Ini Daftar Aplikasi Bisnis Online Shop yang Kamu Butuhkan

daftar aplikasi untuk bisnis online shop
Ini Daftar Aplikasi Bisnis Online Shop yang Kamu Butuhkan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Kamu sedang memulai bisnis online? Kamu perlu tahu aplikasi bisnis online shop yang paling penting itu apa saja. Yang pasti, aplikasi yang kamu butuhkan adalah aplikasi yang bisa membuat bisnis online kamu bisa berjalan dengan baik. Penggunaan aplikasi yang tepat akan membuat bisnis kamu berkembang dengan cepat.

Macam-Macam Bisnis Online Shop yang Bisa Kamu Jalankan 

ilustrasi seorang pria memegang koran.
Macam-macam bisnis. Photo by @adeolueletu

Sebelum membahas tentang aplikasi untuk bisnis online, kamu perlu ketahui dulu macam-macam bisnis online yang bisa kamu jalankan. Jika kamu ingin melakukan jual beli online, setidaknya ada 3 model bisnis yang bisa kamu pilih, yaitu dropshipper, reseller, dan product owner.

Yang pertama adalah dropshipper. Dengan menjadi pedagang online dropship, kamu tidak perlu beli barang dulu untuk kemudian kamu jual. Yang harus kamu lakukan adalah mempromosikan produk orang lain. Kemudian, jika ada pembeli, kamu bisa hubungi pihak dropship agar produk dikirimkan atas nama toko online kamu.

Lain hal dengan reseller. Biasanya, reseller itu harus membeli produk terlebih dahulu. Apa kelebihannya dibandingkan dengan dropship? Biasanya, produk yang kamu pilih untuk resell atau jual kembali ditetapkan dengan harga yang lebih rendah. Itu artinya margin keuntungan yang bisa kamu dapatkan lebih besar.

Yang terakhir adalah product owner. Ini artinya kamu menjadi pembuat sebuah produk lalu kamu jual sendiri. Dari ketiga model bisnis tersebut, mana yang akan kamu pilih? 

Baca juga: Pahami Apa Itu Bisnis Online dari Keuntungan dan Tujuannya

Aplikasi yang Diperlukan untuk Menjalankan Online Shop

ilustrasi pilihan aplikasi untuk bisnis online
Aplikasi untuk bisnis. Photo by Pixabay

Apapun jenis bisnis jualan online yang kamu pilih, tetap saja kamu butuh platform untuk mengonline kan jualan kamu tersebut. Kamu butuh aplikasi yang membuat jualan online kamu lebih cepat berkembang. 

Setidaknya, 5 aplikasi berikut ini yang harus kamu miliki: 

  • Situs WordPress
Tampilan wordpress
WordPress. Photo by @justin_morgan

Dalam jualan online, sangat disarankan agar kamu memiliki situs toko online. Untuk kamu yang tidak tahu apa itu coding HTML atau CSS, gunakan saja platform WordPress. Ini platform yang sangat mudah digunakan untuk membuat situs ataupun toko online.

  • RajaOngkir
Tampilan RajaOngkir di Google Play Store
RajaOngkir. Photo by Google Play Store

Kamu harus tahu pembeli sangat memperhitungkan biaya ongkos kirim. Agar mereka tahu secara otomatis berapa biaya ongkir yang harus mereka bayar, pasang saja aplikasi RajaOngkir. Ini aplikasi bisnis online shop yang wajib kamu pasang di situs kamu.

  • Marketplace 
ilustrasi e-commerce
Marketplace. Photo by Okezone

Selain berjualan melalui website, kamu juga perlu punya toko online di marketplace yang sudah terkenal. Misalnya saja Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Ibaratnya, kamu punya toko di pasar online yang lebih banyak disebut dengan marketplace.

  • Trello 
Seorang karyawan menggunakan Trello
Trello. Photo by @wocintechchat

Jika online shop kamu sudah mulai besar, pasti kamu butuh tim, bukan? Nah, untuk mempermudah dalam menghandle tim, kamu memerlukan aplikasi yang disebut dengan Trello. Ini aplikasi yang digunakan untuk membuat tim lebih produktif dan setiap tim tahu job description masing-masing. Kamu sebagai pemimpin atau business owner pun bisa memantau melalui Trello ini pekerjaan mana yang sudah, sedang, atau perlu segera dikerjakan.

  • Canva
Tampilan canva dalam handphone
Canva. Photo by Pexels

Tak perlu lagi belajar tentang desain dengan menggunakan aplikasi super sulit. Sekarang, kamu bisa membuat konten promosi dengan menggunakan Canva. Pada intinya, kamu hanya perlu memilih template yang sudah tersedia. Lalu, edit dengan melakukan drag and drop lalu edit juga kalimat sesuai dengan tujuan promosi kamu. Setelah itu, konten gambar yang sudah kamu buat bisa kamu posting di web, media sosial, ataupun di marketplace.

Nah, itulah aplikasi bisnis online shop yang bisa kamu manfaatkan. Aplikasi tersebut sudah sangat cukup bagi kamu untuk memulai membesarkan online shop yang baru kamu mulai bangun.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai