Langkah Langkah Analisis Pasar Yang Harus Dilakukan

Langkah Langkah Analisis Pasar
Langkah Langkah Analisis Pasar Yang Harus Dilakukan. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan istilah analisa pasar bukan? Akan tetapi apakah Kamu juga tahu apa saja langkah langkah analisis pasar yang harus dilakukan? Lantas apakah manfaat serta tujuan dilakukannya analisis pasar itu?

Agar lebih paham akan semua hal yang berkaitan dengan analisis potensi pasar, bagaimana cara untuk melakukan analisa pasar serta tahapan prosesnya, sekaligus contoh analisis peluang pasar, silahkan ikuti artikel ini hingga tuntas ya.

Manfaat Melakukan Analisis Pasar

Pada saat akan melakukan perencanaan pemasaran sebuah produk, analisa pasar menjadi sebuah komponen wajib yang tak boleh dihilangkan. Mengapa analisa pasar menjadi hal yang wajib untuk dilakukan para pelaku usaha? 

Karena dengan melakukan analisa pasar maka akan ditemukan kunci potensi yang dapat berguna bagi peningkatan omset penjualan perusahaan. Analisa pasar juga akan mampu untuk mendongkrak keuntungan perusahan sekaligus menggenjot terjadinya peningkatan produksi. 

Selain itu hanya dengan melakukan hal sederhana yang bernama analisa pasar, pelaku usaha akan dapat menemukan pangsa pasar baru lho! Akan tetapi untuk dapat meraih itu semua tentu pelaku usaha harus paham apa saja analisis pasar yang dilakukan untuk kemajuan usahanya.

Tujuan Dilakukannya Analisa Pasar

Nah dari berbagai manfaat tersebut, maka Kamu akan bisa memperoleh beberapa keuntungan yang ternyata merupakan tujuan dilakukannya analisis pasar, yaitu: 

  1. Dapat lebih memahami lingkungan pasar yang akan dihadapi.
  2. Lahir kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang jenis pasar yang ada.
  3. Menjadi lebih paham akan berbagai hal yang berkaitan dengan karakteristik pasar.
  4. Memiliki kesiapan mental dalam menghadapi para pesaing usaha.
  5. Mampu untuk mengaplikasikan kebijakan pemasaran bagi kemajuan usahanya.
  6. Terampil dalam membuat rencana pemasaran atas produk yang dimiliki.
  7. Dapat belajar secara lebih mendalam tentang karakteristik pasar.

Wah ternyata banyak sekali ya manfaat sekaligus tujuan yang bisa diperoleh dari melakukan analisa pasar. Jika begini, bukan tak mungkin ya sebuah perusahaan dapat mampu bertahan dari goncangan persaingan bisnis dari dilakukannya analisa pasar ini.

Baca juga: Cara Melakukan Riset Pasar Online agar Tahu apa yang Konsumen Inginkan

Pentingnya Analisis Pasar

Bagi para pelaku usaha yang akan melakukan pemasaran produknya dengan mengaplikasikan berbagai ide pemasaran, maka aktivitas analisa pasar sangat penting untuk dilakukan. 

Melalui analisa pasar akan timbul pemahaman karakteristik pasar yang akan diterjuninya. Dengan begitu pelaku usaha akan mampu untuk memilih dan mengambil keputusan jenis pemasaran mana yang efektif dan efisien untuk dipergunakan.

Salah satu faktor yang terdapat di dalam kegiatan analisis pasar adalah monitoring tingkat frekuensi pembelian barang yang dilakukan oleh konsumen atau pembeli. 

Dimana semakin tinggi ketergantungan konsumen atas suatu barang maka akan semakin tinggi pula level pembelian yang terjadi. Hal-hal seperti ini hanya akan dapat pelaku usaha peroleh dari melakukan aktivitas analisa pasar. 

Dari analisa pasar, pelaku usaha akan mendapatkan gambaran umum akan kebutuhan yang dituntut pemenuhannya. Dari situ pelaku usaha akan dapat menggali beragam ide usaha dimana diharapkan hasil produknya akan dapat menjadi pengganti pemenuhan kebutuhan pasar tadi.

