Apa Itu Mutasi Rekening: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya

Ilustrasi cek mutasi rekening
Apa Itu Mutasi Rekening: Definisi, Fungsi, dan Manfaatnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

“Duh bulan ini pengeluaran buat apa saja ya?”, “Pemasukan beberapa minggu ini dari siapa saja?” “Sepertinya lupa mencatat pemasukan dan pengeluaran beberapa hari lalu di rekening tabungan deh”. Mungkin kamu sering memikirkan asumsi-asumsi seperti hal tersebut.

Tahukah kamu bahwa setiap bank memiliki layanan untuk mencatat segala riwayat pergerakan uang direkeningmu? Layanan tersebut bernama mutasi rekening. Untuk mengetahui apa itu mutasi rekening, cara kerjanya dan juga manfaatnya, simak informasi berikut.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Rekening Koran dan Kegunaannya

Apa Itu Mutasi Rekening

Rekening koran
Rekening koran. Photo by Cermati

Sebelum mengetahui lebih lanjut apa itu mutasi rekening, pastikan kamu mengetahui arti kata mutasi itu sendiri. Mutasi mempunyai arti yaitu pemindahan. Lalu, bagaimana dengan mutasi rekening?

Mutasi rekening merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh pihak bank untuk nasabahnya. Layanan ini berupa informasi pergerakan keuangan nasabah dalam suatu rekening. Dalam layanan mutasi rekening ini, nasabah dapat melihat segala catatan dan riwayat transaksi keuangan direkeningnya. Sebagai nasabah, kamu juga bisa melihat dana yang masuk dan dana yang keluar direkeningmu. Mutasi rekening ini juga bisa untuk mengecek saldo yang tersisa dalam rekeningmu.

Laporan dari mutasi rekening ini sangat lengkap. Data tersebut mencakup tanggal dan waktu transaksi yang dilakukan serta besar jumlah transaksi. Seluruh isi data dari mutasi rekening ini dapat berbentuk laporan cetak ataupun digital.

Apa Fungsi dan Manfaat Mutasi Rekening

Pilih pekerjaan yang buat bahagia
Fungsi dan manfaat mutasi rekening. Photo by Rawpixel

Mutasi rekening menjadi hal yang penting bagi nasabah. Tidak hanya sebagai media untuk memantau pergerakan dana saja, namun bisa sebagai bukti transaksi ataupun sebagai pelengkap keperluan adminstrasi tertentu.

Keperluan administrasi yang biasanya harus menyertakan mutasi rekening adalah pengajuan visa ataupun pengajuan pinjaman. Saat kamu ingin mengajuka visa, kamu akan diminta untuk memberikan riwayat transaksi dalam waktu 3 sampai 6 bulan belakangan. Hal ini untuk memastikan apakah kamu memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan ke luar negri.

Begitu juga dengan syarat pengajuan pinjaman. Bank yang memberikan jasa pinjaman akan menganalisis terlebih dahulu pengeluaran dan pemasukanmu. Hal ini untuk memastikan pihak bank bahwa kamu mampu untuk membayar cicilan yang diberikan.

Format Mutasi Rekening

Ilustrasi cek mutasi rekening
Contoh mutasi rekening. Photo by Cek Premi

Setiap bank tentunya memiliki formatnya masing-masing. Pastikan format tersebut melingkupi;

  • Nama bank
  • Nama nasabah
  • Nomor rekening nasabah
  • Saldo rekening
  • Tanggal dan bulan periode mutase
  • Tanggal transaksi
  • Keterangan atau uraian transaksi
  • Tipe transaksi (debit atau kredit)
  • Nominal transaksi

Cara untuk Mengetahui Mutasi Rekening

Penulis jadi salah satu pilihan pekerjaan orang introvert
Cara mengetahui mutasi rekening. Photo by Pexels

Banyak cara untuk mengetahui mutasi rekeningmu, kamu bisa mendapatkan laporan mutasi rekening secara cetak ataupun digital. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui mutasi rekening.

  • Mendatangi Teller Bank

Kamu dapat mengetahui mutasi rekeningmu dengan datang langsung ke cabang bank terdekat. Hal yang perlu kamu siapkan adalah identitas diri dan buku tabungan. Untuk mengetahui mutasi rekening, kamu dapat ke bagian teller di cabang bank yang kamu kunjungi. Laporan mutasi rekeningmu akan segera dicetak.

  • Melalui Mesin ATM

Cara ini lebih praktis dibandingkan dengan mendatangi teller bank. Pastinya kamu tidak perlu menunggu antrean yang panjang. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mendatangi mesin ATM, memasukan kartu ATM dan melakukan opsi mutasi rekening. Setelah itu laporan mutasi rekeningmu akan muncul di layar mesin ATM. Tidak hanya itu, mesin ATM juga akan mencetak struk beberapa transaksi terakhir kamu.

  • Melalui Mobile, SMS, dan Internet Banking

Jika kamu pengguna mobile, SMS ataupun Internet banking, kamu dapat melihat laporan mutasi kamu melalui ponselmu. Untuk kamu pengguna mobile banking, langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengundung aplikasi mobile banking. Setelah itu kamu login di aplikasi tersebut. Jika kamu sudah login, pilihlah opsi mutasi rekening dan datamu akan segera ditampilkan.

Untuk kamu pengguna SMS banking, kamu dapat melihat mutasi rekeningmu dengan menggunakan akses kode dari bank di fitur SMS. Kamu akan dikenakan tarif pulsa saat menggunakan SMS banking. Perlu kamu ketahui, data yang terlampir di SMS banking terbatas. Hanya 4 transaksi terbaru saja.

Sedangkan kamu pengguna Internet banking, cara untuk mengetahui mutasi rekeningmu tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah menggunakan SMS atau mobile banking. Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuka website Internet banking, login, pilih opsi mutasi rekening dan tentukan durasi dan periode waktu yang kamu inginkan.

Bagaimana? Mutasi rekening banyak memberikan manfaat bukan? Pergerakan uang di rekening kamu juga terlihat dan tercatat dengan jelas. Cara untuk mengetahuinya juga sangat praktis. Kamu juga dapat mengecek mutasi rekening  dimanapun dan kapanpun!

Artikel Lainnya