Penjelasan Singkat Mengenai Trik agar Pinjaman Online di ACC

kenapa pinjaman online selalu gagal
Penjelasan Singkat Mengenai Trik agar Pinjaman Online di ACC. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Setiap orang memiliki alasan kenapa akhirnya memilih pinjaman online. Namun, mereka harus tahu trik agar pinjaman online di ACC.  Banyak orang yang menganggap pinjaman online itu mudah sekali. Bahkan, sepertinya pihak pemberi pinjaman justru memberikan jalan tol. Semuanya dibuat secara lebih murah. Ini disebabkan perusahaan pinjaman online memang mencari orang yang membutuhkan uang.

Akan tetapi, kamu harus tahu satu hal. Ada juga lho perusahaan pinjaman online yang sulit sekali memberikan ACC atas pinjaman yang diajukan. Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan legal yang ketat sekali dalam menerapkan aturan. 

Berbeda dengan perusahaan pinjaman online abal-abal atau ilegal. Mereka pasti dengan sangat mudah meng-ACC. Mereka memang fokus mencari peminjam uang. Setelah uang sudah cair, mereka akan terus memburu agar uang segera dikembalikan dengan bunga yang sangat tinggi.

Kamu harus berhati-hati saat melakukan pinjaman online. Sudah banyak sekali korban pinjol ilegal. Mereka mudah sekali memberikan pinjaman. Namun, imbasnya di akhir biasanya yang membuat peminjam keberatan.

Untuk itu, pastikan kamu mengajukan pinjaman di perusahaan pinjol legal. Yaitu perusahaan pinjol yang sudah terdaftar di OJK. Jika merasa kesulitan atau selama ini pinjaman sering ditolak, kamu hanya perlu belajar tentang trik agar pinjaman online di ACC.

Baca juga: Agar Tidak Tertipu, Yuk Pelajari Cara Mengecek Pinjaman Online di OJK

Kenapa Pinjaman Online Selalu Ditolak?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara pinjam uang online agar berhasil, kamu harus tahu mengapa banyak kejadian di mana seseorang terus menerus mendapatkan penolakan ketika pinjam uang online. Apa mungkin itu disebabkan karena dokumen tidak lengkap? Atau jangan-jangan ada kesalahan yang mereka tidak sadari?

Sebenarnya, ada banyak sekali faktor yang menyebabkan pengajuan pinjaman online ditolak. Yang pasti, pinjol yang resmi punya aturan yang sangat detail. Mereka tidak bisa mentransfer uang pinjaman yang diajukan begitu saja.

Akan tetapi, umumnya penolakan dari pihak pinjol itu disebabkan oleh 2 hal. Yang pertama, adanya riwayat pinjaman yang tidak bagus. Kamu harus tahu pihak pinjol akan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum akhirnya memberikan uang pinjaman. Mereka akan melakukan inspeksi apakah calon peminjam memiliki riwayat yang bagus atau tidak dalam hal pinjaman uang ke pihak perbankan. Jika riwayatnya jelas, pihak pinjol tidak akan berani memberikan pinjaman. 

Faktor yang kedua adalah dokumen yang tidak meyakinkan. Banyak perusahaan pinjol yang rugi lantaran peminjam tidak menggunakan dokumen yang asli. Jika tidak ada dokumen asli, bagaimana mereka bisa melakukan penarikan hutang?

Terlepas dari dua hal tersebut, tentu masih ada banyak sekali faktor lainnya. Yang terpenting adalah bagaimana kamu tahu tips agar pinjaman online di ACC. Dan itu bukan perkara yang sulit sebenarnya.

Inilah 4 Cara Pinjam Uang agar Berhasil 

Setidaknya ada 5 hal penting yang harus diperhatikan agar pinjaman online yang kamu ajukan diterima. Apa saja itu?

  1. Menggunakan Dokumen Pengenal Asli yang Sah

Di mana pun kamu akan mengajukan pinjaman, pasti akan diminta untuk menunjukkan dokumen pengenal diri. Ini bisa berupa KTP, KK, atau Akte Kelahiran.

