5 Cara Memperluas Peluang Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Memperluas peluang pekerjaan untuk fresh graduate.
Memperluas peluang pekerjaan untuk fresh graduate. Photo by @kevnbhagat
Waktu baca: 3 menit

Kompetisi semakin sengit dan kondisi ekonomi tidak stabil. Peluang pekerjaan untuk fresh graduate pun semakin sulit didapatkan. Tapi, bukan berarti kamu yang masih atau baru lulus kuliah harus takut bersaing. Kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini supaya bisa lebih gampang mendapat pekerjaan. Yuk simak artikelnya!

Menambah Pengalaman

minim pengalaman fresh graduate menganggur lama
Menambah pengalaman. Photo by @andrewneel

Pengalaman memberikan nilai plus dalam mencari pekerjaan. Karena itulah, selama masih kuliah sebaiknya kamu mencari pengalaman internship yang banyak.

Internship atau magang menambah peluang bagi fresh graduate dalam mencari pekerjaan. Lebih baik lagi kalau kamu bisa melakukan magang di bidang pekerjaan yang memang diminati. Kamu bisa mempelajari keahlian yang dicari bidang tersebut secara langsung.

Bagaimana kalau sudah lulus kuliah tapi tidak punya pengalaman kerja? Banyak kok perusahaan yang membuka magang berbayar untuk fresh graduate. Kalau kerjamu bagus, bisa jadi kamu akan dijadikan pegawai tetap setelah selesai magang.

Menambah Hard and Soft Skills

Belajar dari orang lain.
Belajar hard dan soft skills. Photo by @nesabymakers

Di Indonesia, jumlah lowongan kerja yang ada jauh di bawah jumlah fresh graduate baru setiap tahunnya. Tidak heran persaingan kerja sangat ketat. Sainganmu bukan cuma fresh graduate lain, tapi orang-orang lain yang jauh lebih berpengalaman.

Bagaimana caranya supaya CV milikmu bisa menonjol dibandingkan milik pelamar lainnya? Salah satunya adalah dengan meningkatkan nilai tambah berupa hard atau soft skills.

Hard skills adalah keahlian teknikal seperti bahasa asing atau program komputer tertentu. Sebaliknya, soft skills adalah karakter yang akan membantumu dalam pekerjaan, seperti kepemimpinan atau kemampuan bekerja sama.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengasah hard and soft skills. Kamu bisa menggunakan pengalaman dari organisasi kemahasiswaan selama kuliah. Selain itu, sambil mendaftar kerja kamu bisa mengisi waktu dengan mengikuti kursus seperti belajar coding atau bahasa Inggris.

Baca juga: Inilah Penyebab Fresh Graduate Menganggur Lama

Melatih Kepercayaan Diri

Pilih penyedia pinjaman terpercaya.
Melatih kepercayaan diri. Photo by @bernardhermant

Walaupun terdengar sepele, tapi kepercayaan diri sangat berpengaruh. Ada fresh graduate yang mempunyai banyak keahlian dan pengalaman, tapi tidak lancar menjawab pertanyaan saat wawancara. Akibatnya, recruiter jadi berpikir dua kali untuk menerima pelamar tersebut.

Karena itu, jangan lupa latih kepercayaan dirimu. Public speaking bukan cuma soft skill yang bisa memberimu nilai tambah. Keahlian ini juga bisa membantu kamu menjalani wawancara dengan lancar dan percaya diri.

Memperluas Jaringan

Jasa teman
Memperluas networking. Photo by Pixabay

Networking atau jaringan sangat penting dalam meningkatkan peluang pekerjaan untuk fresh graduate. Networking yang luas membuat kamu bisa mengakses berbagai info lowongan pekerjaan. Apalagi jaringan dengan alumni juga bisa membuat kamu direkomendasikan untuk posisi tertentu di perusahaan tempat mereka bekerja.

Karena baru lulus, jaringan fresh graduate belum seluas orang yang sudah berpengalaman kerja. Kamu bisa memperluas networking lewat LinkedIn, media sosial, atau komunitas. Mulailah dengan membangun koneksi dengan alumni jurusanmu.

Pilih Lowongan Kerja dengan Cermat

Mengabalikan kualifikasi
Pilih lowongan dengan cermat. Photo by Pixabay

Pekerjaan pertamamu sangat penting karena bisa menjadi sarana untuk membangun jenjang karir ke depannya. Jadi, pilihlah lowongan kerja dengan cermat. Carilah pekerjaan yang dapat membantumu menentukan minat dan membangun karir.

Bagaimana caranya mendapatkan info tentang peluang kerja? Kamu bisa mulai dari membangun jaringan dengan alumni jurusan. Daftarkan juga dirimu di situs pencarian kerja. Manfaatkan media sosial karena banyak perusahaan memasang info di akun media sosialnya. Semakin banyak informasi yang ada, peluang pekerjaan untuk fresh graduate juga semakin besar.

Mungkin Anda juga menyukai