7 Negara Terbaik untuk Investasi, Indonesia Peringkat Berapa?

investasi indonesia
Waktu baca: 3 menit

Melansir Business Insider, diketahui bahwa ada empat faktor yang memengaruhi sebuah negara untuk bisa dianggap layak sebagai tempat untuk investasi menurut Laporan World Bank Group. Empat faktor tersebut antara lain adalah masyarakat, lingkungan, hubungan, serta kerangka kerja negara yang bisa mendorong individu maupun perusahaan untuk melakukan investasi pada sumber daya alam, merek negara, dan teknologi.

Pada tahun 2019, U.S. News telah merilis 2019 Best Countries to Invest In yang menunjukkan peringkat negara-negara terbaik untuk berinvestasi. Peringkat ini didapat dengan menjadikan tingkat korupsi, stabilitas ekonomi, pergerakan ekonomi, kewirausahaan, pajak yang menguntungkan, inovasi, tenaga kerja terampil, serta keahlian teknologi sebagai poin penilaiannya.

Lalu, bagaimana dengan investasi Indonesia? Apakah termasuk dalam negara terbaik untuk berinvestasi?

Uruguay

Uruguay menempati posisi pertama daftar Best Countries to Invest In dengan memiliki total GDP atau produk domestik bruto sebesar $56.2 miliar. Negara yang mengandalkan daging, wool, dan kulit binatang sebagai barang ekspor utamanya ini memiliki jumlah populasi yang cukup besar, yaitu 3.5 juta penduduk. Sebagai salah satu dari dua negara bagian Amerika Selatan dengan peringkat obligasi berdaulat tingkat investasi, perekonomian Uruguay tetap berkembang meskipun sedang menghadapi krisis keuangan jika dibandingkan dengan negara tetangganya yang lain.

Arab Saudi

Kekayaan Arab Saudi yang mencakup wilayah Semenanjung Arab menjadikannya raksasa di Timur Tengah. Ditambah dengan jutaan umat muslim yang datang karena ingin melakukan perjalanan ibadah, tak heran bila Arab Saudi memiliki pendapatan domestik bruto yang mencapai $683.8 miliar. Bahkan, pendapatan bruto per kapitanya saja juga cukup tinggi, yaitu $54,532. Sangat menjanjikan untuk dijadikan tempat berinvestasi.

Kosta Rika

Tak heran jika Kosta Rika menduduki peringkat ketiga negara terbaik untuk berinvestasi. Dengan total GDP mencapai $57.1 miliar dan GDP per kapita $16.894, Kosta Rika juga sekaligus menjadi salah satu negara yang paling stabil secara politik dan ekonomi di Amerika Tengah. Kestabilan ekonominya inilah yang bisa menjadi daya tarik para investor untuk menanamkan modalnya di negara ini.

Luxemburg

Meski penduduknya hanya 599,4 ribu, namun total GDP Luxemburg mencapai $62.4 miliar dengan GDP per kapita $105,148. Luxemburg menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan luas wilayah 2.586 km2.  Meski demikian, hal tersebut malah memberi keuntungan baginya dengan menyandang negara terkaya ke dua setelah Qatar. Penduduk Luxemburg pun bisa menikmati standar hidup yang sangat tinggi.

India

India menduduki peringkat ke-9 negara terbaik untuk berinvestasi di 2018. Pada 2019 ini, posisinya naik menjadi nomor lima dengan produk domestik bruto sebesar $2.6 triliun. Angka ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya $2.3 triliun saja. India bisa membuktikan pada dunia bahwa negaranya merupakan pasar yang sangat potensial bagi para investor, terlebih dengan jumlah penduduk yang sangat besar mencapai 1.3 miliar.

Polandia

Polandia mengalami penurunan ranking dari tahun lalu, di mana sebelumnya berhasil menduduki posisi ketiga di tahun 2018. Namun, jika melihat data yang dilansir oleh situs The Marketeers, produk domestik bruto Polandia malah mengalami peningkatan dari yang awalnya $469.5 miliar menjadi $524.5 miliar. Hal ini tak lepas dari ekonomi Polandia yang menjadi paling besar di Eropa Tengah serta berhasil bertahan dari resesi penurunan ekonomi global 2008-2009.

Qatar

Dengan jumlah penduduk yang tergolong tidak terlalu padat, hanya 2.6 juta, Qatar berhasil meraih pendapatan domestik bruto sebesar $167.6 miliar. Meski dulunya merupakan negara miskin yang menjadi bagian dari perlindungan Inggris, kini Qatar menjadi negara terkaya di dunia dengan separuh total GDP berasal dari konstruksi, manufaktur, dan jasa keuangan.

Meski Indonesia tidak masuk dalam daftar tujuh besar ranking dunia, bukan berarti investasi Indonesia tidak menjanjikan, lho. Saat ini, berdasarkan ranking yang dirilis oleh U.S. News, investasi Indonesia berada di peringkat ke-18. Padahal, di tahun sebelumnya, Indonesia mampu menduduki peringkat ke-2 dari 25 besar negara terbaik untuk berinvestasi berdasar survei yang dirilis oleh U.S. News.

perekonomian indonesia
Mari terus memajukan perekonomian di Indonesia via freepik.com

Dengan jumlah penduduk yang banyak serta pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan, bukan tidak mungkin investasi Indonesia kembali berada di daftar teratas negara terbaik untuk berinvestasi. Untuk mewujudkannya, kamu bisa mulai dengan menjadi seorang investor untuk memberdayakan UMKM yang bisa menaikkan tingkat kewirausahaan Indonesia, di mana hal ini merupakan salah satu poin dalam penilaian negara terbaik untuk berinvestasi.

Baca juga: Mengenal Peluang Investasi Hijau di Indonesia

KlikCair akan membantu Teman Klik untuk menemukan UMKM potensial dan mulai melakukan investasi. Kamu akan mendapat banyak keuntungan dengan berinvestasi. Salah satunya adalah sebagai persiapan finansial di masa depan. Daftarkan diri kamu sebagai salah satu investor melalui KlikCair dan wujudkan investasi Indonesia yang lebih baik!

You may also like...

Leave a Reply