Mengenal Aplikasi Clubhouse yang Sempat Tenar Belakangan Ini

Aplikasi Clubhouse
Mengenal Aplikasi Clubhouse yang Sempat Tenar Belakangan Ini. Photo by @artcoastdesign
Waktu baca: 3 menit

Belakangan ini, terdapat media sosial baru yang booming di sekitar masyarakat. Namanya adalah aplikasi Clubhouse. Nah, apakah kamu juga sudah mengetahuinya?

Sosial media yang satu ini sebenarnya lahir pada bulan Maret 2020 yang lalu. Semenjak peluncurannya, aplikasi tersebut mendapatkan sambutan hangat dari para pengguna. Apalagi setelah CEO Tesla Elon Musk mempraktikkan penggunaannya untuk interview ke beberapa kliennya.

Sontak, kepopulerannya semakin naik. Sejauh ini, aplikasi tersebut mulai diperhitungkan oleh sebagian masyarakat di dunia. Tidak terkecuali dengan masyarakat di Indonesia.

Sebelum melangkah lebih jauh dengan mengunduh aplikasi, ada baiknya kamu memahami apa itu Clubhouse dan bagaimana cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Clubhouse?

Pengertian clubhouse. Photo by @williamk

Sebagian orang masih asing dengan aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi tersebut baru saja dirilis satu tahun terakhir.

Aplikasi Clubhouse sendiri merupakan salah satu media sosial yang memfokuskan diri pada obrolan suara. Konten yang dibagikan murni berupa audio. Jelas, ini sangat berbeda dengan media sosial lain yang sudah kamu kenal selama ini.

Para pemilik akun bisa bertindak sebagai pemateri atau pendengar. Obrolan yang disajikan berdasarkan dengan ketertarikan kategori. Contohnya berkaitan langsung dengan tema olahraga.

Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Paul Davinson yang merupakan pemilik Silicon Valley. Sejauh ini, hampir puluhan juta pengguna telah menggunakannya setiap minggunya. Yakni mendengarkan obrolan ringan di dalam ruang digital.

Kepopulerannya tampak semakin jelas. Ini terlihat ketika beberapa tokoh penting pernah menggunakannya. Contohnya adalah Elon Musk (CEO Tesla) dan Mark Zuckerberg (Pemilik Facebook).

Selain itu, kenaikan pengguna ini dilatarbelakangi oleh pandemi yang memaksa seseorang harus tinggal di rumah. Dari sini, masyarakat masih bisa mencari hiburan atau mendapatkan informasi baru melalui siaran audio setiap saat.

Meskipun begitu, tidak sembarang orang bisa menggunakannya. Pasalnya, aplikasi ini masih terbatas untuk pengguna iOS. Sementara pengguna OS, tampaknya perlu menunggu lebih lama lantaran aplikasi tersebut belum kompatibel.

Tercatat, belum ada versi yang tersedia untuk OS Android. Jika kamu menemukannya hari ini, ada baiknya untuk mengabaikannya. Pasalnya, ini bisa berupa tindakan pemalsuan yang bisa mengancam data keamanan ponselmu.

Baca juga: 5 Tren Karier yang Diprediksi Booming di 2021

Cara Daftar Clubhouse

Daftar clubhouse. Photo by Pexels

Perlu digarisbawahi bahwa pengguna yang bisa menikmati layanan ini hanya seseorang yang mendapatkan undangan dari pengguna lain. Jika tidak, kamu belum bisa menikmati layanan obrolan chat di aplikasi Clubhouse tersebut.

Tetapi sebagai langkah persiapan, kamu memang harus membuat akun terlebih dahulu. Setidaknya, akun inilah yang akan dilihat oleh orang lain berdasarkan ketertarikan minat. Untuk cara bergabungnya adalah sebagai berikut.

  1. Unduh Clubhouse apps
  2. Buatlah username di aplikasi
  3. Masukkan nomor ponsel yang aktif
  4. Isi kode akses yang dikirimkan melalui sms
  5. Lengkapi akun dengan nama asli
  6. Tentukan username yang diinginkan
  7. Dapatkan undangan dari pengguna clubhouse
  8. Masuk dengan username untuk mengikuti obrolan sesuai kategori

Cara Menggunakan Clubhouse

Cara menggunakan clubhouse. Photo by @goodfacesclub

Jika dilihat dari cara kerjanya, tidaklah sulit untuk menggunakan aplikasi tersebut. Pemilik akun hanya perlu menunggu rekomendasi dari teman lainnya. Khususnya berkaitan dengan ketertarikan topik yang diobrolkan dalam aplikasi.

Sewaktu kamu telah mendaftarkan diri. Kamu hanya perlu menunggu teman atau kolega agar mau mengundang. Setelah mendapatkan undangan dari teman, barulah bisa mengikuti siaran yang diselenggarakan oleh penyelenggara.

Umumnya, pengguna baru akan bertindak sebagai peserta. Sementara itu, ada narasumber yang bakalan menjadi pemateri. Di sini, peserta bisa memberikan tanggapan yang berupa audio di sela-sela waktu.

Untuk mendapatkan undangan dari teman, usahakan bahwa kamu memang melengkapi profil ketika melakukan pendaftaran. Jangan lupa untuk memasukkan nomor ponsel. Begitu pula menentukan topik/kategori yang diminati.

Setidaknya, profil inilah yang akan dilihat oleh pengguna lainnya. Jika pengguna tersebut menemukan profilmu, Kamu berkesempatan untuk mendapatkan invitation. Dari sinilah, kamu bisa memasuki ruang digital untuk mengikuti pembahasan sesuai topik yang disajikan oleh pemateri.

Itulah kurang lebih ulasan mengenai aplikasi Clubhouse. Aplikasi ini menjadi terobosan terbaru dalam berkomunikasi tentang suatu hal secara eksklusif. Disajikan untuk membentuk komunitas kecil yang terfokus pada pembicaraan khusus untuk memperluas wawasan dan lain sebagainya.

Mungkin Anda juga menyukai