Beda Uang Digital China dengan Bitcoin dan Uang Konvensional

uang digital China
Beda uang digital China dengan bitcoin dan uang konvensional. Photo by Ledger Insight
Waktu baca: 3 menit

Saat ini China secara resmi sudah meluncurkan mata uang digital China. Mata uang digital tersebut dikenal dengan nama Yuan versi digital. Namun yang menarik untuk diketahui adalah apa yang berbeda dengan jenis cryptocurrency lainnya. 

Selain itu dikarenakan Yuan versi digital ini merupakan bentuk inovasi baru dari mata yang resmi negara China, yaitu Yuan, pertanyaannya kemudian adalah apa yang membedakannya dengan uang tunai konvensional pada umumnya? 

Dua point penting yang sepertinya harus kamu ketahui untuk saat ini. Utamanya untuk kamu yang selama ini sering menjadikan cryptocurrency sebagai pilihan investasi. Pasalnya semakin ke sini ada cukup banyak hal baru terkait dengan mata uang kripto ini. 

Mengenal Sekilas tentang Yuan Versi Digital 

uang digital China
Yuan digital. Photo by Asia Times

Mata uang digital negara China sekilas mirip dengan cryptocurrency. Sebab Yuan versi digital ini pun menggabungkan beberapa elemen teknologi blockchain yang umum digunakan oleh cryptocurrency pada umumnya. 

Namun yang membedakannya adalah setiap transaksi yang dilakukan menggunakan uang digital China ini akan dicatat. Selain itu pun bisa dilacak dalam buku digital. Artinya pemerintah China bisa tahu bagaimana, kapan, hingga dimana orang-orang yang menggunakan Yuan versi digital ini. 

Uang digital yang dikeluarkan pemerintah China ini pun tidak semata-mata hanya ikut trend pasar saja. Dikatakan jika pemerintah China sangat serius dengan keputusannya ini. Bahkan dikatakan juga jika Yuan digital ini akan mampu menggantikan uang tunai yang beredar di masyarakat. 

Baca juga: Belajar Cryptocurrency, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Beda Yuan Digital dengan Bitcoin

Bitcoin. Photo by Pixabay

Harus diakui jika hingga saat ini Bitcoin merupakan jenis cryptocurrency paling populer di dunia. Selain itu sebelumnya dikatakan jika uang digital China ini mirip dengan Bitcoin. Meskipun dikatakan mirip, ternyata ada beberapa perbedaan mendasar dari kedua jenis uang digital ini. 

Yuan Digital 

Dari segi kepemilikan, kepemilikan Yuan digital ini diatur secara resmi oleh Pemerintah China lewat Bank Sentral China. Dengan demikian, pemerintah bertanggung jawab untuk mengelola pasokan moneter negara. 

Bitcoin 

Berbeda dengan Yuan digital, Bitcoin ini bersifat desentralisasi. Kemudian semua transaksi Bitcoin di verifikasi oleh semua mesin yang ada di dalam ekosistem ini. Dari segi kepemilikan pun berbeda. BTC tidak dimiliki dan dikendalikan oleh satu entitas saja. Secara pendistribusian, BTC tidak hanya didistribusikan oleh bank sentral. 

Beda Yuan Digital dengan Uang Tunai Konvensional 

Uang konvensional. Photo by Fox Business

Jika dibandingkan dengan uang tunai konvensional, perbedaan paling mendasar adalah mata uang digital China ini diciptakan secara digital. Yuan digital ini sebenarnya masih berupa uang tunai, hanya saja tidak bisa dirasakan secara fisik. 

Secara lebih mudahnya, Yuan digital ini bisa di ibaratkan seperti koin khusus game virtual. Sebuah koin yang hanya bisa dibelanjakan ketika kamu bermain game virtual tersebut. 

Kelebihan utama dari Yuan digital ini adalah penggunanya tidak perlu lagi memiliki rekening bank supaya bisa transaksi online. Meskipun secara penggunaannya tidak berbeda jauh dengan saat bertransaksi menggunakan e-wallet.  

Meskipun demikian, ada perbedaan mendasar dari keduanya. Pasalnya kamu diharuskan untuk memiliki rekening bank terlebih dahulu ketika ingin transaksi digital menggunakan e-wallet

Namun hal seperti itu tidak berlaku pada Yuan digital. Sebab penggunanya tidak diharuskan memiliki rekening bank supaya bisa melakukan transaksi online. Meskipun demikian, pemerintah tetap bisa mengawasi semua transaksi yang terjadi dengan lebih jelas dan real time

Yuan digital ini bisa dikatakan sebagai inovasi baru dari cryptocurrency. Meskipun harus diakui juga jika ada beberapa perbedaan mendasar antara uang digital China ini dengan mata uang kripto pada umumnya. 

Mungkin Anda juga menyukai