Empat Faktor Penting Dalam Analisis Pasar

Pada saat menganalisis pasar bisnis, maka Kamu akan membutuhkan beberapa faktor penting yang harus diperoleh jawaban sesudahnya. Faktor penting tersebut berjumlah empat buah, yaitu antara lain:

  1. Batasan Pasar Yang Realistis 

Yaitu suatu batasan yang berasal dari kelompok pesaing produk yang sama dengan yang Kamu produksi. Jadi kelompok ini harus terdiri dari pesaing kuat tertentu, yang memproduksi karakteristik produk yang sama, dimana tentu akan butuh psar yang sama.

  1. Analisis Permintaan Industri

Pemilik usaha harus mempelajari siapa, mengapa dan bagaimana para pelanggan akan membeli jenis produk yang sama dengan miliknya, yang saat ini dijual di pasar.

  1. Analisis Permintaan Merek 

Pelaku usaha harus paham bagaimana cara para calon konsumen akan memilih suatu produk yang dibelinya. Apakah memilih berdasarkan merek atau produsen yang memproduksi produk yang akan dibelinya.

  1. Identifikasi

Pelaku usaha akan mendapatkan data mengenai peluang pasar yang tercipta dan potensi pasar.

Langkah-langkah Untuk Melakukan Analisis Pasar

Agar memiliki kemampuan dan kesempatan untuk memajukan usaha maka pelaku usaha harus memiliki keterampilan dalam melakukan analisa pasar atas penjualan suatu produk. Agar tak bingung, berikut ini langkah langkah analisis pasar dengan tepat:

1. Tentukan Pasar 

Langkah langkah analisis pasar yang pertama adalah menentukan pasar yang memiliki karakteristik produk yang strategis dan dan sangat penting. Dengan melakukan penentuan ini maka langkah pemasaran yang akan diambil akan lebih tepat pada sasaran atau target.

2. Mengidentifikasi Pasar Sasaran Potensial

Langkah langkah analisis pasar yang kedua adalah melakukan proses identifikasi akan target pasar. Hal itu perlu dilakukan agar pelaku usaha dapat melakukan identifikasi peluang akan terciptanya kumpulan konsumen yang puas dan setia pada produk keluarannya.

Dengan memiliki hal ini maka pelaku usaha telah mempunyai salah satu faktor pendukung untuk mampu melakukan peningkatan pertahanan usaha. Selain itu proses identifikasi akan mampu mengembangkan bisnis yang sedang digeluti secara lebih tepat sasaran.

3. Menganalisis Permintaan Primer 

Langkah langkah analisis pasar yang ketiga adalah melakukan analisa atas permintaan primer yang relevan dengan pasar yang ada. Tentu saja permintaan tersebut hanya meliputi permintaan pada kelas produk di level yang sama ya.

Dari analisa ini maka pelaku usaha akan mampu untuk mendapatkan gambaran karakteristik serta profil konsumen miliknya. Dengan begitu akan timbul pemahaman faktor-faktor yang akan mempengaruhi terjadinya sebuah proses pembelian atas suatu produk.

4. Menganalisis Permintaan Selektif 

Langkah langkah analisis pasar yang keempat adalah melakukan analisa terhadap timbulnya permintaan selektif. Permintaan selektif ini sendiri merupakan permintaan pada suatu merek atau pemasok yang sifatnya spesifik dan tertentu.

Pada tahap ini pelaku usaha harus paham pada faktor yang menjadi latar belakang konsumen melakukan pembelian atau konsumsi terhadap pasar khusus itu. 

5. Menetapkan Segmen Pasar

Langkah langkah analisis pasar yang kelima adalah menetapkan segmentasi pasar. Caranya adalah dengan melakukan pengelompokan konsumen ke dalam beberapa segmen. Di dalam segmen tersebut anggotanya harus memiliki respon yang sama pada produk spesifik yang ada.

6. Menilai Persaingan

Langkah langkah analisis pasar yang paling akhir adalah melakukan penilaian persaingan produk. Di tahap ini pelaku usaha harus mampu mendapatkan data yang menggambarkan informasi penting dari pesaing melalui competitive intelligence.

Semakin banyaknya bisnis yang dibangun oleh pelaku usaha di tengah masyarakat menuntut para pemiliknya untuk melakukan analisa pasar. Dengan melakukan aktivitas ini maka pelaku usaha akan mampu untuk bersaing dan meningkatkan penjualannya.Nah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meraih hal tersebut adalah menerapkan langkah langkah analisis pasar. Dengan melakukan analisa pasar, maka akan diketahui potensi pasar terhadap usaha yang saat ini sedang Kamu jalankan, selamat mencoba!

Artikel Lainnya