Amati Tiru Modifikasi dalam Bisnis Untuk Mencapai Sukses

Amati Tiru Modifikasi dalam Bisnis
Amati Tiru Modifikasi dalam Bisnis Untuk Mencapai Sukses. Photo by @microsoftedge
Waktu baca: 4 menit

Amati tiru modifikasi dalam bisnis adalah sebuah prinsip sederhana dengan melakukan 3 hal. Prinsip ini akan sangat berguna bagi kamu yang ingin memulai usaha baru, akan tetapi masih bingung akan melakukan bisnis apa. 

Dengan strategi amati, tiru, dan modifikasi atau yang biasa disingkat ATM, maka seseorang mungkin akan bisa mendapatkan sebuah ide bisnis. Entah berupa bisnis yang memang benar-benar baru atau merupakan modifikasi dari bisnis lain yang telah ada sebelumnya.

Sudah banyak sekali contoh nyata di dunia usaha, kesuksesan dapat diperoleh dengan memakai prinsip amati tiru modifikasi dalam bisnis. Contohnya saja bisnis kuliner ayam geprek. Nah untuk lebih jelasnya tentang prinsip ATM ini, silahkan ikuti uraian pada artikel berikut ini hingga tuntas.

Baca juga: Menu Kedai Kopi Kekinian yang Harus Dicoba dan Peluang Bisnisnya

Prinsip ATM untuk Kesuksesan Bisnis

Prinsip amati tiru modifikasi adalah sebuah 3 langkah sederhana yang sangat populer pada dunia usaha serta berbagai hal lain. Cara kerja prinsip ATM ini adalah melakukan pengamatan, menirunya serta memodifikasi.

Meski terdapat langkah meniru, namun prinsip kerja ATM ini sama sekali berbeda dengan cara kerja plagiat. Agar lebih jelas silahkan ikuti penjelasan detailnya sebagai berikut:

Amati

Prinsip pertama dalam amati tiru modifikasi dalam bisnis adalah kamu harus melakukan pengamatan terhadap jalannya bisnis yang dibangun oleh kompetitor. Pengamatan di sini mengarah pada tindakan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan produk.

Termasuk juga dengan strategi pemasaran bisnis, ritme kerja usahanya dan lain sebagainya. Nantinya dari hasil pengamatan tersebut kamu harus mampu untuk mengambil kesimpulan lalu menganalisanya.

Hasil dari semua langkah tersebut dapat kamu buat sebagai referensi kerangka berpikir serta tahapan langkah pembangunan bisnis selanjutnya. Jangan lupa lakukan pengamatan juga pada keadaan pasar seperti besaran kebutuhan pasar serta respon pasar terhadap produk tersebut.

Contoh Produk Nyata

Jika kamu masih bingung terhadap prinsip pengamatan dalam dunia bisnis yang akan dapat menghasilkan beragam produk baru lainnya, yuk simak beberapa hasil produk dari contoh mengamati berikut:

1. Sepeda Motor

Contoh paling nyata dari praktik amati tiru modifikasi dalam bisnis yang dapat kamu lihat secara jelas dalam kehidupan sehari-hari adalah pada dunia bisnis industri berskala besar. Contohnya pada industri sepeda motor. 

Kamu pasti tahu jika di tanah air terdapat pabrikan sepeda motor yang bersaing secara ketat guna menguasai pasar motor. Setiap pabrikan motor pasti akan berusaha agar dapat membuat motor yang bagus entah itu dari desain, mesin, atau fiturnya agar dapat diterima oleh pasar.

Hal tersebut mengakibatkan pada pasaran terkadang muncul motor yang secara tampilan dapat dikatakan mirip. Akan tetapi meski begitu, setiap motor tetap akan memiliki konsumennya masing-masing.

Kemiripan hanya akan tampak pada desain luarnya saja. Sedangkan pada bagian fitur, dan mesin kendaraan akan sangat berbeda. Hal tersebut karena terjadi proses modifikasi yang merupakan proses pada tahapan selanjutnya.

2. Sepatu

Contoh nyata lainnya adalah pada dunia industri sepatu. Sudah bukan rahasia lagi jika para produsen sepatu tanah air banyak melakukan proses amati tiru modifikasi dalam bisnis. Biasanya hal tersebut dilakukan para produsen sepatu tanah air pada sepatu merek luar.