Begitu juga ketika kamu mengajukan pinjaman uang secara online. Dokumen pengenal harus kamu tunjukkan. Dan pastikan itu dokumen asli yang salah. 

Akhir-akhir ini, banyak orang yang mencoba melakukan penipuan. Caranya bagaimana? Mereka mengajukan pinjaman online dengan menggunakan kartu pengenal milik orang lain. Atau ada juga yang memalsukan data pribadi.

Karena kejadian semacam itu sering terjadi, para fintech pinjol sangat selektif dalam memberikan pinjaman. Mereka akan melakukan verifikasi yang super ketat untuk memastikan peminjam menggunakan dokumen pengenal yang asli dan sah. Meskipun dokumen tersebut hanya difoto saja, tetap pihak perusahaan akan melakukan verifikasi secara ketat.

  1. Adanya Bukti Berpenghasilan

Tips agar pinjaman online di ACC yang kedua adalah menunjukkan bukti penghasilan. Ini akan menentukan apakah pihak perusahaan yakin untuk memberikan pinjaman atau tidak. Jika kamu memiliki bukti penghasilan, apalagi penghasilan tetap, maka pihak perusahaan pinjol tidak akan ragu untuk mencairkan uang.

Pihak pinjol biasanya meminta dokumen resmi yang menunjukkan bahwa kamu memiliki penghasilan. Misalnya saja slip gaji, kartu tabungan di bank, dan juga NPWP.

Dalam hal ini, perusahaan hanya ingin memastikan bahwa kamu memiliki kemampuan untuk melakukan cicilan setiap bulannya. Namun, kalau kamu tidak bisa menunjukkan bukti berpenghasilan, tidak akan mungkin uang yang diajukan bisa di ACC.

  1. Credit Score Bagus

Ini yang sudah sempat disinggung sebelumnya. Credit score harus bagus. Ini merupakan score yang menunjukkan bagaimana kamu disiplin dalam melakukan pengembalian uang yang dipinjam dari perbankan.

Ada yang menganggap pinjol itu tidak melakukan cek credit score. Mereka beda dengan perbankan biasanya. Faktanya tidak. Sekarang, pinjol yang resmi wajib melakukan prosedur yang mirip dengan apa yang dilakukan oleh pihak bank konvensional. Salah satunya proses pengecekan credit score.

Tujuannya sama seperti poin sebelumnya, yaitu untuk mengetahui apakah peminjam benar-benar akan menyetorkan cicilan tiap bulannya atau tidak. Ini bisa dilihat dari bagaimana ia sejak dulu disiplin dalam menyetorkan uang cicilan bulanan atau tidak.

  1. Pengajuan Uang dalam Jumlah yang Realistis 

Ini mungkin tips yang sepele tapi ternyata sering menjadi faktor utama sehingga uang pinjaman online di ACC, yaitu berapa jumlah uang yang kamu ajukan.

Apakah kamu harus mengajukan pinjaman dalam jumlah yang kecil agar pengajuan uang pinjaman di ACC? Bisa ya bisa tidak. Kata kuncinya bukan kecil atau besarnya pinjaman yang diajukan melainkan seberapa realistis uang yang kamu ajukan.

Realistis atau tidaknya pinjaman yang kamu ajukan bisa dilihat dari penghasilan yang diperoleh setiap bulannya. Jangan sampai kamu mengajukan pinjaman yang jumlahnya 50% atau bahkan lebih dari penghasilan bulananmu. Jelas ini akan sangat sulit bagi perusahaan pinjol untuk meng-ACC.

Itulah beberapa tips agar pinjaman online di ACC. Yang pasti, jangan salah pilih. Kamu harus memilih perusahaan pinjol yang resmi, yaitu perusahaan yang sudah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Tujuannya tidak lain agar kamu lebih aman dan nyaman. Kamu pun tidak akan dirugikan karena pinjol yang sudah resmi sudah bisa dipastikan akan selalu mengikuti aturan yang berlaku dari pemerintah.

Mungkin Anda juga menyukai