Ingin Investasi Properti Tapi Tabungan Masih Tipis? Tidak Masalah!

Investasi Properti
Ingin Investasi Properti Tapi Tabungan Masih Tipis? Tidak Masalah! Photo by Pixabay
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Cukup menyenangkan ketika masih ada anak muda yang sekarang mulai berpikir investasi properti. Pasalnya, kebanyakan dari mereka yang merupakan generasi milenial lebih sering memikirkan model investasi lainnya. Misalnya saja investasi emas, kripto, atau saham.

Sebenarnya, investasi apapun itu bagus. Karena tujuan dari investasi adalah untuk membuat uang yang dimiliki semakin produktif. Menyimpan uang di bank bukan lagi jadi opsi bagus. Nilainya semakin turun di tengah inflasi.

Dan salah satu jenis investasi yang bagus adalah investasi properti. Harganya relatif naik. Apalagi jika kamu memiliki properti di lokasi yang tepat. Hanya saja, modal yang cukup besar harus kamu siapkan untuk berinvestasi properti.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Selalu ada cara yang bisa kamu lakukan. Selagi kamu serius dalam melakukan investasi properti, cara yang terbaik pasti muncul.

5 Tips Investasi Properti dengan Modal Kecil

Investasi reksa dana.
Tips investasi properti. Photo Pixabay

Ada 5 tips yang bisa kamu coba terapkan ketika modal yang kamu miliki kecil tapi ingin sekali investasi properti.

  • Memilih Berdasarkan Lokasi yang Potensial Berkembang
Pilih lokasi
Pilih lokasi yang tepat dan berpotensi berkembang. Photo by @priscilladupreez

Properti di tengah kota sudah pasti mahal. Jika kamu hanya punya sedikit uang, sebaiknya kamu cari properti yang berada di daerah yang potensial berkembang. Harganya relatif murah dan ada potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Lokasi yang potensial berkembang itu bisa berupa daerah yang menurut blueprint pemerintah setempat akan dijadikan sebagai pusat pengembangan kota. Makanya, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui rencana pengembangan kota yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Cara Investasi bagi Pelajar yang Ingin Siapkan Kebutuhan Masa Depan

  • Cek Harga Properti Sekitar
investasi properti
Periksa harga properti sekitar. Photo by Pixabay

Terkadang, orang membeli properti karena suka. Jika itu alasannya, maka berapapun harga properti akan dikejar. Dan sayangnya, pemilik properti akan mematok harga yang tinggi jika calon pembeli suka dengan properti tersebut.

Untuk itu, sebaiknya jangan memilih secara emosional atau memilih berdasarkan perasaan. Kamu harus melakukan riset kecil-kecilan seperti menanyakan harga properti atau rumah warga sekitar. Harga tersebut bisa kamu jadikan patokan.

  • Ketahui Alasan Properti Dijual
Begini tips KPR di masa pandemi.
Cari alasan properti dijual. Photo by @dadaben_

Salah satu cara investasi properti dengan modal kecil adalah membeli properti milik orang lain yang ingin dijual. Ada properti yang memang diperjualbelikan. Ada yang terpaksa harus menjual properti mereka karena entah itu terlilit hutang atau mau pindah ke kota lain.

Sebaiknya kamu cari orang yang ingin menjual properti seperti itu. Cari tahu apa penyebab properti dijual. Misalnya ketika pemilik ingin melunasi hutang, maka cari tahu juga kira-kira berapa hutangnya. Nah, dari sana, kamu menawarkan dengan harga psikologis yang bagi pemilik properti. Misalnya kamu tawar dengan harga yang bisa digunakan untuk membayar hutang pemilik meskipun awalnya harga yang ditetapkan sangat tinggi.

  • Minta Tenggat Waktu
Mengatur uang dalam waktu singkat.
Minta tenggat waktu. Photo by Pexels

Jika kamu ingin investasi properti tapi belum punya cukup uang, kamu bisa meminta tenggat waktu. Akan tetapi, pastikan kamu sudah memberikan uang yang setidaknya di atas 50% dari harga. Ini akan membuat pemilik properti mau untuk memberikan tenggat waktu.

  • Patungan
Investasi Properti
Patungan. Photo by @officestock

Tidak punya cukup uang untuk beli properti? Cara yang terakhir ini bisa kamu coba. Kamu bisa patungan dengan saudara atau teman untuk membeli satu properti. Hanya saja, harus ada perjanjian secara detail misalnya mau diperuntukkan untuk apa properti tersebut atau bagaimana jika suatu saat nanti properti dijual lagi, bagaimana mekanisme pembagiannya, dan lain sebagainya.

Investasi properti tidak ada matinya. Bahkan, ini dianggap sebagai jenis investasi yang sampai kapanpun menguntungkan. Jadi, tepat sekali jika kamu mulai berpikir menaruh uang kamu di sektor properti.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai