Light) ini memiliki ukuran 105,6 carats. Tampilan kilaunya jernih tidak berwarna dan menjadi bagian dari koleksi The British Crown Jewels.

Berlian ini menjadi batu hiasan utama pada mahkota Queen Mothers yang merupakan milik Ratu Victoria dari Inggris. Bila kamu ingin melihat langsung berlian ini, silahkan kunjungi Tower of London. Di museum tersebut, kamu bisa baca kisah mengerikan tentang berlian ini.

Dikisahkan jika berlian ini dipakai oleh pria, mereka pasti mengalami hal buruk. Maka dari itu mulai dari 1849, berlian ini hanya digunakan wanita saja. Kombinasi cerita, sejarah dimiliki kerajaan besar Inggris dan kualitas berliannya ini menyebabkan Koh-I-Noor ini dipandang tidak bernilai.

Nilai berlian ternyata tidak hanya dilihat dari segi carat, potongan (cut), kejernihan (clarity) dan warna (color). Faktor historis dan cerita seputar berlian tersebut juga bisa menaikan harganya. Informasi ini tentunya bisa berubah dari tahun ke tahun, jadi kamu harus selalu update tentang situasi pasar berlian! Semoga bahasan list 10 berlian termahal di dunia pada artikel ini menarik dan membuka wawasanmu. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Artikel Lainnya