Biasanya bagian yang ditiru adalah siluet sepatu bagian luar saja sehingga sekilas akan tampak sebagai sepatu dari luar negeri. 

Tiru

Prinsip yang kedua dari langkah amati tiru modifikasi dalam bisnis adalah meniru suatu produk milik kompetitor. Meski langkah yang harus kamu lakukan terkesan sangat mudah dan sederhana, yaitu meniru, akan tetapi pada praktiknya hal ini tak semudah itu.

Mengapa? Karena ada aspek yuridis yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Apalagi jika ternyata pesaing ternyata telah mempunyai hak paten atas produknya tersebut. Oleh sebab itu yakinkan diri jika prinsip meniru ini kamu gunakan maka terapkan sikap profesional. 

Yaitu memperhatikan semua hal yang berkaitan dengan etika dan hukum yang berlaku.

Hal Yang Dapat Ditiru

Berikut ini beberapa hal dapat Anda tiru pada dunia bisnis, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sistem Manajamen.
  2. Prinsip Bagi Usaha
  3. Pola Kerja yang Diterapkan.
  4. Strategi pada Bidang Pemasaran.
  5. Kualitas dan Standar Pelayanan.
  6. Semangat Berkompetisi.
  7. Proses Produksi (barang atau jasa).
  8. Berbagai Peralatan yang Dipakai.

Akan tetapi pada tahapan meniru ini ada juga beberapa hal yang sudah pasti tak boleh dilakukan. Yaitu meniru merek, logo atau berbagai hal lain yang mendapatkan perlindungan secara hukum.

Modifikasi

Prinsip yang ketiga pada dunia bisnis adalah melakukan modifikasi. Langkah modifikasi ini sangat mutlak kamu lakukan jika ingin sukses pada dunia bisnis. Apabila langkah bisnis yang diambil meninggalkan langkah ketiga ini maka produk yang dilempar ke pasaran monoton.

Bisnismu tak akan sukses karena tidak memiliki nilai lebih dibandingkan produk lainnya. Produk bisnis yang dihasilkan dari proses meniru harus juga melewati tahapan modifikasi agar memiliki warna dan sentuhan berbeda.

Cara Melakukan Modifikasi

Cara memodifikasi suatu produk adalah dengan menambahkan beberapa unsur perubahan agar tak serta merta menjiplak ide bisnis milik kompetitor. Tujuan utama melakukan modifikasi hanya satu yaitu membuat produk yang dihasilkan memiliki unsur yang berbeda.

Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan karena pada dasarnya para konsumen hanya akan mengingat perbedaan yang ada pada produk milikmu apabila dibandingkan dengan milik kompetitor.

Contoh Modifikasi Pada Produk 

Berikut ini beberapa contoh modifikasi produk pada prinsip dasar amati tiru modifikasi dalam bisnis agar kamu mendapatkan gambaran secara lebih detail dan jelas.

1. Ayam Geprek Mozzarella

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan nama makanan ayam geprek yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rasa ayam geprek ini adalah gurih dan pedas. Apabila kamu menggunakan amati tiru modifikasi dalam bisnis maka dapat melakukan sentuhan berbeda.

Misalnya melakukan modifikasi pada ayam geprek dengan memberikan taburan keju mozzarella yang terkenal akan kelezatannya juga. Meski ada banyak bisnis ayam geprek, namun bisnis ini akan mudah diingat konsumen karena keunikannya tersebut.

2. Es Krim Martabak

Prinsip amati tiru modifikasi dalam bisnis juga dapat kamu terapkan pada bisnis kuliner martabak. Rasa original martabak adalah gurih dan lezat yang bisanya akan disajikan dalam kondisi hangat. 

Modifikasi yang dapat kamu lakukan adalah membuat martabak dengan rasa manis dan dingin karena bukan rempah dan daging yang menjadi isiannya. Namun isiannya menggunakan es krim dan meses beraneka rasa.Prinsip utama yang harus kamu lakukan pada kegiatan amati tiru modifikasi dalam bisnis melakukan adalah melakukan penyegaran. Hal tersebut berguna agar produk tak menjadi sama serta memiliki nilai jual lebih. Bagaimana, apakah kamu sudah mengerti? Semoga membantu ya!

Mungkin Anda juga menyukai